• QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

MEDAN – HUMAS USU : Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Universitas Sumatera Utara Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau, membuka penerimaan mahasiswa baru PSPPI Angkatan III Semester A, Tahun Akademik 2019/2020.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Program Studi Program Profesi Insinyur Dr. Ir Renita Manurung, MT, kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (8/7/2019).

 

Peminat Program Studi Program Profesi Insinyur Universitas Sumatera Utara (PSPPI USU) wajib memenuhi persyaratan ; berlatar belakang Sarjana Teknik (ST), dan Sarjana Teknik Terapan (STTr), dari program studi yang minimal berakreditasi B. Sehat jasmani, rohani, bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif. Selain itu juga harus memiliki pengalaman kerja di bidang keinsinyuran minimal 6 (enam) tahun dan pernah terlibat menangani minimum 6 proyek. Peminat membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah).

 

Sarjana Teknik yang dimaksudkan adalah yang berasal dari jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Arsitektur dan Teknik Lingkungan. Sedangkan keinsinyuran yang ada dalam persyaratan di atas mencakup bidang pendidikan dan pelatihan teknik/teknologi; penelitian, pengembangan, pengkajian dan komersialisasi; konsultansi, rancang bangun dan konstruksi, teknik dan manajemen industri, manufaktur, pengolahan dan proses produk; eksplorasi dan eksploitasi sumber daya mineral; pembangunan, pembentukan, pengoperasian dan pemeliharaan aset.

 

Pendaftaran online dapat dilakukan melalui laman ppi.usu.ac.id. Sementara pendaftaran offline dilakukan pada sekretariat PSPPI Gedung Fakultas Teknik USU lantai II, Jalan Almamater, Kampus USU, Medan. Para peminat harus mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi dokumen-dokumen persyaratan sebagai berikut : fotokopi Ijazah S1 yang dilegalisir, fotokopi transkrip nilai S1 yang dilegalisir, bukti/Surat Keterangan sedang bekerja dari Instansi/Perusahaan/ Lembaga, fotokopi KTP yang masih berlaku dengan menunjukkan aslinya, Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter/Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara. Dilengkapi pula dengan pasfoto warna terbaru ukuran 4 x 6, bukti pelunasan biaya pendaftaran program, fotokopi sertifikat akreditasi prodi asal, Curriculum Vitae, surat pernyataan kesediaan mengikuti Program Profesi Insinyur, surat pernyataan keabsahan dokumen dan Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (dilengkapi setelah dinyatakan lulus seleksi penerimaan).

Biro 2019Hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru Program Profesi Insinyur akan diumumkan selanjutnya melalui Web PS-PPI USU di ppi.usu.ac.id, dan di papan pengumuman PSPPI USU di Fakultas Teknik USU Jl. Almamater, Kampus USU, Medan-20155.

 

Jadwal kegiatan dan pelaksanaan Program Profesi Insinyur Universitas Sumatera Utara (USU) Periode II, yakni ; pendaftaran calon peserta secara offline yang dilakukan pada 1 Juli s/d 30 Agustus 2019, pengumuman hasil seleksi pada 10 September 2019 dan pendaftaran ulang di tanggal 11 hingga 18 September 2019.

 

Biaya pelaksanaan pendidikan Program Studi Program Profesi Insinyur (PS-PPI) Universitas Sumatera Utara (USU) meliputi biaya registrasi/pendaftaran sebesar Rp. 1.500.000,- , biaya program sebesar Rp. 5.000.000,- per semester (dibayarkan setelah pendaftar dinyatakan lulus seleksi penerimaan) dan Dana Kelengkapan Akademik Rp. 1.400.000,- (dibayarkan setelah pendaftar dinyatakan lulus seleksi penerimaan).

 

Biaya registrasi/pendaftaran tersebut disetor ke Nomor Rekening 01 4069 2273 BNI Cabang USU Medan atas nama Penerimaan Non Akademik.

 

Pembayaran biaya pendaftaran PSPPI USU dapat dilakukan dari seluruh cabang BNI atau pun melalui transfer dari bank lain, baik melalui teller, internet banking, maupun ATM. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Ferry Bukit (081375375064) dan Amrin (081396625041). 

 

Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Universitas Sumatera Utara sebagai lingkup dari amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran dan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2014, merupakan upaya pemerintah mempercepat terciptanya tenaga insinyur Indonesia yang mandiri, bertanggung jawab, dan memiliki etika profesi serta kualifikasi sesuai standar sertifikasi dalam waktu yang mendesak.

 

Universitas Sumatera Utara sebagai salah satu perguruan tinggi penerima mandat dari Kemenristekdikti, saat ini telah menghasilkan 7 orang Insinyur pada Semester A Tahun 2018/2019 yang merupakan lulusan dari Angkatan I melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Angkatan II diterima sebanyak 57 orang saat ini juga melalui jalur RPL. Pada semester A tahun Ajaran 2019/2020 ini kembali dibuka penerimaan mahasiswa baru sebagai peserta RPL.

 

Adapun visi dari PSPPI adalah menjadi program studi keinsinyuran yang unggul dan berdaya saing global dalam  kualitas keilmuan dan kemahiran profesi insinyur. Sementara misinya yakni mempersiapkan lulusan dengan identitas keinsinyuran yang berkarakter, berpengetahuan, berkemahiran, bermartabat dan berkualitas sehingga mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional serta Menjadikan kampus USU sebagai pusat program profesi keinsinyuran. Pelaksanaan Pembelajaran Program Studi Program Profesi Insinyur USU dilaksanakan melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) berlangsung selama minimal 1 semester dengan Kurikulum terdiri atas 24 SKS. (Humas)

 

PetaIkonikUSU