• Pengumuman Hasil Seleksi Mahasiswa Ekstensi (S1) Tahun 2019
    Pengumuman Hasil Seleksi Mahasiswa Ekstensi (S1) Tahun 2019
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

MEDAN-HUMAS USU : Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara merayakan Dies Natalisnya yang ke-65, yang dihadiri oleh Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK-RI) Dr H Anwar Usman, SH, MH dan Sekjen MK-RI Prof Dr Guntur Hamzah, SH, MH. Perayaan dipusatkan di Gedung Peradilan Semu Fakultas Hukum USU, Jum’at (3/5). Acara dihadiri juga oleh para Guru Besar Fakultas Hukum USU, Kajati Sumut yang diwakili Jaksa Fungsional Bidang Intel Juliana, PC Sinaga, SH, CN, M Hum, Bupati Langkat diwakili Asisten II Drs Hermansyah, MIP, Pangdam I/BB dan KApolda Sumut yang masing-masing  diwakili oleh staf ahli.

Dies FH 2019 aDalam sambutannya, Dekan Fakultas Hukum USU Prof Dr Budiman Ginting, SH, M Hum, menyampaikan paparannya terkait berbagai prestasi yang telah dicapai Fakultas Hukum USU selama setahun terakhir. Fakultas Hukum USU saat ini memiliki 4 program studi, yakni Prodi S1, Program Studi Magister S2 Ilmu Hukum, Program Studi Magister Kenotariatan dan Program Studi Doktor S3 Ilmu Hukum. Selain itu, Fakultas Hukum juga memiliki 6 Departemen yang merupakan unsur pelaksana akademik, yakni Hukum Keperdataan, Hukum Pidana, Hukum Administrasi Negara, Hukum Tata Negara, Hukum Internasional dan Hukum Ekonomi.

Dies FH 2019 bProdi S1 Hukum berhasil mempertahankan akreditasi A unggul, begitupula dengan Prodi S2 Ilmu Hukum. Sementara Prodi Magister S2 Kenotariatan dan Prodi S3 Ilmu Hukum berstatus akreditasi B.

 

“Pada tahun 2018, sebanyak 394 mahasiswa Fakultas Hukum USU telah menerima beasiswa sebesar Rp 2.230.800.000. Dengan jumlah beasiswa berkisar antara Rp 333.000 sampai dengan Rp 750.000 per bulan,” kata Prof Budiman.

Dies FH 2019 dMahasiswa-mahasiswi Fakultas Hukum USU juga banyak mencatat prestasi dalam berbagai kompetisi yang diikuti selama 2018, baik dalam skala nasional maupun internasional. Antara lain juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah UII Law Fair Piala Mohammad Natsir, Juara 1 Lomba Debat MPR RI, Juara II dan meraih predikat Best UPT Special Award pada MMU Annual Open Chess Championship 2018 dan lain-lain.

Dies FH 2019 cSementara itu, Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, mengapresiasi dan mendukung penuh seluruh kemajuan yang telah dicapai oleh fakultas tertua kedua di lingkungan USU setelah Fakultas Kedokteran. Ia berharap ke depan akan semakin banyak capaian yang dibukukan oleh Fakultas Hukum, khususnya dalam hal jumlah publikasi ilmiah pada jurnal bereputasi.

Dies FH 2019 gGubernur Sumut dalam sambutannya menaruh harapan besar kepada Mahkamah Konstitusi untuk dapat menjadi penegak kebenaran yang adil dan jujur. Khususnya dalam menyikapi dan membuat keputusan terkait kisruh Pemilu belakangan ini. Selain itu, Gubsu juga menyempatkan diri bernostalgia ketika ia dulu gagal tes masuk USU.

Dies FH 2019 hKetua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK-RI) Dr H Anwar Usman, SH, MH, yang tampil sebagai narasumber dalam sesi orasi ilmiah, menekankan pentingnya memaknai kembali kebhinekaan yang ada di tengah bangsa Indonesia. Mengingat pada masa belakangan ini keragaman dan keutuhan bangsa tengah mengalami tantangan sulit, khususnya dalam pelaksanaan dan pasca pemilu 2019. Ia juga menegaskan komitmennya untuk bisa menjadi wasit yang adil dan bijaksana dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan masa depan bangsa.

Dies FH 2019 fSetelah acara tukar-menukar cenderamata, Dies Fakultas Hukum yang ke-65 tersebut juga dirangkaikan dengan Diskusi Ilmiah bertema “Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Mengawal Daulat Rakyat.” PAda kesempatan ini hadir sebagai narasumber, Ketua KPU Sumut Yulhasni, SS, Bawaslu Syafrida Rasahan, SH, Mahkamah Konstitusi Prof Dr Guntur Hamzah, SH, MH, Dosen FH USU Armansyah, SH, M Hum dan Dr Mirza Nasution, SH, M Hum. Seusai diskusi ilmiah, aara diisi dengan penyerahan cenderamata dan pembagian hadiah bagi para pemenang perlombaan. (Humas)

PetaIkonikUSU