• Pengumuman Hasil Seleksi Mahasiswa Ekstensi (S1) Tahun 2019
    Pengumuman Hasil Seleksi Mahasiswa Ekstensi (S1) Tahun 2019
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

MEDAN - HUMAS USU: Rektor USU, Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, meresmikan penggunaan Taman Atmosphere Machine Park Fakultas Teknik USU, Kamis (27/12). Taman ini memanfaatkan lahan cukup asri di lingkungan Fakultas Teknik USU, dengan tetap mempertahankan beberapa batang pohon kelapa sawit sebagai peneduh. Kehadiran Taman Atmosphere Machine Park diharapkan dapat menjadi sarana belajar yang menyenangkan dan bermanfaat.

IABEEE dAcara peresmian tersebut disandingkan pula dengan syukuran Washington Accord Provisionally Accredited dari Indonesia Accreditation Board for Engineering Education  (IABEEE). Dua Program Studi dari Fakultas Teknik USU telah mendapatkan sertifikasi profesi yaitu Teknik Mesin dan Teknik Kimia.

IABEEE gIABEE merupakan organisasi independen nirlaba yang didirikan sebagai bagian dari lembaga Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan budaya mutu dalam pengelolaan pendidikan tinggi teknik. Ini dicapai melalui penjaminan bahwa program-program Studi teknik diselenggarakan dengan memenuhi bakuan-bakuan minimum dan mempergiat peningkatan mutu berkesinambungan dalam lembaga-lembaga pendidikan tinggi.

IABEEE fIABEE diakui di Indonesia oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai badan yang bertanggungjawab terhadap akreditasi program studi yang memberikan gelar akademik di bidang teknik, teknologi, dan komputasi. Akreditasi Internasional oleh IABEE bersifat pilihan, di mana kelayakan suatu program studi untuk menjalani proses Akreditasi Internasional ditentukan sebagian berdasarkan peringkat Akreditasi Nasionalnya.

IABEEE a

Ketua Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik USU, Dr Ir M Sabri, MT, IPM, dalam kata sambutannya menyampaikan, bahwa dengan keikutsertaan Teknik Mesin dalam IABEE secara signifikan telah terlihat capaian yang positif. Antara lain dengan peningkatan soft skill mahasiswa dalam presentasi dan secara umum telah siap dalam menjalani program Learning Center yang intensif seperti IABEE ini. Harapannya, angkatan 2017 yang menjadi batch pertama akan mendapat hasil optimal dari akreditasi oleh institusi ini saat menyelesaikan studinya.

IABEEE bSementara itu, Dekan Fakultas Teknik USU, Ir Seri Maulina, M Si, Ph D, menyampaikan dalam sambutannya, bahwa Fakultas Teknik USU dalam tiga tahun ke depan akan melakukan maintenance terhadap proses pembelajaran yang telah berlangsung dalam IABEE. Untuk akreditasi lulusan pertama dalam program ini yaitu Teknik Kimia dan Teknik Mesin angkatan 2017.

IABEEE cTujuan keikutsertaan dalam IABEE, lanjut Ir Seri Maulina, adalah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang keteknikan yang bermuara pada perkembangan ekonomi global serta Industri 4.0 di mana harapan pada bidang keteknikan semakin besar. Pihak Fakultas dan universitas juga sedang melakukan perbaikan dan kalibrasi terhadap alat-alat praktek (teaching lab) bisa selesai dalam waktu dekat.

IABEEE eRektor USU dalam sambutan sekaligus meresmikan penggunaan Taman Atmosphere Machine Park Fakultas Teknik USU, secara resmi menyampaikan apresiasinya atas kreativitas segenap pihak yang terlibat. Sehingga lahan yang tadinya merupakan lahan yang kurang diberdayakan, dengan adanya taman multifungsi ini semakin menambah keindahan yang sarat manfaat bagi proses belajar di Fakultas Teknik USU. Rektor menambahkan, pada tahun lalu memang Program Studi Teknik Mesin dan Teknik Kimia lebih dahulu diikutsertakan atas beberapa pertimbangan, seperti anggaran dan berbagai aspek dalam akreditasi internasional yang tentu ke depannya akan diikuti pula oleh program studi lain.

 

Rektor juga menyampaikan, berbagai fasilitas belajar mengajar pada tahun 2020 secara maksimal akan dapat terealisasi. Hal ini disebabkan konsentrasi universitas pada tiga tahun terakhir adalah pencapaian re-akreditasi program studi dan berbagai program yang dilaksanakan untuk mendapatkan hasil terbaik dalam akreditasi universitas. USU saat ini tengah melakukan berbagai upaya dalam mencapai cluster 1 dalam klasifikasi Kemenristek-Dikti. (Humas)

                       

PetaIkonikUSU