• Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-11
    Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-11
  • Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PPDS
    Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PPDS
  • Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
    Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
  • Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
    Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi  Universitas Sumatera Utara
    Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi Universitas Sumatera Utara
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

MEDAN – HUMAS USU : Fakultas Kedokteran Gigi Universitas sumatera Utara (FKG USU) menggelar puncak perayaan Dies Natalisnya yang ke-57 dengan menghadirkan orasi Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi, bertempat di Gelanggang Mahasiswa USU, Selasa (6/11). Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Majelis Wali Amanat USU, Drs H Panusunan Pasaribu, MM, Wakil Rektor I USU Prof Prof Dr Ir Rosmayati, MS, Wakil Rektor II Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis  M Ked (OG), Sp OG (K) dan jajaran pimpinan fakultas di lingkungan USU. Acara dibuka oleh  Wakil Rektor II Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis  M Ked (OG), Sp OG (K), mewakili Rektor USU yang berhalangan hadir karena masih berada di luar kota.

Dies FKG 2018 2Dalam sambutannya, WR II USU menyampaikan ucapan selamat kepada FKG USU atas perjalanan selama 57 tahun yang telah dilalui oleh FKG USU dengan menorehkan berbagai prestasi, baik dari institusi yang berhasil meraih akreditasi A, maupun capaian prestasi para mahasiswa-mahasiswinya di berbagai kompetisi regional, nasional, maupun internasional. Selain menyampaikan profil USU secara ringkas, pada kesempatan tersebut WR II USU juga mengharapkan agar dalam perjalanan usia yang sudah menapak ke-57 tahun ini, FKG  USU mampu menjadi wadah tempat berkumpulnya bibit-bibit unggul yang akan menghasilkan para ahli gigi profesional, yang kelak akan mendarmabaktikan seluruh ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya bagi tercapainya peningkatan standar kesehatan gigi masyarakat.

Dies FKG 2018 3Prof Fidel mengingatkan kembali bahwa kebutuhan akan tenaga ahli gigi profesional di Indonesia masih dipandang sebagai kebutuhan yang mendesak, khususnya dalam menangani berbagai penyakit dan permasalahan gigi yang ada di daerah-daerah terpencil. Hal itu mengingat umlah dokter gigi yang ada di Indonesia sampai saat ini masih terbilang minim dan tidak tersebar secara merata, sehingga pelayanan kesehatan gigi dan mulut hanya lebih mudah diakses di daerah perkotaan saja. Begitupula halnya dengan edukasi kepada masyarakat mengenai perawatan gigi dan mulut masih sangat minim, yang mengakibatkan jumlah gangguan kesehatan di kedua bagian anggota tubuh tersebut masih memprihatinkan.

 

Prof Fidel juga menginginkan dengan perayaan Dies Natalis ke-57 ini, FKG USU ke depannya dapat menyusun program-program aksi dan pengabdian masyarakat yang lebih menyentuh sasaran dan memberikan tidak saja pelayanan kesehatan gigi dan mulut secara menyeluruh, namun juga edukasi perawatan sejak dini kepada seluruh lapisan masyarakat.

Dies FKG 2018 1Sementara itu, Ketua Panitia Perayaan Dies Natalis ke-57 FKG USU yang juga sekaligus menjabat sebagai Dekan fakultas tersebut,  Dr drg Trelia Boel, M Kes, Sp RKG (K), menyampaikan laporan terkait berbagai kegiatan yang telah digelar dalam beberapa hari sebelumnya, serta menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Gubsu H Edy Rahmayadi yang telah menyempatkan diri hadir sebagai penampil tunggal orasi ilmiah.

 

Gubsu H Edy Rahmayadi dalam orasinya menyampaikan paparan bertopik Generasi Revolusi Industri, yang antara lain menyinggung persoalan menciptakan Great Leader, Kualitas SDM dan Kemajuan Bangsa, serta Peran Penting Keluarga dalam Peningkatan Kualitas SDM Bangsa. Tampil komunikatif dan interaktif selama satu setengah jam, Gubsu juga mendukung orasinya dengan berbagai video unggahan yang bersifat human interest dan menyentuh sisi kemanusiaan serta kebangsaan yang dinilainya sudah sangat rapuh dan menipis.

Dies FKG 2018 4Menutup kegiatan tersebut, dilaksanakan pemotongan tumpeng yang dihadiri oleh seluruh unsur pimpinan fakultas di lingkungan USU serta atraksi paduan suara dan tarian daerah. Sebelumnya, dalam rangka meramaikan perayaan Dies Natalis FKG-USU, digelar kompetisi olahraga, dental Olympic dan Scientific Award. (Humas)    

PetaIkonikUSU