• Pengumuman Hasil Seleksi PPDS
    Pengumuman Hasil Seleksi PPDS
  • Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
    Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
  • Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
    Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi  Universitas Sumatera Utara
    Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi Universitas Sumatera Utara
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

MEDAN – HUMAS USU : Rektor USU, Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, meresmikan soft launching operasional Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) USU yang berada di lantai satu Gedung Biro Pusat Administrasi USU Jalan Dr Mansur Medan, Kamis (11/10). Acara dihadiri oleh Wakil Rektor I, II, III, IV dan V USU, para staf ahli Rektor, Ketua Senat Akademik USU, Kepala Biro dan Kabag/Kasubag unit kerja yang ada di lingkungan USU. Mengawali acara soft launching dilakukan simulasi sistem pelayanan, di mana Rektor USU mengambil nomor antrian dan berperan sebagai tamu Pusat Pelayanan Terpadu, diikuti oleh para Wakil Rektor dan Kepala Biro.

DSC 3739Dalam sambutannya, Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, mengharapkan dengan kehadiran Pusat Pelayanan Terpadu di USU selain dalam rangka memenuhi salah stu syarat dalam penilaian ombudsman, juga untuk mempermudah pelayanan administrasi di USU. Kehadiran PPT di USU menjadikan seluruh layanan administrasi terpusat pada satu tempat saja, sehingga memberikan efisiensi waktu yang dibutuhkan, ketepatan wewenang dan kepastian dalam menyelesaikan permasalahan.

 

Disebutkan Rektor, bahwa para pegawai yang bertugas di PPT merupakan pegawai pilihan yang dihasilkan dari seleksi ketat dan memiliki kualifikasi yang diinginkan untuk memberikan layanan administrasi yang memuaskan. Diharapkan dengan kualitas tersebut maka pelayanan yang diberikan juga semakin prima. Rektor berharap dalam waktu secepatnya juga akan segera diangkat Kepala Pusat Pelayanan Terpadu USU, untuk dapat mengkoordinir seluruh kegiatan yang ada di bagian tersebut dengan baik.

DSC 3733Rektor mengingatkan kepada seluruh pegawai yang ada di PPT agar dapat berkomunikasi dengan baik dan ramah terhadap setiap orang yang membutuhkan informasi, tanpa membeda-bedakan latar belakang pendidikan, sikap dan penampilannya.

 

“Orang-orang yang akan kalian hadapi nantinya bukan hanya orang-orang yang ramah, namun akan lebih banyak yang tak ramah. Namun, tetaplah melayani mereka dengan segala keramahan dan kesopanan. Berkomunikasilah dengan baik dan jangan memutuskan hal-hal yang tidak diketahui dengan cepat. Tanyakan kepada atasan ataupun orang-orang yang lebih mengetahui, seperti Kepala Biro, Wakil Rektor, bahkan jika perlu dan tidak ada lagi yang tahu, juga boleh bertanya kepada Rektor,” kata Rektor

DSC 3784Dalam kesempatan tersebut, Rektor juga mengingatkan kepada seluruh pegawai untuk bekerja dengan baik dan tidak melibatkan diri pada kepentingan-kepentingan politis, mengingat tahun ini merupakan tahun politik.

 

Sementara itu, sebelumnya Ketua Tim Reformasi Birokrasi, DR Muryanto Amin, menyatakan bahwa Pusat Pelayanan Terpadu USU merupakan salah satu bagian dari program Tim Reformasi Birokrasi yang telah berjalan selama satu tahun serta merupakan bagian dari kontrak kinerja Rektor USU.

DSC 3755Menurut DR Muryanto Amin yang juga menjabat sebagai Dekan FISIP USU ini, PPT USU memiliki dua bentuk layanan. Yakni layanan sehari yang terdiri dari 13 bentuk layanan yang dapat diselesaikan dalam waktu satu hari, serta layanan yang membutuhkan waktu penyelesaian lebih dari satu hari karena terkait dengan persetujuan pimpinan universitas ataupun hal-hal yang memerlukan kajian mendalam.

 

Terkait beberapa masukan yang diberikan oleh pimpinan universitas saat pelaksanaan simulasi layanan di awal kegiatan soft launching, Dr Muryanto Amin mengatakan akan sesegera mungkin melakukan evaluasi dan penyempurnaan sistem layanan. Hal itu mencakup pembuatan Standard Operational Procedure (SOP) alur layanan dan penyelesaian masalah. Dengan demikian diharapkan ke depan layanan yang diberikan akan semakin maksimal dan memuaskan, serta berjalan dengan baik dan lancar. (Humas)

PetaIkonikUSU