• Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-11
    Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-11
  • Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PPDS
    Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PPDS
  • Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
    Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
  • Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
    Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi  Universitas Sumatera Utara
    Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi Universitas Sumatera Utara
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

MEDAN – HUMAS USU : PT Pegadaian (Persero) menyerahkan beasiswa sebesar Rp 225 juta kepada 30 mahasiswa dan mahasiswi berprestasi Universitas Sumatera Utara (USU) dalam kegiatan Kuliah Umum Pegadaian Goes to Campus, yang diselenggarakan PT Pegadaian dan USU, bertempat di Gelanggang Mahasiswa USU, Kamis (11/10). Beasiswa tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian dari PT Pegadaian terhadap dunia pendidikan pada umumnya dan USU khususnya.

Gadai 1Demikian disampaikan Ir Moh Edi Isdwiarto, MM, selaku Direktur SDM dan Hukum PT Pegadaian (Persero) dalam sambutannya. Pemberian beasiswa kepada para mahasiswa-mahasiswi berprestasi USU itu juga menjadi langkah awal dimulainya kerjasama antara PT Pegadaian dan USU, yang dituangkan dalam bentuk penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di kesempatan yang sama. Kuliah Umum yang diselenggarakan dari pagi hingga siang hari itu bertajuk “Pegadaian Semakin Muda(h) Are You 0Ready To Be Part of Our Transformation? Tema umumnya mengenai “Transformasi Perusahaan di Era Digital.”

 

“Kami sangat berkomitmen terhadap kemajuan dunia pendidikan, juga membangun USU sebagai salah satu institusi pendidikan terpercaya di Sumut,” kata Ir Moh Edi Isdwiarto, MM.

Gadai 5Sementara itu, Wakil Rektor II USU,  Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, M Ked (O.G), Sp OG (K), dalam sambutannya saat membuka Kuliah Umum, menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasinya atas pemberian beasiswa kepada para mahasiswa dan mahasiswi berprestasi USU. Bantuan tersebut sangat dibutuhkan untuk membantu meringankan biaya pendidikan mahasiswa, mengingat tak semua mahasiswa USU berasal dari kalangan mampu. Dengan adanya beasiswa diharapkan dapat mengurangi jumlah mahasiswa yang putus kuliah disebabkan karena kekurangan biaya.

 

Prof Fidel juga menyambut baik digelarnya kegiatan kuliah umum dengan harapan dapat menambah informasi dan ilmu yang bermanfaat bagi para mahasiswa yang menghadirinya. Ia juga berharap agar pada tahun-tahun mendatang, kegiatan-kegiatan serupa dapat lebih diperbanyak lagi. Sebagai tambahan informasi, Prof Fidel juga memaparkan profil ringkas USU berikut prestasi dan perkembangan terkini.

Gadai 3Dalam kuliah umum yang disampaikan oleh Ir Moh Edi Isdwiarto, MM, selaku Direktur SDM dan Hukum PT Pegadaian (Persero), dipaparkan profil PT Pegadaian (Persero), mulai dari visi misi hingga sejarah pendiriannya. Juga berbagai fasilitas yang dimiliki dan ditawarkan PT Pegadaian terhadap masyarakat.

 

Beberapa topik bahasan yang diulas dalam kuliah umum, yakni Flashback : Sejarah Perjalanan Pegadaian, Kondisi dan Dinamika Bisnis, Tingkat Kompetisi, Mengapa Harus Transformasi, Bluebook Transformasi dan Implementasi. Saat ini, PT Pegadaian telah berusia 117 tahun, dengan 9 juta nasabah, 13.000 karyawan, 4.300 outlet, grade rating AAA dan perolehan laba sebesar Rp 2,5 T pada 2017.

Gadai 4Dikatakan Ir Moh Edi, di era Revolusi Industry 4.0 inovasi yang paling dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan pada tahun 2018 dapat dikelompokkan dalam 5 bidang, yakni ; new product, technology platform, big data analytics, speed of adopting new tech dan mobile products and capabilities.

Gadai 2“Innovation dan disruption memiliki perbedaan. Kalau innovation membuat sesuatu yang tadinya bernilai good menjadi better dan best. Sementara disruption membuat yang ada sekarang menjadi sangat ketinggalan zaman. Revolusi industri  4.0 membuat umur perusahaan semakin pendek. Hanya perusahaan-perusahaan berbasis teknologi yang akan bertahan. Sementara tantangannya, Indonesia masih kesulitan dalam mencari talent yang memiliki kemampuan teknologi mumpuni,” jelasnya. (Humas)

PetaIkonikUSU