• Pengumuman Hasil Selesksi PPDS
    Pengumuman Hasil Selesksi PPDS
  • Pengumu Hasil Selesksi Progran Ekstensi 2018
    Pengumu Hasil Selesksi Progran Ekstensi 2018
  • Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
    Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi  Universitas Sumatera Utara
    Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi Universitas Sumatera Utara
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

MEDAN - HUMAS USU:  Rombongan Senat Universitas Tadaluko (UNTAD), Palu, Sulawesi Tengah,  mengunjungi Universitas Sumatera Utara (USU), khususnya Senat Akademik USU, Kamis (13/9) dalam rangka kajian seputar fungsi kelembagaan Senat Akademik dalam sebuah PTN-BH. Rombongan diterima di Kantor Sekretariat Senat Akademik USU oleh Ketua Senat Akademik USU, Prof dr Chairul Yoel, Sp A (K), Sekretaris Senat Akademik USU, Muhammad Arifin Nasution, S Sos, MSP, beserta Ketua dan Sekretaris Komisi Senat Akademik USU. Sedangkan dari Senat UNTAD hadir Ketua Senat UNTAD Prof H Hasan Basri, MA, Ph D, Sekretaris Senat UNTAD Dr Ir Sakka Samudin beserta Ketua dan Sekretaris Komisi Senat Akademik UNTAD. Seluruh rombongan UNTAD yang hadir sebanyak tujuh orang perwakilan.

SA 2018 4Ketua Senat Akademik UNTAD dalam kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa kunjungan ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan menjaring masukan-masukan dari universitas-universitas lain khususnya yang telah lebih dahulu menyandang status PTN-BH, juga terhadap produk-produk dan kontribusi Senat Akademik agar dapat diterapkan di dalam statuta Universitas Tadaluko ke depannya.

 

Ketua Senat Akademik USU, Prof dr Chairul Yoel Sp A (K) dalam sambutannya menyampaikan rasa gembira pihak USU atas kunjungan Universitas Tadaluko dan berharap agar ke depannya dapat terjalin kerjasama yang semakin erat antar dua universitas. Ketua SA USU menambahkan bahwa Senat Akademik Universitas Sumatera Utara dalam setiap arah programnya selalu mengacu pada visi dan misi USU dengan mengedepankan Tata Nilai BINTANG (Bertakwa Kepada Tuhan yang Maha Esa dalam bingkai Kebhinekaan, Inovatif yang berintegritas serta Tangguh dan Arif) serta bidang unggulan TALENTA.

SA 2018 1Ketua SA USU juga menambahkan, bahwa secara struktural SA USU mengacu pada PP No 16 Tahun 2014 tentang Statuta USU, dalam hal ini secara khas USU mengadaptasikan kearifan lokal Sumatera Utara khususnya dalam dari etnik batak yaitu filosofi “Dalian Na Tolu” di mana ketiga komponen utamanya adalah Rektor dan Dewan Guru Besar, Senat Akademik dan Majelis Wali Amanat saling bahu membahu dan selaras dalam berjalannya aktivitas Universitas Sumatera Utara.

 

Ketua SA USU juga menambahkan beberapa rekomendasi SA sebagai kontribusi aktif SA USU dalam meraih capaian-capaian akademik USU yang lebih baik khususnya percepatan perbaikan akreditasi Universitas. Rekomendasi SA USU tersebut antara lain bahwa program percepatan dan perbaikan akreditasi harus dijadikan prioritas utama dalam kegiatan USU, perlu membentuk unit khusus yang melakukan perencanaan,  koordinasi pendampingan dan pengawasannya. Alokasi anggaran yang memadai dalam RKAT Tahunan dimulai sejak tahun 2015, membentuk pangkalan data di tiap fakultas dan program studi serta prioritas terhadap program studi yang telah akan habis status akreditasinya maupun yang berpotensi meraih akreditasi A.

SA 2018 5Menurut Ketua SA, rekomendasi ini mendapatkan respon yang kuat dari Rektorat sebagai pengelola operasional utama universitas yang bermuara pada akhir 2017, USU berhasil meningkatkan jumlah program studi dengan peringkat akreditasi A sebanyak 35%. Capaian ini ternyata berdampak positif terhadap akreditasi institusi di mana sejak tanggal 27 Februari 2018,  USU telah ditetapkan meraih akreditasi A dengan nilai 365.

 

Ketua SA USU menegaskan, USU menyadari sepenuhnya bahwa sebagai motivasi untuk mencapai peringkat yang lebih baik sehingga dapat memposisikan diri sebagai salah satu universitas nasional terkemuka di Indonesia, langkah awal ke depannya adalah melanjutkan program pembenahan capaian terhadap berbagai standar akreditas BAN-PT.

SA 2018 3Dari Senat Akademik USU turut hadir dalam acara antara lain ; Ketua Komisi Pendidikan Senat Akademik USU Prof Dr dr Delfitri Munir,  Sp THT-KL (K), Sekretaris Komisi Pendidikan dr Hemma Yulfi, DAP & E, M Med Ed, Ketua Komisi Penelitian, Pengembangan & PKM & Inovasi Prof Dr Harmein Nasution, MSIE, Sekretaris Komisi Penelitian, Pengembangan & PKM & Inovasi Dr Poppy Anjelisa Z Hasibuan, M Si, Apt, Ketua Komisi Penjaminan & Pengawasan Mutu Akademik Prof Dr Tan Kamello, SH, MS, Sekretaris Komisi Penjaminan & Pengawasan Mutu Akademik, Prof Dr Dra Irnawati Marsaulina Simatupang, MS, Ketua Komisi Kelembagaan Akademik, Perencanaan & Anggaran Ir  Syahrizal, MT dan Sekretaris Kelembagaan Akademik, Perencanaan & Anggaran dr. Zaimah Z. Tala, MS, Sp GK. (Humas)

PetaIkonikUSU