• Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-11
    Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-11
  • Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PPDS
    Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PPDS
  • Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
    Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
  • Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
    Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi  Universitas Sumatera Utara
    Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi Universitas Sumatera Utara
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

MEDAN-HUMAS USU:  Magister Ilmu Pangan USU mengenalkan keberadaan Program Studi Magister Ilmu Pangan  ke Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, yang diterima oleh Bupati Serdang Bedagai, Ir H Soekirman bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (12/9). Dalam kesempatan itu, Bupati didampingi oleh Asisten Ekonomi Pembangunan dan Sosial Ir H Kaharuddin, Kadis Pertanian Radianto Panjis, SP, MMA, Kadis Ketahanan Pangan Ir M Aliuddin, SP, MP, Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Rudianto Siagian dan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai Drs Suriadi.

IPN 2Sosialiasi Magister Ilmu Pangan ini dilakukan oleh Kepala Prodi Magister Ilmu Pangan, Dr Ir Hotnida Sinaga, M Phil, Connie Simbolon, salah seorang  alumni Magister Ilmu Pangan dan para mahasiswa yang masih aktif (Aprilia Simamora, Fathia Rahmadini, Edy Syahputra, Dessy Wiriany, Fahry Manurung, Candra Sigalingging dan Kristina Sipayung). 

 

Dalam kunjungan ke Sergai, Kepala Prodi, Dr Ir Hotnida Sinaga, M Phil, menyampaikan tujuan program studi dan profil prodi. Juga disampaikan tentang status Prodi Magister Ilmu Pangan USU yang telah memperoleh akreditasi B dari BAN-PT, pengabdian masyarakat, serta memiliki MoU dengan salah satu universitas di Thailand, Srinakharinwirot University, sebagai salah satu bentuk kerjasama dari Prodi Magister Ilmu Pangan bersama dengan pihak luar.

IPN 1Pada kesempatan tersebut, Kadis Ketahanan Pangan Sergai, M Aliuddin, Sp, MP,  menyampaikan salah satu masalah pangan yang paling banyak ditemukan di Sergai seperti makanan jajanan siswa SD di Sergai yang telah diuji dan ditemukan mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan anak, kelangkaan pakan untuk ternak sapi hasil dari  inseminasi buatan, dll. Ia juga menyampaikan harapan Pemkab Sergai agar pihak akademis dapat melakukan penelitian ataupun pengabdian masyarakat terkait permasalahan tersebut.

 

Sementara itu, Bupati Sergai Ir H Soekirman mengharapkan agar perguruan tinggi dapat mengeluarkan Standarisasi Sanitasi Dapur untuk Restoran atau Rumah Makan sehingga menghasilkan makanan yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal) dan disertakan dengan plakat ataupun rewards  terhadap restoran yang memenuhi standar. Bupati juga menyampaikan beberapa arahan seperti pengolahan kakao yang diharapkan bisa sampai ke produk hilirnya, dan mengharapkan adanya standarisasi industri rumahan seperti industri rumahan ikan asap dan mengharapkan adanya pengabdian masyarakat terkait akan hal ini.  

IPN 3Di akhir sambutannya, Bupati Soekirman mengharapkan kerjasama dari dunia akademis demi mengembangkan pangan daerah, baik itu dalam bentuk penelitian maupun pengabdian masyarakat. Pemkab Sergai juga akan memotivasi ASN dan masyarakat di kabupatennya untuk dapat terus melanjutkan pendidikan khususnya memilih Prodi Magister Ilmu Pangan USU sebagai salah satu prodi yang dapat meningkatkan pengembangan pangan bagi daerahnya. (Humas)

           

           

           

PetaIkonikUSU