• Pengumuman Hasil Seleksi PPDS
    Pengumuman Hasil Seleksi PPDS
  • Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
    Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
  • Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
    Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi  Universitas Sumatera Utara
    Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi Universitas Sumatera Utara
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

MEDAN-HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara (USU) ditunjuk sebagai titik kumpul pagelaran Harmoni Indonesia 2018 untuk Kota Medan, bertempat di Stadion Mini USU, Minggu (5/8). Medan merupakan satu dari 49 kota lainnya di seluruh Indonesia dan beberapa kota besar di luar negeri yang menggelar kegiatan tersebut.

Harmoni 2Harmoni Indonesia 2018 diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dan diikuti oleh 5.750 peserta yang berasal dari 18 PTN dan PTS yang ada di Kota Medan serta BPOM Sumut. Adapun PTN/PTS tersebut adalah USU, Polmed, Unimed, UISU, UMA, AMIK Medicom, Inkes Medistra, STIKES Mitra Husada, Universitas Panca Budi, UMSU, UHN, Universitas Quality, STIKES Santa Elisabeth, Universitas Darma Agung, Politeknik LP3I Medan, UNPRI, STIKES AUDI Husada, Yaspen Harapan Mama dan ATKP Medan. 

Harmoni 1Dalam sambutannya, Rektor Universitas Sumatera Utara, Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, menjelaskan bahwa acara Harmoni Indonesia 2018 ini merupakan ajang berkumpul dan bernyanyi bersama lagu-lagu kebangsaan dan perjuangan, yang diselenggarakan secara serentak di 49 kota di seluruh Indonesia dan beberapa kota besar yang ada di luar negeri. Kegiatan ini dipusatkan di Koridor Timur GBK Senayan dengan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan disiarkan secara live. Dengan digelarnya Harmoni Indonesia 2018, Rektor berharap dapat memantik kembali semangat nasionalisme yang tergerus oleh iklim panas tahun politik beberapa waktu belakangan.

Harmoni 3Acara ini diselenggarakan dalam rangka menyambut perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 dan menyambut pelaksanaan Asian Games 2018. Adapun esensi terpentingnya adalah untuk merajut rasa kebangsaan dan memperkokoh kembali kesatuan bangsa. Di mana hal tersebut selama beberapa tahun terakhir menemui tantangan yang cukup berat, yang seringkali menjurus pada potensi perpecahan dan konflik beraroma SARA. Dengan Pagelaran Harmoni Indonesia 2018 ini diharapkan semoga kerukunan dan persatuan kesatuan di antara unsur-unsur kemajemukan bangsa dapat utuh dan harmonis kembali.

Harmoni 4Selain itu, Harmoni Indonesia 2018 juga didedikasikan untuk menyambut, memaknai dan menyemarakkan perayaan HUT Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia. Tak kalah pentingnya juga untuk menyemangati Penyelenggaraan dan Kesuksesan Asian Games 2018, di mana Indonesia menjadi tuan rumah pelaksanaannya. (Humas)

PetaIkonikUSU