• Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-11
    Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-11
  • Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PPDS
    Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PPDS
  • Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
    Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
  • Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
    Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi  Universitas Sumatera Utara
    Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi Universitas Sumatera Utara
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar Pembekalan KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Reguler USU 2018, bertempat di Aula Fakultas Farmasi USU, Sabtu (7/7) pagi. Kegiatan dibuka oleh Ketua Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) USU,  Prof. Dr. Tulus, M Si, berlangsung sejak pukul 08.30 hingga 13.00 WIB dan dihadiri  oleh seluruh peserta KKN.

 

Dalam sambutannya, Prof Tulus mengatakan, bahwa menurut surat keputusan Rektor kegiatan KKN telah menjadi mata kuliah yang disediakan di masing-masing kurikulum program studi, di mana sebelumnya dibuat sebagai mata kuliah pilihan. Terhitung sejak 2017 beberapa program studi menjadikannya sebagai salah satu mata kuliah wajib.

 

IMG 3212

 

Menurut Prof Tulus, yang bersedia mengikuti kegiatan KKN ini hanyalah mahasiswa yang benar-benar ingin mengikuti KKN PPM. Karena meskipun termasuk sebagai mata kuliah wajib, namun KKN sesungguhnya bukan kegiatan yang dipaksakan. Namun ia mengingatkan kembali akan pentingnya KKN, di mana mahasiswa bisa belajar langsung dari masyarakat tentang banyak hal. Karena walaupun bentuknya sebagai kegiatan pembelajaran akademik, sesungguhnya KKN adalah proses belajar dan bersosialisasi ke masyarakat. Kegiatan pembekalan yang digelar sebagai bekal bagi para mahasiswa yang akan melaksanakan KKN, sebelum terjun langsung ke masyarakat.

 

Prof Tulus juga menginformasikan bahwa mulai tahun depan USU akan mengadakan KKN Internasional. Ia berharap,  tujuan KKN PBM dapat tercapai dan para mahasiswa diharapkan mampu membekali diri dan  menerima seluruh informasi dengan baik, serta mengikuti adat istiadat di daerah tujuan.

 

IMG 3128

 

Jumlah mahasiswa USU yang mengikuti KKN pada tahun ini sebanyak 1.119 peserta yang terdiri atas peserta KKN Reguler dan Pulau Terluar, KKN Tematik BKKBN, KKN Tematik PU/PR dan KKN Kebangsaan. Untuk KKN Pulau Terluar berlokasi di Pulau Nias dan Pulau Simeuleu dan KKN Kebangsaan yang berlokasi di Lampung. Para peserta KKN USU 2018 berasal dari 10 fakultas dan akan diberangkatkan pada tanggal 22 Juli 2018 mendatang.

 

Kegiatan Pembekalan KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Reguler USU 2018 menghadirkan empat narasumber yakni Enda Ersinalsal Ginting, M Sc, Ak, dari Kantor Staf Kepresidenan, Dr Drs Fikarwin Zuska, M. Antropologi, dosen FISIP USU, Ismayadi, S Kep, Ns, M Kes, Sekretaris KKN PPM USU 2018 dan T Jimmi Firmansyah, SH, Staf Asuransi Jiwa Bumiputera Syariah.

 

IMG 3170

 

Dalam kegiatan pembekalan itu para narasumber secara detil menyampaikan berbagai informasi yang sudah selayaknya diketahui oleh para mahasiswa yang akan mengikuti KKN. Mulai dari petunjuk teknis penilaian, cara pembuatan laporan kegiatan, metode pendekatan sosial kepada masyarakat di lokasi KKN, dan informasi lainnya. (Humas)

 

PetaIkonikUSU