• Pengumuman Hasil Seleksi PPDS
    Pengumuman Hasil Seleksi PPDS
  • Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
    Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
  • Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
    Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi  Universitas Sumatera Utara
    Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi Universitas Sumatera Utara
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

HUMAS-USU: Universitas Sumatera Utara, dibawah Program Magister (S2) Ilmu Politik pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mulai semester ini akan membuka Kelas Tata Kelola Pemilu.

Tata Kelola 1Dekan Fisip USU Dr. Muryanto Amin menjelaskan bahwa S2 Ilmu Politik Kelas Tata Kelola Pemilu merupakan hasil dari Kesepakatan Kerjasama antara Fisip USU dengan KPU RI yang ditandatangani pada tanggal 27 Maret 2018 lalu di Jakarta. Pembukaan Kelas ini  sendiri dimaksudkan agar Penyelenggara Pemilu memahami baik subtansi  teoritis maupun subsansi teknis dari penyelenggaraan pemilu. Sehingga pemilu yang berintegritas, pemilu yang jujur dan adil itu bisa dimengerti oleh penyelenggara pemilu yang baik dan profesional.

 

“Sesuai dengan kesepakatan dengan KPU, dalam pelaksanaannya nanti kita akan memberikan pelatihan, pengajaran hingga pembinaan terkait tata kelola pemilu kepada penyelenggara pemilu serta melakukan seleksi penerimaan beasiswa. Sementara KPU sendiri tugasnya selain memberikan beasiswa bagi yang memenuhi syarat juga akan menetapkan atau memberi persetujuan alokasi jumlah penerima beasiswa” tambah Muryanto.

Tata Kelola 2Menurutnya lagi, bahwa Kelas Tata Kelola Pemilu ini juga sebelumnya sudah dibuka di 10 Universitas antara lain UGM, UNPAD, UNAIR, UNSRAT, UNAND, UNILA, Nusa Cendana Kupang, UNCEN Jayapura serta UI. USU merupakan Universitas ke kesebelas yang diamanatkan oleh KPU RI untuk membuka Kelas tersebut. Untuk syarat-syarat antara lain calon mahasiswa menyerahkan ijazah Sarjana dan bagi yang bukan lulusan Ilmu Sosial dan Politik harus mengikuti Matrikulasi. Untuk peserta yang ingin mengambil program beasiswa tidak melebihi usia 40 tahun. Syarat-syarat lainnya dapat juga dilihat dan diunduh melalui website usu.ac.id pada laman http://penerimaan.usu.ac.id

PetaIkonikUSU