• Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-11
    Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-11
  • Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PPDS
    Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PPDS
  • Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
    Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
  • Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
    Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi  Universitas Sumatera Utara
    Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi Universitas Sumatera Utara
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

Medan-Humas USU: Ikatan Cendekiawan Karo (ICK) Sumut melakukan kunjungan ke USU, Rabu (11/4). Kehadiran ICK diterima oleh Rektor USU, Prof Dr Runtung, SH, M Hum, di ruang kerjanya. ICK melalui Ketua Umumnya Dr Ir Budi D Sinulingga, MSi, dalam kesempatan tersebut menyampaikan selamat kepada USU yang telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT pada Februari 2018 silam.

ICK 1Secara singkat Dr Budi juga memaparkan tentang ICK Sumut yang dideklarasikan di Medan pada 29 Agustus 2015. Keberadaan ICK diharapkan dapat menjadi lembaga kajian yang berkontribusi melalui program kerja yang konkrit dan realistis dalam berbagai bidang demi kemajuan masyarakat Sumatera Utara secara umum dan masyarakat Karo secara khusus.

 

Rektor USU dalam kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa USU selalu terbuka terhadap masukan maupun gagasan yang membangun demi perbaikan USU ke depan dan siap  bekerjasama. Dalam kapasitasnya sebagai institusi pendidikan, USU sangat perlu membangun sinergi dengan berbagai elemen masyarakat, termasuk di antaranya kalangan cendekiawan.

ICK 2Dalam kesempatan yang sama, Prof Sukaria Sinulingga selaku Dewan Pakar ICK Sumut mengatakan, ICK saat ini tengah fokus dalam membantu penanganan permasalahan pasca erupsi Gunung Sinabung di Tanah Karo yang sampai saat ini masih memerlukan bantuan dalam berbagai bidang. Bencana erupsi Sinabung telah membuat perekonomian Karo terpuruk yang dulunya termasuk 5  besar penyumbang pendapatan daerah, kini posisi Karo melorot ke posisi 10.

 

Prof Sukaria yang pernah menjabat sebagai Wakil Rektor IV USU periode 2005 – 2010 menambahkan, bahwa pemikiran-pemikian ICK telah terangkum dalam sebuah buku berjudul “Pembangunan Karo, Perspektif Ikatan Cendekiawan Karo Sumut” yang berisi berbagai pemikiran para cendekiawan Karo.

 

Dalam kesempatan audiensi pada hari itu, buku tersebut diserahkan Dr Ir Budi D Sinulingga, M Si, kepada Rektor USU. Acara ditutup dengan foto bersama para pengurus dan anggota ICK Sumut dengan Rektor USU. (Humas)

PetaIkonikUSU