• Pengumuman Hasil SBMPTN 2018 Universitas Sumatera Utara
    Pengumuman Hasil SBMPTN 2018 Universitas Sumatera Utara
  • Penerimaan Mahasiswa Baru 2018 Jalur SMM & SPMPD
    Penerimaan Mahasiswa Baru 2018 Jalur SMM & SPMPD
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • SNMPTN Dan SBMPTN 2018
    SNMPTN Dan SBMPTN 2018
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

MEDAN-HUMAS USU: Dosen dan mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Universitas Syiah Kuala tiba di Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara dalam rangka kunjungan studi, Rabu (11/4). Rombongan disambut oleh Dekan FP USU beserta jajarannya di Aula Soeratman FP USU. Rombongan dari Unsyiah hadir sebanyak 67 orang yang tiga di antaranya adalah staf pengajar, yaitu: Prof Ansitar Patrea, Fahrizal, STP, MSc  dan Martunis STP, MSc.  

THP 3Dalam kata sambutannya, Dekan Fakultas Pertanian USU, Dr Ir Hasanuddin MS menyampaikan selamat datang kepada seluruh rombongan dari Unsyiah dan berharap semoga kunjungan yang kedua kali dari Prodi Teknologi Hasil Pertanian Universitas Syah Kuala ini dapat menjadi sarana kerjasama pendidikan yang berkesinambungan.

 

Dr Hasanuddin juga memaparkan, USU saat ini telah memiliki Program Magister Ilmu Pangan, sehingga bagi para alumni Unsyiah yang berminat melanjutkan pendidikan ke strata S2 bisa memilih melanjutkan pendidikannya di USU. Ia menambahkan, peranan sarjana pertanian khususnya alumni Teknologi Hasil Pertanian dan Ilmu Teknologi Pangan sangat vital dalam pembangunan negara. Pertambahan penduduk seringkali tak terimbangi oleh jumlah produksi pertanian dan pangan. Karenanya, para generasi muda perlu terus memotivasi diri dalam studi dan kelak dapat menjadi ilmuwan yang menghasilkan penemuan-penemuan yang memberdayakan masyarakat dan mampu menjadi solusi bagi problem kecukupan pangan sehingga dapat menekan jumlah impor pangan.

THP 1Fahrizal. STP, MSc, dari Prodi Teknologi Hasil Pertanian Universitas Syah Kuala dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih untuk kesempatan yang diberikan sekaligus memaparkan bahwa pihaknya secara rutin memiliki program field trip bagi mahasiswa untuk membuka wawasan keilmuan. Kali ini, selain mengunjungi Fakultas Pertanian USU, mereka juga akan mengunjungi industri pengolahan minyak kelapa sawit di beberapa perkebunan di Provinsi Sumatera Utara. Ia menambahkan, bahwa Unsyiah siap menerima kunjungan serupa dari USU khususnya Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian USU.

THP 5Sementara itu, Kepala Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian USU, Prof Dr Ir Elisa Julianti,  MSi, dalam acara tersebut menyampaikan, sebelumnya Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian USU sejak 2008 telah berganti menjadi Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian USU. Ia menambahkan, bahwa Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian USU dalam mengimplementasikan program dari LPPM Kemneristek Dikti khususnya dalam inovasi dan kewirausahaan kampus , telah memiliki unit usaha bakery yang menggunakan bahan baku tepung yang diproduksi sendiri di Unit Usaha Rumah Tepung Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan FP USU.

THP 2Dalam kunjungan ke Unit Usaha tersebut,  dapat ditemui beberapa produk, yaitu: keripik pisang inovasi bakery, yaitu produk bakery rendah kolesterol dan bebas alergen (non gluten) yang merupakan produk inovasi dari Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian USU yang sudah mendapat izin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) dari Dinkes dan sertifikat halal dari LPPOM MUI. Terdapat juga produk keripik ubi bermerek Cassava Chip yang merupakan Mitra Binaan Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan FP USU melalui Program IBPE (IPTEK bagi Produk Ekspor) sejak tahun 2010 yang telah menembus pasar Korea Selatan. (Humas)

PetaIkonikUSU