• Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-11
    Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-11
  • Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PPDS
    Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PPDS
  • Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
    Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
  • Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
    Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi  Universitas Sumatera Utara
    Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi Universitas Sumatera Utara
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

Medan-Humas USU: Kantor Arsip USU menggelar sarasehan dan out bound yang diikuti oleh tak kurang 40 orang terdiri dari para petugas pengelola arsip dari  fakultas-fakultas, sekolah pascarasarjana, rumah sakit USU, lembaga dan unit-unit kerja di lingkungan USU. Acara  berlangsung di Kampung Ladang, Namorih, Kabupaten Deli Serdang, Sumut, Sabtu (7/4).

Sarasehan Arsip 2Hadir membuka acara, Sekretaris Universitas, Dr dr Farhat, MKed (ORL-HNS), Sp THT-KL(K). Dalam kata sambutannya Dr Farhat menyampaikan, arsip perlu dikelola dengan kerjasama yang erat dari seluruh unit kearsipan. Para petugas arsip dari tiap unit kerja harus saling mengenal satu sama lain dan solid dalam bekerja. Ia berharap melalui acara ini, kerjasama dan kinerja tim  dapat lebih baik lagi ke depannya dan komunikasi antara Kantor Arsip Universitas dengan Unit Kearsipan dapat terjalin lebih erat.

Sarasehan Arsip 5Para peserta acara ini berasal dari masing-masing fakultas dan unit kerja yang sebelumnya telah menjalani pelatihan kearsipan yang digelar oleh Kantor Arsip Universitas pada 21 Maret 2018 yang lalu.

Sarasehan Arsip 3Pengelolaan arsip menuntut kerjasama yang erat antara LKPT (Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi) dalam hal ini Kantor Arsip Universitas dan Unit Kearsipan. Karena hubungan yang tak terputus sejak arsip itu diciptakan di suatu unit kerja. Sebagai contoh, jadwal retensi arsip mengatur tiap arsip memiliki usia simpan tertentu tergantung klasifikasinya. Begitu sampai memasuki masa in-aktif dan statis, arsip statis dari unit kerja tersebut akan dipindahkan ke Kantor Arsip Universitas dan ditangani sesuai ketentuannya. Dalam tiap prosesnya, koordinasi tentu mutlak terbangun antara LKPT dan UK (Unit Kearsipan).

 

Dengan kerjasama antar pengelola arsip yang baik, pengelolaannya akan mudah dan tertata serta dapat saling membantu jika menemui kendala dalam pengelolaannya.

Sarasehan Arsip 1Kegiatan ini diisi dengan kegiatan luar ruang yang dipimpin oleh instruktur setempat, yang bertujuan menguji konsentrasi, inisiatif dan kerjasama tim. Suasana yang akrab terlihat di acara ini, menjadi penyemangat bagi tiap peserta untuk dapat bersama-sama bekerja membina Kearsipan Universitas Sumatera Utara  yang lebih baik lagi ke depannya. (Humas)

PetaIkonikUSU