• Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-11
    Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-11
  • Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PPDS
    Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PPDS
  • Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
    Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
  • Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
    Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi  Universitas Sumatera Utara
    Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi Universitas Sumatera Utara
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

MEDAN-HUMAS: Sebanyak 38.647 orang siswa kelas 3 SMA/MA/SMK telah mendaftar untuk memperebutkan 35% (2.386) kuota mahasiswa baru Universitas Sumatera Utara (USU) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2018 dari 6.773 kursi yang tersedia di USU pada tahun 2018 ini.

 

Ketua SNMPTN USU yang juga Wakil Rektor I USU, Prof. Rosmayati mengatakan bahwa dari jumlah tersebut, pendaftar pada jalur bidikmisi sebanyak 8.315 orang siswa. “Terjadi peningkatan pendaftar di USU dibanding tahun sebelumnya, yakni sebesar 4.120 orang, dimana tahun lalu tercatat sebanyak 34.527 orang siswa yang mendaftar menjadi 38.647 pendaftar”, kata Prof. Rosmayati. Begitu juga dengan jalur bidikmisi, dimana pendaftar tahun ini naik 1.182 dari tahun lalu yakni 7.133 orang siswa menjadi 8.315 orang pendaftar”, tambahnya. Sebagaimana diketahui, pada tahun lalu jumlah siswa yang diterima pada jalur SNMPTN di USU sebanyak 2.325 dari peminat secara keseluruhan sebesar 34.527 pendaftar.

Universitas Sumatera UtaraDitambahkan Prof. Rosmayati bahwa Program Studi yang paling diminati di USU oleh Pendaftar SNMPTN 2018 adalah Agribisnis, Farmasi, Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Pendidikan Dokter untuk Program Studi IPA serta Akuntansi, Manajemen, dan Imu Hukum untuk Program Studi IPS.  

 

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 (tahun), atau 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK yang masa belajarnya 4 (empat) tahun.

 

Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi akademik siswa. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.

 

Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa. Pendaftaran SNMPTN tahun ini dimulai sejak 21 Februari 2018 hingga 6 Maret 2018, dan pengumuman hasil seleksi SNMPTN dilakukan pada 17 April 2018.

 

Sementara untuk jadwal  Seleksi  Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018, Pendaftaran Ujian Tulis (UTBC dan UTBK) akan dilaksanakan secara online pada 5 April 2018 dan berakhir pada 27 April 2018. Pelaksanaan ujian akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada 8 Mei 2018, Ujian Keterampilan pada 9 dan 11 Mei 2019 serta pengumuman hasil seleksi dilakukan pada 3 Juli 2018.  (humas)

PetaIkonikUSU