• Promo Servis Auto2000
    Promo Servis Auto2000
  • Penerimaan Mahasiswa Baru 2018 Jalur SMM & SPMPD
    Penerimaan Mahasiswa Baru 2018 Jalur SMM & SPMPD
  • Pemutakhiran Data UKT
    Pemutakhiran Data UKT
  • Pengumuman Hasil SNMPTN 2018 Universitas Sumatera Utara
    Pengumuman Hasil SNMPTN 2018 Universitas Sumatera Utara
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • SNMPTN Dan SBMPTN 2018
    SNMPTN Dan SBMPTN 2018
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

MEDAN – HUMAS USU : Kantor Humas, Protokoler dan Promosi  Universitas Sumatera Utara menggelar  Pelatihan Pembuatan dan Editor Video E-Learning Ber-HaKI bagi Dosen dan Pegawai di Lingkungan USU, dari tanggal 5 hingga 7 Maret 2018, bertempat di Hotel Grand Antares, jalan SM Raja Medan. Kegiatan yang diikuti oleh 30 orang dosen dan pegawai dari seluruh fakultas yang ada di USU tersebut, dibuka oleh Wakil Rektor III USU, Drs Mahyuddin KM Nasution, MIT, Ph D.

 

Hadir sebagai pembicara adalah Direktur I Bidang Akademik AKOM RTVi  Jakarta dan SENTRA HAKI serta penanggungjawab audio visual Universitas Gunadarma, Dr Widyo Nugroho, MM, staf audio visual Universitas Gunadarma, Sandi Prajaka, S Kom, MMSi dan Dosen Politeknik Medan (Polmed) Muhammad Rikwan, SE, ME.

DSC 9958Dalam sambutannya, Wakil Rektor III USU, Drs Mahyuddin KM Nasution, MIT, Ph D, mengatakan, bahwa kegiatan pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari ini merupakan sebuah kegiatan yang memiliki nilai dan manfaat tinggi dalam mendukung kegiatan pengajaran oleh dosen kepada para mahasiswa. Oleh karena itu, kepada seluruh peserta diharapkan untuk dapat mempelajari dengan sungguh-sungguh seluruh materi yang disampaikan oleh para pembicara sehingga dapat membuat video pembelajaran ber-HAKI sendiri. 

DSC 01691“Dengan keberhasilan USU memperoleh akreditasi A, maka tidak boleh ada kata berhenti bagi segala upaya untuk mengantarkan USU dalam capaian universitas terbaik, baik secara nasional maupun internasional. Para dosen harus bersemangat membantu para mahasiswanya dalam melakukan riset atau penelitian. Kita mulai kegiatan pelatihan yang merupakan hal baik ini dengan niat baik pula. Dengan demikian semua tujuan yang diharapkan akan dapat berhasil dengan baik nantinya,” kata Drs Mahyuddin.

 

Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU, Elvi Sumanti, ST, M Hum, mengatakan bahwa kegiatan pelatihan pembuatan dan editor video e-learning ber-HAKI yang digelar bertujuan antara lain untuk mempermudah dan membantu proses pembelajaran bagi mahasiswa dalam kegiatan belajar dan mengajar di dalam ruang kuliah. Selain itu juga untuk meningkatkan pengetahuan para dosen  tentang kekayaan intelektual ( KI) secara umum dan khususnya hak cipta. Serta tak kalah pentingnya untuk menambah jumlah produk kekayaan intelektual (HAKI/Hak Cipta ) para civitas akademik untuk keperluan akreditas dan angka kredit dosen. 

 

Pada pemaparannya sebagai pembicara di hari pertama, Dr Widyo Nugroho, MM, yang juga berprofesi sebagai penulis skenario, memberikan pengenalan materi awal kepada para peserta mengenai video pembelajaran dan pentingnya penguasaan terhadap materi pembuatannya. Dengan memiliki ketrampilan terhadap pembuatan video pembelajaran, diharapkan proses kegiatan mengajar di kampus dapat berkesinambungan dan mencapai sasaran yang diinginkan dengan lebih cepat. Video pembelajaran merupakan alat bantu yang saat ini tengah digiatkan sejalan dengan pelaksanaan program e-learning di berbagai institusi pendidikan.

 

“Video merupakan alat pengajaran yang visible atau mudah dilihat dan dicerna. Namun untuk menjadikannya sebagai media pembelajaran apalagi yang mendapatkan status HAKI, video harus memiliki syarat jelas secara visual, bermanfaat materinya, masuk akal, terstruktur dan sah,” tandasnya.

 

Secara umum, lanjut Dr Widyo, video pembelajaran dibagi atas tiga bagian, yakni opening, content dan closing. Selain itu video juga harus memerhatikan narasi, dialog, musik dan efek suara, sehingga menghasilkan harmonisasi dan kejelasan dalam menjelaskan materi yang direkamnya.

 

Pada hari kedua, Dr Widyo, Sandi Prajaka, S Kom dan Muhammad Rikwan, SE, ME, mendampingi para peserta dalam praktek pembuatan video. Dimulai dari pembuatan narasi dan deskripsi tematik video dan syuting pengambilan gambar untuk video.

DSC 00101Sementara itu, pada hari ketiga dilakukan sesi editing dan finishing video pembelajaran yang telah dikerjakan oleh para peserta. Mayoritas peserta berhasil menuntaskan pembuatan video pembelajaran dan telah mendaftarkannya untuk mendapatkan status HAKI.

 

Kegiatan pelatihan ditutup oleh Sekretaris Universitas, Dr dr Farhat, M Ked (ORL-HNS), Sp THT-KL(K), yang menyampaikan rasa gembiranya terhadap antusiasme yang ditunjukkan para peserta selama pelatihan berlangsung. Ia optimis, tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini akan tercapai dengan baik, jika seusai pelatihan para peserta tetap bersemangat dalam membuat video-video pembelajaran selanjutnya. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada para pembicara serta seluruh panitia yang telah mensukseskan seluruh rangkaian acara. (Humas)

PetaIkonikUSU