• Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-11
    Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-11
  • Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PPDS
    Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PPDS
  • Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
    Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
  • Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
    Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi  Universitas Sumatera Utara
    Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi Universitas Sumatera Utara
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

Medan – Humas USU : Pelaksanaan kegiatan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) Universitas Sumatera Utara kembali digelar. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong peningkatan prestasi mahasiswa serta kemampuan Akademik,  wawasan dan kecintaan mahasiswa terhadap bidang studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Demikan disampaikan Kepala Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian (BKK) USU, Hotma Karo-Karo, SE, saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan ON MIPA yang berlangsung di Aula Fakultas Farmasi USU, Rabu (28/2).

IMG 7005Ditambahkannya, selain menjaring prestasi mahasiswa, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan masukan bagi perbaikan mutu pendidikan tinggi khususnya di bidang MIPA serta sebagai sarana promosi dalam rangka meningkatkan daya tarik mata kuliah Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi di tengah masyarakat.

 

Dijelaskan Hotma, kegiatan ON MIPA terbagi ke dalam 3 tahapan yaitu :

Tahap I   : Tingkat Perguruan Tinggi, yang akan menghasilkan 7 mahasiswa terbaik pada masing masing  bidang.

Tahap II   : Tingkat Wilayah yang akan menghasilkan 64 mahasiswa terbaik.

Tahap III  : Tingkat Nasional yang akan menghasilkan 20 mahasiswa terbaik.

 

“Biro Kemahasiswaan dan kealumnian USU telah melaksanakan kegiatan Seleksi ON MIPA PT bagi mahasiswa Universitas Sumatera Utara untuk tahap I. Melalui seleksi ini terjaring 7 orang mahasiswa yang mewakili USU di Tingkat Wilayah Tahap II, yang akan dilaksanakan oleh Kopertis Wilayah I. Tentunya harapan kita semua, seluruh wakil USU dapat lolos ke tahap III di Tingkat Nasional,” ungkap Hotma.

 

Acara tersebut dihadiri oleh 215 orang peserta ON MIPA yang berasal dari beberapa Fakultas yang ada di USU, diantaranya: Fakultas Pertanian 21 orang, Fakultas Teknik 52 orang, Fakultas MIPA 86 orang, Fakultas Farmasi 93 orang dan Fakultas Kehutanan 44 orang. Para peserta tersebut terbagi ke dalam  4 bidang yang akan diujikan yaitu ; Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.

IMG 7013

 Turut hadir dalam kegiatan, Koordinator Juri, Dr Nursahara Pasaribu, M Sc,  dan 8 orang juri ON MIPA 2018 yaitu ; Dr Saleha Hanum, M Si, Prof Dr Dwi Suryanto, M Sc, Dr Suyanto, M Kom, Prof Dr Tulus, Vor  Dipl. Math, M Si, Dr Cut Fatima Zuhra, M Si, Saharman Gea, S Si, M Si, Ph D, Dr Perdinan Sinuhaji, M Si dan Dr Tulus Ikhsan Nasution, S Si, M Sc.

 

Seperti yang dilansir melalui http://belmawa.ristekdikti.go.id, saat ini Direktorat Kemahasiswaan Ristekdkti sedang melakukan berbagai program untuk mencapai indikator kinerja program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, terutama pada pemenuhan jumlah mahasiswa berprestasi.

IMG 7012Dalam rangka mendorong peningkatan prestasi mahasiswa tersebut maka Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti menyelenggarakan berbagai kegiatan fasilitasi yang salah satunya adalah Olimpiade Nasional bidang Matematika dan IPA Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT). (Humas/Andi BKK).

   

         

PetaIkonikUSU