• Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-11
    Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-11
  • Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PPDS
    Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PPDS
  • Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
    Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
  • Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
    Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi  Universitas Sumatera Utara
    Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi Universitas Sumatera Utara
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

Hari ini, Jum’at (02 Maret 2018) Unit Manajemen Mutu USU mendapat kehormatan kunjungan Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Riau. Rombongan dipimpin oleh Prof. Dr. Caska, M.Si selaku Ketua LPPMP Universitas Riau dan diikuti jajaran personalia LPPMP Universitas Riau antara lain Dr. Pareng Rengi, S.Pi., M.Si (Sekretaris LPPMP Universitas Riau), Martha Mernawati, S.Sos., Msi (Kasubag Umum dan Keuangan), Tri Gunawan, S.Sos (Kasubag Data dan Informasi), Dra. Riza Yetti, M.Si (Kabag UHTL), Drs. Idjang Tjarsono (Koordinator Pusat MKWU), Dr. Efriyeldi, M.Si (Koordinator Pusat Penjaminan Mutu), Jasril (Kabag TU LPPMP). Selain itu hadir pula Prof. Usman Tanjung selaku Dekan Fakultas Keperawatan dan Dr. Firdaus, SH., MH selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Riau. Adapun dari Unit Manajemen Mutu USU hadir Dr.-Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri selaku Ketua UMM diikuti dengan seluruh personalia dan sekretariat UMM USU.

Unri 01 1024x576Setelah diawali dengan makan siang bersama, acara dibuka oleh Dr.-Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri selaku Ketua UMM USU. Selanjutnya Ibu Prof. Dr. Ir. Rosmayati selaku Wakil Rektor I USU bidang Akademik dan Kemahasiswaan memberikan kata sambutan, selamat datang dan ucapan terima kasih atas kujungan LPPMP Universitas Riau ke Unit Manajemen Mutu USU. Di dalam sambutannya, Wakil Rektor I USU menyatakan bahwa pelaksanaan penjaminan mutu internal di USU sudah dilaksanakan mulai dari tingkat Universitas, Fakultas, hingga ke Program Studi. Unit Manajemen Mutu USU merupakan penanggung jawab pelaksana penjaminan mutu internal tingkat USU. Adapun di tingkat Fakultas, pelaksana penjaminan mutu internalnya disebut dengan Gugus Jaminan Mutu (GJM) dan di tingkat Program Studi disebut dengan Gugus Kendali Mutu (GKM). Wakil Rektor I USU berharap semoga acara ini tidak hanya berakhir di pertemuan ini, tetapi dapat ditindaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan lain yang bisa dikerjasamakan.

 

Selanjutnya acara diisi dengan paparan tentang Profil UMM USU oleh Dedy Arisandi, ST., M.Kom selaku Manajer Divisi Pangkalan Data dan Sistem Informasi UMM USU dan penjelasan tentang Proses Audit Mutu Internal (AMI) yang dilaksanakan UMM USU disampaikan oleh Dr.-Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri selaku Ketua UMM USU. Di dalam penjelasannya, Dr.-Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri menyatakan bahwa proses AMI dilaksanakan untuk GJM & GKM Akademik dan GJM & GKM Non Akademik. Kegiatan AMI ini merupakan bagian dari tahapan Check dalam siklus mutu Plan-Do-Check-Action (PDCA). Sebelum kegiatan AMI dilaksanakan, terlebih dahulu diawali dengan kegiatan Monitoring Internal dan Evaluasi Diri oleh setiap GJM dan GKM. Kegiatan AMI dilaksanakan oleh Auditor Mutu Internal USU yang sebelumnya sudah terseleksi melalui Workshop Sertifikasi Internal Auditor Mutu USU.

Unri 03 1024x683Mendapatkan penjelasan di atas, Dr. Firdaus, SH., MH selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Riau merasa tertarik dan bertanya bagaimana kiatnya sehingga sistem penjaminan mutu internal di USU bisa terlaksana hingga ke tingkat Program Studi. Mendapat pertanyaan ini, Dr.-Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri selaku ketua UMM USU menyatakan bahwa penumbuhan budaya mutu hingga ke tingkat Program Studi ini membutuhkan waktu yang panjang. Hal terpenting adalah penanaman pemahaman kesadaran mutu (Quality awareness) mulai dari tingkat pimpinan Universitas, fakultas, hingga ke tingkat program studi. Selanjutnya agar program kerja UMM USU secara efektif diikuti oleh Fakultas dan Program Studi, maka Undangan kegiatan UMM yang melibatkan Fakultas dan Program Studi, ditandatangani oleh Pimpinan Universitas. Misal, untuk kegiatan Visitasi UMM ke Fakultas, undangannya ditanda tangani oleh Wakil Rektor I USU. Adapun untuk kegiatan AMI, undangannya ditanda tangani langsung oleh Rektor USU. Kiat inilah yang menjadikan Fakultas dan Program Studi memberikan perhatian penuh terhadap setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh UMM USU.

 

Prof. Dr. Caska, M.Si selaku Ketua LPPMP Universitas Riau menyatakan terima kasih atas penerimaan dan sharing pengalaman serta kiat-kiat yang sudah diberikan oleh UMM USU. Setelah kunjungan ini, LPPMP bertekad akan mengikuti jejak USU, meningkatkan capaian kinerja penjaminan mutu pendidikan tingginya. Acara diakhiri dengan pemberian cinderamata dan foto bersama.

 

PetaIkonikUSU