• Penerimaan Mahasiswa Baru 2018 Jalur SMM & SPMPD
    Penerimaan Mahasiswa Baru 2018 Jalur SMM & SPMPD
  • Pemutakhiran Data UKT
    Pemutakhiran Data UKT
  • Pengumuman Hasil SNMPTN 2018 Universitas Sumatera Utara
    Pengumuman Hasil SNMPTN 2018 Universitas Sumatera Utara
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • SNMPTN Dan SBMPTN 2018
    SNMPTN Dan SBMPTN 2018
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

MEDAN – HUMAS USU : Ir Terip Karo-Karo, MS, salah seorang dosen dari Program Studi (Prodi) Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian USU, merupakan satu dari 109 inovator terbaik di Indonesia. Karya inovasinya yang berjudul “Mengatasi Permasalahan Pengupasan Buah Pinang Dengan Cara Mendesain Mesin Kupas Pinang Tua” mengantarkannya terpilih dalam 109 Inovasi Indonesia 2017.

 

Dengan prestasi yang diraihnya, inovasi Ir Terip Karo-Karo, MS, telah menjadi bagian dari 1.045 Karya Inovasi Prospektif Indonesia yang tersimpan di database karya inovasi BIC di http://innovation.id (under development). Dengan demikian karya inovasinya akan mendapatkan prioritas dalam jasa layanan intermediasi BIC, untuk diperkenalkan kepada para pelaku bisnis atau investor yang berminat.

 

Sebelumnya, Ir Terip Karo-Karo juga telah mengukir banyak prestasi melalui berbagai karya inovasinya. Salah satunya yakni pada tahun 2010 yang menempatkan dirinya sebagai  penerima penghargaan Adhikara Rekayasa Perak, atas prestasinya dalam menghasilkan karya yang mengagumkan dan bermanfaat luas bagi pembangunan bangsa dan negara. Di tahun yang sama pula ia diminta hadir sebagai Inovator dan Pemakalah dalam Kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional Tahun 2000 di Bandung, yang difasilitasi oleh Kementerian Dalam Negeri.

terip1Ia juga pernah diundang oleh Menristek untuk hadir dalam Puncak Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-17 tahun 2012 yang dihadiri oleh Presiden RI. Hal itu terkait karya inovasinya yang berjudul “Rancang Bangun Mesin Pengupas Buah Pinang Muda Telah Lama Didambakan Oleh Petani, Pengumpul dan Pengusaha Pinang” yang masuk dalam jajaran 104 Inovasi Indonesia Prospektif 2012 Menristek RI.

 

Setelah itu, pada tahun 2014, Ir Terip Karo-Karo kembali mengukir prestasi sebagai 106 Inovasi Indonesia Prospektif 2014 Menristek RI, dengan karyanya yang berjudul “Dengan Cooper Terip Tantangan Jadi Peluang Harta Karun di Kebun Kelapa Sawit”. Di tahun yang sama pula ia mengukir penghargaan dari Pusat Rekor Indonesia dengan meraih Penghargaan Platinum Indonesia 2014 atas perannya sebagai Pemilik Usaha CV Teknologi Tepat Guna untuk kategori Terdepan Dalam Perkembagan Perusahaan.

 

Rektor USU melalui Wakil Rektor III,  Drs Mahyuddin KM Nasution, MIT, Ph D mengatakan, bahwa kegiatan-kegiatan ilmiah yang menghasilkan inovasi dan prestasi seperti yang dilakukan oleh Ir Terip Karo-Karo, MS, akan senantiasa diperhatikan serta didukung sepenuhnya oleh USU. Diharapkan pula oleh rektor, agar seluruh inovasi yang dihasilkan dapat diterapkan dan bermanfaat bagi masyarakat luas, serta memicu pertumbuhan inovator-inovator andal lainnya dari USU. (Humas)

PetaIkonikUSU