• TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Perubahan Jadwal SNMPTN 2018
    Perubahan Jadwal SNMPTN 2018
  • Pengumuman Kelulusan PPDS/MKK Periode Febuari 2018
    Pengumuman Kelulusan PPDS/MKK Periode Febuari 2018
  • SNMPTN Dan SBMPTN 2018
    SNMPTN Dan SBMPTN 2018
  • Buku Panduan Rakernas
    Buku Panduan Rakernas
  • Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister dan Program Doktor
    Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister dan Program Doktor
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Seleksi Penerimaan PPDS
    Seleksi Penerimaan PPDS
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

Medan – Humas USU : Unit Manajemen Mutu Universitas Sumatera Utara (UMM-USU) berhasil meraih penghargaan sertifikasi tertinggi ISO 9001:2015 dengan status zero finding dari British Standard Institution (BSI), yang penyerahan sertifikatnya dilakukan di Ruang Rapat Senat Akademik lt 3 Biro Pusat Administrasi, Selasa (6/2). Sertifikat ISO 9001:2015 diserahkan langsung oleh Managing Director British Standards Institution (BSI), Yuwan Bambang Handayana, kepada Rektor USU, Prof Dr Runtung, SH, MHum, didampingi Wakil Rektor I, Prof Dr Ir Rosmayati, MS, Wakil Rektor II, Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, MKed(OG), SpOG(K), Wakil Rektor IV, Prof Dr Ir Bustami Syam, MSME, Ketua UMM USU, Dr Ing Ir Ikhwansyah Isranuri dan President Director PT Qims, Achmad Tirmizi Hutasuhut, ST, MM.

UMM 3Dalam pemaparannya, Ketua UMM USU, Dr Ing Ir Ikhwansyah Isranuri mengatakan, bahwa proses perolehan sertifikat ISO 9001:2015 yang dijalani oleh UMM hanya diberikan waktu oleh BSI selama tiga bulan untuk mempersiapkannya. Padahal waktu yang biasanya diberikan adalah enam bulan. Namun, dengan dukungan yang diberikan oleh banyak pihak serta QIMS selaku konsultan pendamping, maka UMM dapat menghadapi proses penilaian dengan baik dan mendapatkan hasil terbaik, yakni status zero finding atau tidak terdapat temuan.

 

“Kami dari UMM sangat berterima kasih atas dukungan yang telah diberikan oleh banyak pihak, baik dari unsur pimpinan Rektorat maupun dari konsultan atas pendampingan dan arahannya, sehingga lebih siap menghadapi seluruh sesi penilaian” kata Dr Ikhwansyah.

 

Sementara itu, President Director PT QIMS, Achmad Tirmizi Hutasuhut, ST, MM, dalam sambutan selanjutnya menyatakan, bahwa prestasi yang telah ditorehkan UMM USU merupakan capaian istimewa mengingat status zero finding sebelumnya jarang diperoleh oleh berbagai instansi ataupun lembaga yang dinilai oleh BSI.

 

Menurutnya, apa yang telah didapatkan UMM USU merupakan bukti bahwa UMM USU telah berhasil membangun  dan menginterpretasikan sistem manajemen mutu sesuai persyaratan yang tertera dalam ISO 9001:2015. Hal ini juga merupakan bukti komitmen USU dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dengan menginterpretasikan mutu dan kepuasan pelanggan.

UMM 1“Komitmen yang tinggi dari UMM telah mengantarkan hasil terbaik dan luar biasa ini. Dan kami dari QIMS turut berbangga karenanya. Selain itu, kami juga ingin menyampaikan penghargaan dan rasa terima kasih atas kepercayaan pihak UMM USU yang telah memberi kepercayaan kepada QIMS untuk mendampingi sebagai konsultan dalam membangun sistem dan mengimplementasikan ISO 9001:2015,”ujar Achmad Tarmizi.

 

Pada kesempatan tersebut, Achmad Tirmizi jua memberikan masukan untuk USU untuk lebih mendukung, memantapkan dan mempertahankan hasil yang telah dicapai. Masukan itu disebutkannya sebagai konsep 3 S, yakni strategi, sistem dan SDM.

 

Untuk strategi, Achmad memandang perlu dilakukan penajaman sasaran strategis, dengan indikator mutu dari output tri darma perguruan tinggi yang secara rutin dimonitor pencapaiannya. Dalam hal sistem dibutuhkan sinkronisasi antara UMM dengan pencapaian Gugus Jaminan Mutu (GJM) dan Gugus Kendali Mutu (GKM) agar tercapai efektivitas dan efisiensi dan peningkatan mutu tri darma perguruan tinggi. Sedangkan dalam bidang SDM, struktur organisasi UMM perlu ditingkatkan menjadi lembaga karena diperlukan staf yang fokus untuk membangun dan memonitor sistem implementasi manajemen.

 

Yuwan Bambang Handayana  sebagai Managing Director British Standards Institution (BSI) juga menyampaikan ucapan selamat kepada UMMM USU atas prestasi luar biasa yang dicapai dalam peraihan sertifikat ISO 9001:2015. Lebih lanjut ia memaparkan profil BSI sebagai badan sertifikasi terbesar di dunia yang telah menghasilkan 70 ribu standard yang menjadi best practice dan bisa diadopsi. Selain itu, Yuwan juga menjelaskan tentang ISO 9001:2015 yang diklaim sebagai standard yang dipakai untuk mencapai ketahanan operasional untuk dapat mencapai tujuan. Ia juga menjelaskan bahwa manajemen sistem juga harus disesuaikan dengan kompetensi manusia yang ada agar sistem dapat berjalan dengan. Menurutnya, ISO Implementasi harus dipaksakan saat mengaplikasikannya, agar dapat menjadi lebih terbiasa dan terbiasa.

UMM 2Adapun Rektor USU, Prof Dr Runtung, SH, MHum, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat serta terima kasih kepada tim UMM yang dipimpin oleh Dr Ing Ir Ikhwansyah Isranuri serta pendampingan dari PT QIMS atas pencapaian prestasi tertinggi tersebut. Menurutnya seluruh kerja keras dan komitmen yang dilakukan oleh UMM harus dilanjutkan untuk mendapatkan lebih banyak hal-hal dan peluang-peluang baik.

 

“Bagaimanapun, proses yang benar akan mendatangkan kualitas hasil yang baik, di mana kebaikannya merata. Langkah-langkah yang telah ditetapkan dari awal, harus dilaksanakan dengan konsisten. Terlebih UMM selama ini telah memiki siklus –siklus kegiatan dan langkah-langkah untuk menjaga mutu kelulusan mahasiswa USU.”

 

“Kita di USU harus memiliki sistem manajemen yang baik, agar pergantian personil tidak akan membawa kemunduran ataupun ketidakteraturan. Kita juga harus mampu menerapkan prinsip ‘mendengar, lalu kerjakan’. Jangan alergi dengan kritik, khususnya kritik yang membangun, karena pasti akan membawa perbaikan yang positif,” tandas Rektor.

 

Pada bagian akhir ia mengharapkan semoga dengan didapatkannya ISO 9001:2015 ini, dapat semakin meningkatkan kualitas lulusan USU serta menjadi semangat untuk membangun USU yang lebih baik ke depannya.

 

Kegiatan tersebut ditutup dengan penyerahan cenderamata dari PT QIMS dan BSI kepada Rektor USU serta berfoto bersama dengan para undangan yang berasal seluruh fakultas dan unit kerja yang ada di lingkungan USU. (Humas)

PetaIkonikUSU