• Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-11
    Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-11
  • Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PPDS
    Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PPDS
  • Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
    Pengumuman Hasil Seleksi Progran Ekstensi 2018
  • Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
    Dies Natalis Universitas Sumatera Utara
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi  Universitas Sumatera Utara
    Ucapan Terima Kasih Rektor Atas Akreditasi Universitas Sumatera Utara
  • TALENTA
    TALENTA
  • Tata Nilai Utama BINTANG
    Tata Nilai Utama BINTANG
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

Medan – Humas USU :  Universitas Sumatera Utara (USU) telah selesai melaksanakan sosialisasi SBMPTN dan SNMPTN 2018 bagi SMU dan SMK yang ada di 17 kota/kabupaten yang ada di Sumatera Utara, yang dimulai dari tanggal 30 hingga 1 Februari 2018. Tim yang diturunkan oleh USU disambut dengan antusias oleh para kepala sekolah, Kepala UPT Dinas Pendidikan setempat dan perwakilan dari berbagai SMU serta SMK yang ada di daerah-daerah tersebut.

Sosialisasi SBMPTN 4Adapun 17 kota/kabupaten yang dikunjungi oleh Tim Sosialisasi SBMPTN dan SNMPTN USU tercatat di antaranya Kota Medan, Binjai,  Tebingtinggi, Pematang Siantar, Deli Serdang, Rantau Parapat, Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Padangsidempuan, Tanjung Balai, Serdang Bedagai, Tapanuli Selatan, Sibolga, Dairi, Stabat, Asahan dan Simalungun.

Sosialisasi SBMPTN 5Dalam pertemuan tersebut, para pemateri memaparkan berbagai hal yang terkait dengan pelaksanaan SBMPTN, Bidik Misi dan SNMPTN. Mulai dari ketentuan dan persyaratan umum, prosedur, pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), jadwal dan pengumuman hasil seleksi serta hal-hal lain yang berkembang dari pertanyaan para peserta yang menghadiri kegiatan sosialisasi.

Sosialisasi SBMPTN 3Umumnya para kepala sekolah dan unsur dari Dinas Pendidikan di kota/kabupaten yang menjadi lokasi sosialisasi berharap agar jumlah anak didik mereka yang diterima di  USU dalam seleksi SBMPTN maupun SNMPTN tahun ini lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. 

Sosialisasi SBMPTN 6

SBMPTN 2018 merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tulis atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan yang dilakukan oleh PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil UTBC atau UTBK, atau kombinasi hasil ujian tulis dan/atau ujian keterampilan.

Sosialisasi SBMPTN 1Pelaksanaan SBMPTN tahun 2018 terdiri atas Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2016, 2017, dan 2018 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2016, 2017, dan 2018. Pendaftaran SBMPTN 2018 dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://www.pendaftaran.sbmptn.ac.id. (Humas)

PetaIkonikUSU