17Agustus2016
bannerDiesUSU
loading...

AKADEMIK

loading...

PENELITIAN

loading...

PENGABDIAN MASYARAKAT

loading...

Lainnya

loading...

Medan: Pelaksanaan ujian tulis UMB-PT (Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi) Tahun 2016 pada Panitia Penyelenggara Lokal Universitas Sumatera Utara (PPL-USU) yang digelar kemarin (Minggu, 24/07/’16) dan diikuti oleh 5.404 peserta berlangsung dengan tertib dan lancar.
Demikian disampaikan Rektor Universitas Sumatera Utara Prof Dr Runtung SH MHum melalui Ka Humas USU Bisru Hafi SSos MSi selepas melakukan peninjuan kebeberpa fakultas yang menjadi lokasi atau tempat ujian tulis UMB-PT di kampus universitas tersebut.

 

Dalam peninjauan yang dilakukan itu, Rektor USU juga didampingi oleh Wakil Rektor II DR Muhammad Fidel Ganis Siregar, Wakil Rektor III Drs Mahyuddin PhD, dan unsur pimpinan teras USU lainnya. Berkenannya Rektor melakukan peninjauan langsung pelaksanaan ujian tulis tersebut ke beberapa lokasi ujian adalah dalam rangka monitoring dan eveluasi (monev). Beberapa fakultas yang dikunjungi Rektor antara lain, pelaksanaan ujian tulis di Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Kedokteran, ungkap Bisru.
Sementara itu menurut keterangan Wakil Rektor II atau WR 2 USU DR Muhammad Fidel Ganis Siregar yang juga turut serta dalam rombongan peninjauan menuturkan, “pelaksanaan UMB-PT 2016 atau ujian seleksi masuk untuk mahasiswa program S1 Mandiri USU ini diikuti oleh sekitar 5.404 orang peserta dengan perincian, peserta kelompok IPA 2.974 orang, peserta kelompok IPS 2.283, dan peserta kelompok IPC 147 orang. Jumlah peserta ini sedikit meningkat dibanding tahun lalu, ungkapnya. Untuk yang difabel terdapat satu orang peserta tuna netra bernama Desmon Daniel Tua Pakpahan yang ikut di kelompok Soshum Campuran.

 

Dijelaskannnya pula, fakultas yang menjadi lokasi atau tempat pelaksanaan ujian yaitu, untuk kelompok IPA di Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Kedokteran Gigi, untuk kelompok IPS di Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Keperawatan; sedangkan untuk kelompk IPC ujian berlangsung hanya di satu fakultas saja yaitu di Fakultas Ilmu Komputer dan TI, ungkap DR Fidel.
Ujian dimulai pukul 08.00 s/d 09.30 WIB yang diikuti oleh Kelompok Peserta SAINTEK dan Campuran dengan mata ujian Test Nalar Sains. Selanjutnya pada pukul 10.00 s/d 12.00 WIB ujian digelar kembali dan diikuti oleh ketiga kelompok ujian yakni, Kelompok Peserta SAINTEK, SOSHUM dan Campuran. Pada paruh kedua waktu pelaksaan ujian ini, materi test yang diujikan adalah Test Nalar Matematika dan Bahasa. Sedangkan pada sesi ketiga yaitu pada pukul 13.15 s/d 14.45 WIB ujian hanya diikuti oleh Kelompok Peserta SOSHUM dan kelompok Campuran saja dengan mata ujian Test Nalar Ilmu Sosial, tutur WR 2 USU ini.

 

Dalam keterangan tambahan yang disampaikan Wakil Rektor III USU Drs Mahyuddin PhD, “tahapan kegiatan UMB-PT 2016 ini diawali dengan Pendaftaran Online pada lamanhttps//penerimaan.spmb.or.id sejak 16 Mei - 22 Juli 2016, Pembayaran di Bank BNI 16 Mei - 22 Juli, Ujian Tulis dilaksanakan pada Minggu 24 Juli 2016, dan Pengumuman hasil seleksi ini dijadwalkan akan diumumkan pada tanggal 31 Juli 2016 melalui laman website www.spmb.or.id. Alokasi daya tampung  USU untuk seleksi mandiri ini diperkirakan sekitar 2.009 kursi untuk 47 program S1 mandiri USU”, imbuhnya.
Sebagaimana dilansir dalam pemberitaan harian ini sebelumnya, ujian UMB-PT dilaksanakan secara bersama dan serentak oleh 14 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se Indonesia yaitu, Universitas Sumatera Utara (Medan), Universitas Syiah Kuala (Banda Aceh), Universitas Malikussaleh (Lhokseumawe),  Universitas Teuku Umar (Meulaboh),  Universitas Samudra (Langsa), Universitas Andalas (Padang), Instirut Seni Indonesia (Padangpanjang), Universitas Maritim Raja Ali Haji (Tanjungpinang), Universitas Jambi (Jambi), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Banten), Univeritas Terbuka, Universitas Palangka Raya (Palangka Raya), dan Universitas Borneo Tarakan (Tarakan) dan Universitas Udayana (Denpasar) dengan persyaratan untuk mengikuti ujian yaitu, lulusan SMA, MA, SMK, dan SMA Luar negeri (yang sudah mendapat penyetaraan dari Kemristekdikti) yang merupakan lulusan tiga tahun terakhir yaitu tahun 2014, 2015 dan 2016”.
Untuk PPL USU Medan, panitia seleksi UMB-PT ini diketuai oleh Prof Dr Rosmayati MSi yang juga adalah Wakil Rektor I USU. Sedangkan pilihan program studi S1 Mandiri yang menjadi pilihan peserta sewaktu melakukan pendaftaran yaitu sebanyak 47 program studi terdiri dari, Pendidikan Dokter, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Pendidikan Dokter Gigi, Matematika, Kimia, Farmasi, Fisika, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Agroekoteknologi, Keteknikan Pertanian, Biologi, Agribisnis, Ilmu dan Teknologi Pangan, Peternakan, Arsitektur, Ilmu Keperawatan, Kehutanan, Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Manajemen Sumber Daya Perairan, Teknik Lingkungan (untuk pilihan kelompok IPA), dan Ilmu Hukum, Ilmu Sejarah, Antropologi Sosial, Akuntansi, Sosiologi, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Politik, Sastra Indonesia, Sastra Daerah untuk Sastra Melayu, Sastra Daerah untuk Sastra Batak, Sastra Inggris, Sastra Arab, Etnomusikologi, Sastra Jepang, Ilmu Perpustakaan, Sastra Cina, Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis, serta Psikologi (untuk pilihan kelompok IPS). Demikian disampaikan dan terima kasih.

 
Medan, 24 Juli 2016
 
Humas

Back to top