banner-ICCAI-2016
BannerFakultasUSU-1
BannerFakultasUSU-2

AKADEMIK

loading...

PENELITIAN

loading...

PENGABDIAN MASYARAKAT

loading...

Lainnya

loading...

Latar Belakang

Berdirinya Fakultas Sastra diawali dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi Ilmu Pengetahuan Nomor: 190/1965 terhitung mulai 25 Agustus 1965. Pada awalnya Fakultas Sastra hanya mempunyai satu jurusan yakni jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan jumlah mahasiswa 45 orang. Kemudian pada awal tahun 1966, Fakultas Sastra memperoleh gedung sendiri yang terletak dibahagian depan Sekolah TK Dharma Wanita USU, tetapi gedung ini sangat kecil. Setahun kemudian Fakultas Sastra mendapat tambahan gedung eks PU di Jl. Prof. Muhammad Yusuf, tapi masih juga sangat minim dan tidak memenuhi syarat untuk perkuliahan karena ruangannya hanya empat buah, dua ruang untuk perkuliahan dan dua ruang untuk administrasi.

Pada tahun 1966 Jurusan Sastra Inggris dibuka dengan jumlah mahasiswa 50 orang. Tahun 1967 Fakultas Sastra dipindahkan ke gedung Pancasila (sekarang Gedung Pendopo USU), luasnya sudah memenuhi syarat tetapi ada kendala mengenai air dan lampu yang tidak memadai. Pada tahun 1968 di buka jurusan Sejarah tetapi belum ada kegiatan karena mahasiswanya belum ada dan pada tahun 1970 adalah tahun pertama menerima mahasiswa. Tahun 1972 Fakultas Sastra memperoleh tiga unit Gedung permanen. Tahun 1979 dibuka Jurusan Sastra Daerah untuk Sastra Batak. Pada tahun ini juga dibuka Jurusan Etnomusikologi satu-satunya yang ada di Indonesia sampai tahun 1989, Selanjutnya pada tahun 1980 dibuka Program Studi S1 Bahasa Arab, Jurusan Antropologi, dan Jurusan Ilmu Perpustakaan, namun pada tahun 1983 Jurusan Ilmu Perpustakaan ditutup dan sebagai gantinya dibuka Program Studi D3 Perpustakaan. Sedangkan Jurusan Antropologi dipindahkan ke FISIP USU sesuai dengan SK Rektor USU No. 163/PTO5/SK/0/86 tanggal 4 Mei 1986. Perkembangan Fakultas Sastra USU telah banyak diketahui oleh masyarakat kota maupun sampai ke daerah yang berwawasan bahasa dan sastra secara keseluruhan di lingkungan daerah Sumatera Utara sampai ke Selatan.

 

Pada tanggal 30 Januari 2010 dalam rapat Dewan Pertimbangan Fakultas (DPF) yang diketuai oleh Prof. Syaifuddin, MA, Ph.D dan beranggotakan 25 orang telah menghasilkan keputusan untuk mengubah nama Fakultas Sastra menjadi Fakultas Ilmu Budaya, dan hasil Rapat Dewan Pertimbangan Fakultas (DPF) tersebut kemudian diusulkan kepada Rektor Universitas Sumatera Utara.

Pengusulan nama ini kemudian disetujui dan diterbitkan Surat Keputusan perubahan namanya oleh Rektor USU (Prof. Dr. dr. Syahril Pasaribu, DTM&H, M.Sc (CTM), Sp.A(K) pada tanggal 5 April 2011 dengan SK No. 981/H5.1.R/SK/PRS/2011 untuk selanjutnya nama Fakultas Sastra USU menjadi Fakultas Ilmu Budaya.

 

Visi     : 

Pada tahun 2020, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara maju sebagai pusat pendidikan, penelitian dan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bidang ilmu kemanusiaan yang diunggulkan dan menguasai teknologi informasi.

 

Misi     :

  • Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berorientasi pada manajemen organisasi modern.
  • Meningkatkan dan memberdayakan dukungan dana dan peraturan secara optimal.
  • Meningkatkan sumber daya manusia dalam penguasaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  • Meningkatkan peran aktif stakeholders untuk kepentingan Fakultas Ilmu Budaya sebagai lembaga pendidikan
  • Meningkatkan kreatifitas dan kualitas pendidikan yang berorientasi pada kepentingan publik.

                                                                                                                                                                      

Jurusan/Program Studi :

 

 

Diploma  Sarjana  Magister Doktoral 
Ilmu Perpustakaan  Sastra Indonesia   Penciptaan dan Pengkajian Seni   Linguistik
Bahasa Inggris   Sastra Inggris   Ilmu Sejarah   
Bahasa Jepang   Ilmu Sejarah   Linguistik  
 Pariwisata  Sastra Daerah     
   Etnomusikologi     
   Sastra Arab     
  Sastra Jepang     
  Ilmu Perpustakaan     
  Sastra Cina    

 

Alamat

Jl. Universitas No. 19

Kampus USU, Medan 20155

Tel.          : +62 61 8215956

Fax          : +62 61 8215956

 

 

loading...

Back to top