banner-ICCAI-2016
BannerFakultasUSU-1
BannerFakultasUSU-2

AKADEMIK

loading...

PENELITIAN

loading...

PENGABDIAN MASYARAKAT

loading...

Lainnya

loading...

Latar Belakang

Penyediaan layanan Teknologi Informasi (TI) diselenggarakan oleh Pusat Sistem Informasi (PSI), suatu divisi yang mengelola pelayanan akses terhadap infrastruktur teknologi informasi dan lingkungannya baik di dalam maupun diluar kampus. Penyediaan layanan TI dimaksudkan terutama untuk memudahkan sivitas akademika (mahasiswa dan tenaga pendidik) mengakses seluruh spektrum sumber daya informasi dan pengetahuan berbasis elektronik  baik yang disediakan oleh Universitas maupun yang tersedia secara global untuk mendukung proses pembelajaran dan penelitian sebagai program utama Universitas. Selain itu, infrastruktur TI juga digunakan untuk mendukung Sistem Informasi Manajemen (SIM) Universitas.

 

Seluruh sivitas akademika dan staf Universitas dapat menggunakan layanan akses jaringan di dalam kampus secara gratis baik melalui jaringan kabel dan terminal PC maupun jaringan tanpa kabel (wireless) yang tersedia di seluruh gedung dan sekitarnya di dalam kampus. Penyediaan fasilitas jaringan tanpa kabel atau Wifi ditujukan bagi mereka yang memiliki laptop. Layanan akses jaringan Universitas diberi stiker logo USUNETA untuk memudahkan para sivitas akademika mengidentifikasi lokasi dimana layanan tersebut tersedia untuk digunakan.

 

PSI merupakan bagian dari organisasi Perpustakaan dan Sistem Informasi. Perpustakaan dan Sistem Informasi mempunyai struktur organisasi yang terdiri dari dua divisi yang masing-masing menyelenggarakan sistem pelayanan Perpustakaan Universitas dan cabang-cabangnya dan pelayanan akses terhadap infrastruktur TI dan lingkungannya.

PSI mempekerjakan sejumlah tenaga spesialis di bidang TI yang meliputi antara lain programmer, systems analyst, dan systems engineer.

 

Visi      : 

"Menjadi Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi yang mampu memberikan pelayanan prima dalam mendukung USU sebagai universitas untuk industri". Hal ini berarti bahwa dalam setiap pelayanan yang diberikan, PSI akan memperhatikan kualitas atas jasa yang diberikan bagi setiap pemangku kepentingan universitas untuk mendukung terwujudnya tujuan yang telah ditetapkan oleh universitas. Mencapai visi ini tidaklah mudah, namun dengan komitmen yang tinggi dari pimpinan akademik dan administrasi, PSI akan mampu menjadi pusat pelayanan TIK yang prima untuk kepentingan USU.

 

Misi     : 

Menyediakan infrastruktur teknologi informasi, perangkat lunak dan dukungan teknis yang memungkinkan peningkatkan kualitas, perluasan akses terhadap informasi dan pengetahuan dan peningkatan efisiensi dan efektifitas seluruh sivitas akademika dan manajemen operasional Universitas.

 

Salah satu fungsi PSI adalah memfasilitasi perangkat lunak yang mencakup seluruh aspek manajemen untuk mendukung pemberdayaan semua unit manajemen Universitas sehingga mampu secara profesional memberikan pelayanan yang efisien bagi sivitas akademika. Sasaran yang ingin dicapai adalah terbentuknya suatu sistem informasi terintegrasi yang didukung oleh perangkat lunak SIM yang handal untuk mendukung keseluruhan fungsi Universitas dalam hal pelayanan informasi manajemen termasuk pemrosesan  transaksi, pengambilan keputusan, proses pembelajaran dan penyediaan informasi bagi para pemangku kepentingan Universitas.

Perangkat lunak aplikasi SIM yang tersedia dikelompokkan ke dalam 4 kategori yaitu sistem Manajemen Akademika, Sistem Manajemen Pengetahuan, Sistem Manajemen Sumber Daya, Sistem Manajemen Hubungan Komunitas yang keseluruhannya terdiri dari 14 modul (subsistem). Selain itu, saat ini sedang dikembangkan Sistem Informasi Eksekutif (SIE) yang berfungsi untuk mengumpulkan data dari modul-modul diatas untuk keperluan pengambilan keputusan pada tingkat yang lebih tinggi.

  • Sistem Manajemen Akademika : Sistem ini bertujuan untuk menggantikan sistem lama yang telah berjalan menggunakan scanable form. Proses akademika berlangsung mulai dari penerimaan mahasiswa baru hingga kelulusan mahasiswa. Sistem Informasi Akademik digunakan untuk mengelola administrasi dan data akademik pada unit fakultas/program studi.
  • Sistem Manajemen Pengetahuan : Sistem  ini terdiri dari sejumlah modul aplikasi yang berfungsi untuk mengelola aset pengetahuan (jurnal, buku, perpustakaan, hasil penelitian) secara elektronik, terdiri atas Sistem Informasi Perpustakaan, Sistem Informasi Penelitian, E-Learning, dan Digital Library.
  • Sistem Manajemen Sumber Daya : Sistem ini terdiri dari beberapa modul aplikasi yang berfungsi untuk mengelola aset sumber daya USU yang terdiri atas: Sistem Informasi Kepegawaian, Sistem Informasi Keuangan dan Akuntansi, dan Sistem Informasi Manajemen Aset.
  • Sistem Manajemen Hubungan Komunitas : Sistem ini terdiri dari: portal Web USU, sistem informasi alumni dan sistem rekrutmen kerja online.

Sistem Informasi Eksekutif (SIE) adalah sistem berbasis web untuk melakukan integrasi data dengan sistem-sistem aplikasi yang ada di lingkungan USU dengan tujuan menyajikan laporan-laporan untuk menunjang eksekutif dalam mengambil keputusan. Dengan kemampuan integrasi data yang ada pada SIE maka proses penyediaan laporan-laporan untuk kebutuhan eksekutif bisa dilakukan dengan cepat dan akurat. Arsitektur SIE sebagai muara data dari sistem-sistem yang ada untuk keperluan tingkat eksekutif.

 

Alamat

Jl. Universitas No. 9

Kampus USU, Medan 20155

Tel.          : +62 61 8213793

Fax          : +62 61 8213793

loading...

Back to top