bannerDiesUSU
loading...

AKADEMIK

loading...

PENELITIAN

loading...

PENGABDIAN MASYARAKAT

loading...

Lainnya

loading...

Medan-USU: Berbicara mengenai Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tentunya bukan hanya sebatas tantangan saja, tetapi yang sebenarnya adalah bagaimana memanfaatkan peluang yang ada. Misalnya bagaimana produk-produk Indonesia dapat bersaing di Pasar ASEAN, demikian juga dengan tenaga kerja Indonesia seperti profesi Dokter, Arsitek, Perawat, Akuntan dan sebagainya sehingga dapat diterima dan bekerja dengan baik di negara-negara kawasan ASEAN.

 Selanjutnya, untuk mendapatkan kepercayaan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN, Indonesia juga harus dapat mempersiapkan kualitas maupun pelayanan yang baik pada beberapa bidang terkait, seperti Akademisi, Bisnis dan Pemerintahan. Sementara untuk infrastruktur, Indonesia telah menunjukkan perkembangan kearah yang lebih baik.

Demikian diungkapkan Plt. Gubernur Sumatera Utara Ir. T. Erry Nuradi, M.Si ketika membuka secara resmi Seminar Nasional yang bertemakan “Sumatera Utara Mempersiapkan Sumber Daya Kompeten Dalam Menjawab Tantangan MEA”.

 Acara seminar yang diprakarsai oleh Koperasi Jasa Universal Serbaneka Usaha (KOPJAUSU) dan bekerjasama dengan USU dilaksanakan di gedung Gelanggang Mahasiswa USU pada Selasa 3/05/2016. Tampak hadir sebagai pembicara seminar atau narasumber diantaranya, Deputi Bidang Advokasi Penggerakkan dan Informasi BKKBN dr. Abidinsyah Siregar, DHSM, M.Kes, mantan Dubes RI untuk Polandia 2006-2010 Hazairin Pohan, SH, MA, Wakil Rektor IV USU Prof. Bustami Syam, Kepala BBPLK Kemenaker Fahrul Rozi, SH, MM dan dimoderatori oleh Prof. Dr. Muhammad Zikal Hamzah, ME.

Dalam kesempatan ini ada beberapa hal yang menjadi fokus pembicaraan seminar, diantaranya; Kompetensi Tenaga Kerja, Percepatan Sertifikasi dan mengendalikan Tenaga Kerja Asing yang akan di kelola oleh Kemenaker  dan untuk kompetensinya diharapkan dapat dikelola oleh Pemprovsu dan USU.

Hadir juga dalam acara seminar tersebut Rektor Universitas Sumatera Utara Prof. Dr. Runtung, SH, M.Hum, Wakil Rektor II Dr. dr. Fidel Ganis Siregar, WR III Drs. Mahyuddin, Ph.D, WR IV Prof. Dr. Bustami Syam dan WR V USU Ir. Luhut Sihombing, MP.

 Pada pidato sambutan Rektor USU, Prof. Runtung mengatakan, USU memberikan Apresiasi yang tinggi terhadap pelakasanaan acara Seminar ini. “Seminar ini merupakan salah satu bentuk perhatian Alumni USU Jakarta dan sekaligus mendorong agar para civitas akademisi USU bangkit mempersiapkan diri dalam menghadapi MEA yang telah dibelakukan sejak awal 2016.

Tentunya dalam menghadapi MEA nantinya, USU juga mesti mempersiapkan para Alumni yang bekualitas. Hal tersebut juga tidak terlepas dari kualitas dan kerjasama diantara tenaga pendidik dan kependidikan yang ada  di USU”, demikan ungkap Prof. Runtung.

Pada kesempatan tersebut Prof. Runtung  juga berpesan kepada para alumni USU, untuk selalu mengingat almamaternya. “Atas kerjasama kita semua termasuk para Alumni USU dimanapun berada, mudah-mudahan USU dapat kembali kita tingkatkan kualitasnya” demikian Prof. Runtung.

Sementara itu pada sambutan yang disampaikan oleh Ir. Alfan Lumbardo, SE, MM selaku Ketua Panitia seminar nasional mengungkapkan bahwa hasil dari seminar ini nantinya diharapkan dapat memberikan satu rekomendasi bagi pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan yang ada di SUMUT dalam rangka memajukan Sumber Daya Manusia menghadapi tantangan maupun peluang pada masyarakat Ekonomi ASEAN  atau MEA. (and/Humas).     

Back to top