Rektor USU Prof. Syahril Pasaribu mewisuda sebanyak 2.159 mahasiswa USU yang lulus periode Februari-Mei 2012. Wisuda Periode III tersebut berlangsung selama tiga hari Senin-Rabu, (28-30/5) di Gedung Auditorium USU. Wisudawan terdiri dari 212 Mahasiswa Program Pascasarjana, 8 Mahasiswa Program Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis, 24 Mahasiswa Program Pendidikan Spesialis, 16 Mahasiswa Program Dokter Jenjang Magister dan 220 Mahasiswa Program Pendidikan Profesi serta untuk Program Sarjana terdiri dari 1.529 Mahasiswa dan 150 Mahasiswa Program Diploma.

 

Dari 2.159 lulusan, baik dari Program Pascasarjana, Program Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis, Pendidikan Spesialis, Program Dokter Jenjang Magister, Pendidikan Profesi Sarjana maupun Diploma terdapat 832 Pria (38,54%), dan 1.327 Wanita (61,46%). Dengan demikian jumlah lulusan Sekolah Pascasarjana, Program Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis, Pendidikan Spesialis, Program Dokter jenjang Magister, Pendidikan Profesi, Program Sarjana dan Program Diploma USU sampai sekarang adalah 132.637 orang. Pada kesempatan tersebut, rektor mengumumamkan nam-nama lulusan yang berprestasi, diantaranya Ukhti Akbar yang berasal dari Fakultas Kedokteran dengan IPK 3.88 dari Program Sarjana dan Feny Chandra dari Fakultas Ekonomi dengan IPK 3.90 dari Program Diploma III.

 

Dalam sambutannya rektor memaparkan bahwa pada tanggal 10 sampai 31 Mei ini USU kembali membuka kesempatan untuk lulusan SMA sederajat untuk melanjutkan studi ke USU melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri jalur ujian tertulis. Tahun ini USU memperkirakan akan menerima sebanyak 3.117 orang calon mahsiswa baru. Dengan tarif SPP bersubsidi maka para calon mahasiswa baru yang akan diterima tersebut nantinya akan menempati kursi pada 47 program studi jenjang S-1 sesuai pilihannya.

 

Lebih lanjut rektor mengatakan tujuan dilaksanakannya SNMPTN jalur Ujian Tertulis ini adalah untuk memprediksi keberhasilan calon mahasiswa dalam menyelesaikan studi nantinya secara tepat waktu. Dijadwalkan ujian tertulis bagi seleksi ini akan dilaksanakan selama dua hari yaitu bertepatan dengan tanggal 12 dan 13 Juni 2012. Sedangkan untuk pengumuman hasil ujiannya dijadwalkan dilakukan pada tanggal 7 Juli 2012. Diharapkan tahapan seleksi yang diikuti 64 Perguruan Tinggi Negeri ini dapat berlangsung dengan aman, tertib dan lancar sehingga akan terpilih calon mahsiswa yang memiliki keunggulan atau prestasi dalam bidang akademik.

 

Di akhir sambutannya rektor berpesan agar wisudawan yang telah dilantik jangan cepat puas dengan apa yang telah diraih. Teruslah bekerja keras dan bila memungkinkan ditingkatkan kualifikasi keilmuan ke jenjang yang lebih tinggi lagi seperti ke jenjang Pascasarjana ataupun profesi. Pada kesempatan itu pula selain memimpin prosesi wisuda, Rektor juga memberikan cinderamata kepada lima staf pengajar yang memperoleh gelar doktor dan magister dari luar USU. Masing-masing berasal dari FMIPA, Fakultas Pertanian, FIB dan Fakultas Kedokteran. (vie/humas).

Back to top