AKADEMIK

loading...

PENELITIAN

loading...

PENGABDIAN MASYARAKAT

loading...

Lainnya

loading...

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Mr. Yoshinori Katori berkunjung ke Universitas Sumatera Utara pada Senin, (11/07). Beliau didampingi oleh Mrs. Ersuko Katori, Konjen Jepang di Medan Yuji Hamada, serta seorang sekretaris Kedubes Jepang di Jakarta Mr. Kazuya Kaneko yang juga bertindak sebagai penterjemah dan pemandu. Kedatangan rombongan Kedubes Jepang ini disambut hangat oleh para Pembantu Rektor USU seperti Prof. Armansyah, Prof. Zulkifli Nasution, Prof. Ningrum Natasya Sirait dan Prof. Eddy Marlianto.

 

Dalam pertemuan itu, Dubes Jepang untuk Indonesia tersebut mengatakan bahwa kunjungannya ke Medan ini adalah untuk kali pertama selama ia menjabat Dubes Jepang untuk Indonesia. Ia juga berencana akan berkunjung ke Aceh guna mengadakan pertemuan dengan anak-anak korban Tsunami yang pernah memberikan semangat kepada masyarakat Jepang yang baru mengalami musibah tsunami Maret llalu.

 

Mr. Yoshinori yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Duta Besar Jepang untuk Israel dan ASEAN ini mengatakan bahwa ia juga sangat berterimakasih kepada rakyat Indonesia atas bantauan Indoensia pada musibah tsunami yang terjadi Maret lalu, melalui kedatangan Presiden dan ibu Yudhoyono yang berkunjung ke Jepang Juni lalu. Hal itu menunjukkan bahwa hubungan Indonesia dan Jepang sangat erat apalagi Jepang pernah berada di Indonesia sebelum kemerdekaan. Ia juga menambahkan bahwa kedatangannya ke USU untuk meningkatkan kerjasama yang sudah ada menjadi lebih baik lagi. Sebelumnya Jepang sangat memberikan perhatian kepada USU dengan memberikan bantuan-bantuan seperti pembangunan Compost Center yang dibangun di Fakultas Pertanian atas bantuan pemerintah Jepang. Juga memberikan bantuan kepada Jurusan Bahasa dan Sastra Jepang dalam bentuk pengajaran bahasa Jepang kepada mahasiswa Jurusan Bahasa Jepang serta membuat kegiatan Festival Budaya Jepang setiap tahunnya yang diadakan di Fakultas Ilmu Budaya USU.

 

Prof. Zulkifli Nasution yang mewakili Rektor USU dalam sambutannya mengatakan bahwa USU sangat menyambut kedatangan Dubes Jepang untuk Indonesia di Medan. Beliau mengkisahkan kedatangan Jepang ketika pertama sekali memasuki wilayah Sumatera Utara melalui Kuala Tanjung yang sekarang berada di wilayah Kabupaten Batubara. Dikatakan juga bahwa Sumut memiliki kekayaan budaya dan penduduknya sangat heterogen. Sumut juga sudah merasakan bantuan Jepang dalam bentuk kerjasama terutama dalam pembangunan pabrik pengolahan aluminium dan pembangkit listrik INALUM di Kabupaten Asahan.

 

Pertemuan ini diakhiri dengan pertukaran cendera mata antara kedua belah pihak serta berfoto bersama. Acara dilanjutkan dengan pertemuan antara rombongan Kedubes Jepang dengan civitas akademika USU di ruang IMT-GT lantai 2. (vie)

loading...

Back to top