Program hibah penelitian dosen yang bersumber dari dana Masyarakat USU dimaksudkan sebagai kegiatan penelitian dalam rangka membina dan mengarahkan peneliti USU untuk meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan penelitian di perguruan tinggi.
Cakupan program ini adalah penelitian-penelitian yang meliputi bidang kesehatan, hukum, sosial-humaniora, pertanian, MIPA, pendidikan, rekayasa, ekonomi, agama, sastra-filsafat, psikologi, seni, dan budaya. Penelitian ini terutama diperuntukkan bagi dosen yang belum mempunyai jabatan fungsional Lektor Kepala dan belum bergelar doktor dari perguruan tinggi.

Selain untuk mengarahkan dan membina kemampuan meneliti, program ini juga diharapkan dapat menjadi sarana latihan bagi dosen untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah baik lokal maupun nasional terakreditasi. Setelah penelitian selesai, para peneliti diwajibkan untuk menyerahkan laporan hasil penelitian, luaran publikasi ilmiah, dan diharapkan dapat melanjutkan penelitiannya ke program penelitian lain yang lebih tinggi. Tujuan

Tujuan dari penelitian dosen pemula

  • untuk mengarahkan dan membina kemampuan meneliti dosen
  • menjadi sarana latihan bagi dosen pemula untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah, baik lokal maupun nasional terakreditasi.

Luaran Penelitian

Luaran wajib dari Penelitian Dosen Pemula ini adalah publikasi ilmiah dalam jurnal nasional terakreditasi.

Luaran tambahan yang diharapkan dari penelitian ini adalah:

  • prosiding pada seminar ilmiah baik yang berskala lokal, regional maupun nasional
  • pengayaan bahan ajar.

 

Pedoman Penyusunan Penelitian Dana PNBP

Back to top