17Agustus2016
bannerDiesUSU
loading...

AKADEMIK

loading...

PENELITIAN

loading...

PENGABDIAN MASYARAKAT

loading...

Lainnya

loading...

MEDAN-USU : Mewujudkan program peduli pendidikan nasional, Tanoto Foundation bersama dengan Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian (BKK) USU menggelar acara Expo Beasiswa Tanoto pada Jumat (19/02/2016). 

Acara yang dilaksanakan di Gedung Peradilan Semu Universitas Sumtera Utara ini dihadiri oleh Mahasiswa USU dari bebagai Fakultas yang ada USU. Pada kegiatan ini, para peserta terlihat begitu antusias karena didalam acara ini dijelaskan tentang profil Tanoto Foundation, syarat – syarat untuk mendapatkan beasiswa Tanoto Foundation serta manfaat yang akan didapat jika peserta berhasil mendapatkan program beasiswa Tanoto Foundation atau yang dikenal dengan “Tanoto Scholars”.

Hadir dalam acara ini Sekretaris USU Drs. Lian Dalimunthe, M.Ec. Ac, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian (BKK) USU Dra. Hindun Pasaribu dan perwakilan dari Tanoto Foundation Tonny H Hasibuan, Yanno dan Popo. 

Dalam sambutannya, Sekretaris USU Drs. Lian Dalimunthe menyambut baik kegiatan ini dan berharap agar Tanoto Foundation dapat terus melanjutkan program yang sangat bermanfaat bagi kemajuan generasi bangsa Indonesia. “Untuk itu kami berharap Tanoto Foundation tetap memberi bantuan kepada Universitas Sumatera Utara terutama kepada mahasiswa baik berupa beasiswa, bantuan dana penelitian maupun kegiatan – kegiatan mahasiswa lainnya. Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada pihak Tanoto Foundation, semoga Tanoto Foundation semakin jaya," Demikian Drs. Lian Dalimunthe.

Selain penjelasan mengenai National Champion Scholarship Tanoto Foundation, kegiatan ini juga dirangkai dengan acara lainnya seperti pengenalan karir di RGE, talkshow dari alumni TSA Medan dan tanya jawab. Tanoto Foundation pada tahun ini kembaliakan mewujudkan misinya dalam menjawab permasalahan pendidikan. Di USU sendiri, seperti yang pernah tercatat di Humas USU, Tanoto Foundation juga pernah mengadakan beberapa kegiatan penjaringan dana hibah. Pada Tahun 2014, melalui kegiatan “Tanoto Student Resarch Award”, 52 peserta berjuang memperebutkan total dana hibah Tanoto Foundation sebesar Rp. 100.000.000. Sedangkan di tahun 2015, melalui tajuk kegiatan yang sama, pada tahun 2015 sebanyak 124 peserta berjuang memperebutkan total dana hibah Tanoto Foundation yang juga sebesar Rp. 100.000.000.

Tanoto Foundation didirikan pada tahun 2001 oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto. Tanoto Foundation merupakan sebuah sarana perwujudan kepedulian terhadap sesama untuk mengatasi kemiskinan. Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto berkeyakinan, setiap orang memiliki hak yang sama dalam memperoleh kehidupan yang baik dan menjadi anggota masyarakat yang produktif. Salah satu hal utama yang diperlukan dalam mencapai kehidupan yang lebih baik adalah pendidikan. Namun demikian, pendidikan tidak dapat berjalan sendiri, melainkan harus didukung oleh pemberdayaan yang dapat memaksimalkan potensi ekonomi individu, rumah tangga dan komunitasnya. Selanjutnya, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat tersebut memerlukan dukungan dari lingkungan, baik berupa infrastruktur maupun berbagai fasilitas, sehingga masyarakat secara bersama-sama juga dapat meningkatkan kualitas hidupnya. 

Tanoto Foundation memiliki visi untuk menjadi pusat unggulan dalam penanggulangan kemiskinan melalui pendidikan, pemberdayaan dan peningkatan kualitas hidup. Pada bidang pendidikan, Tanoto memberi dukungan terhadap peningkatan akses dan mutu pendidikan di Indonesia.( humas)

Back to top