banner-ICCAI-2016
BannerFakultasUSU-4
BannerFakultasUSU-1
BannerFakultasUSU-2

AKADEMIK

loading...

PENELITIAN

loading...

PENGABDIAN MASYARAKAT

loading...

Lainnya

loading...

MEDAN-USU: Plt Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi menerima kunjungan Rektor Universitas Sumatera Utara Prof. Runtung, SH, MHum, dan segenap jajaran pimpinan USU lainnya di ruang kerjanya pada Selasa (19/04/2016). Rektor USU yang diterima Plt Gubsu mengatakan kedatangan mereka adalah dalam rangka memperkenalkan jajaran Wakil Rektor saat ini periode 2016-2021, yakni Wakil Rektor II Dr. dr. M Fidel Ganis Siregar, MKed, SPOG; Wakil Rektor III Dr. Mahyuddin KM Nasution; Wakil Rektor IV Prof. Bustami Syam; dan Wakil Rektor V Luhut Sihombing. Sementara Plt Gubsu saat itu didampingi oleh Assisten Kessos OK Zulkarnain dan Kepala Biro Hukum Sulaiman.

 Didepan Rektor USU dan Wakil Rektor, Plt Gubsu mengucapkan selamat atas terpilihnya Rektor dan Wakil Rektor periode 2016-2021. HT Erry Nuradi mengatakan, bahwa USU saat ini menjadi salahsatu universitas yang diminati di tanah air. Dia meminta agar jajaran pimpinan USU pada periode ini dapat  membangun super team yang solid dan dapat berjalan baik sehingga membawa USU menjadi universitas yang terbaik diluar Pulau Jawa dan membanggakan Sumatera Utara. Plt Gubsu juga meminta agar peran alumni yang saat ini diperkirakan mencapai 150 ribu orang diberdayakan dengan maksimal sehingga bisa menjadi potensi luar biasa untuk memajukan USU.

Plt Gubsu berharap dalam periode kepemimpinan USU kali  ini, USU menjadi universitas yang unggul dengan kualitas lulusan yang handal, dapat diterima disegala bidang pekerjaan, apalagi saat ini MEA sudah berada didepan mata dengan persaingan dan kompetisi yang ketat.

 

Sementara  Rektor USU Prof. Runtung menjelaskan saat ini USU dibangun dan dikelola untuk menjadi universitas yang lebih baik lagi. Dikatakannya, proses itu sedang berjalan seiring dengan proses penyusunan kepemimpinan yang sedang berlangsung, dimana saat ini adalah tahap penjaringan dekan di tingkat fakultas. “Kami rencanakan di akhir Mei 2016 semua pimpinan di fakultas dan tingkat program studi akan dilantik, “ ujar Prof. Runtung.

Pada periode ini juga, jelasnya, ada penambahan satu fakultas yakni Fakultas Kehutanan yang sebelumnya SK pembentukannya sudah ditandatangani pada masa Rektor 2010-2015, sehingga saat ini fakultas yang ada di USU menjadi 15 fakultas. “Untuk selanjutnya nanti juga akan bertambah  dengan Fakultas Sumber Daya Perairan yang terpisah dari Fakultas Pertanian, “ kata rektor.

Untuk meningkatkan akreditasi, lanjutnya, USU juga akan mendirikan Klinik Publikasi Ilmiah yang ditujukan bagi para dosen sebagai wadah dan motivasi bagi mereka dalam menghasilkan karya ilmiah dan sebagai tempat konsultasi untuk mempublikasi karya tulisnya ke jurnal internasional.

“Salahsatu syarat meningkatnya akreditasi suatu institusi adalah banyaknya jumlah karya ilmiah yang dimuat di jurnal internasional, kendala bagi dosen adalah mereka tidak tahu mau dipublikasikan ke jurnal yang mana, dengan adanya klinik ini permasalahan yang mereka hadapi dari mulai teknik penulisan hingga publikasi bisa terarah dan terselesaikan,“ ucap Prof. Runtung.

Untuk itu, katanya, dengan adanya klinik khusus ini juga dapat memudahkan pengusulan guru besar, sebab dengan bertambahnya guru besar maka akreditasi kampus juga meningkat. Beliau berharap dengan didirikannya Klinik Publikasi Ilmiah tersebut dapat memotivasi para dosen untuk lebih semangat lagi dalam menghasilkan karya tulis ilmiah dan penelitian. “Untuk mendukung hal tersebut USU akan memberikan insentif kepada dosen yang memuat tulisannya di jurnal internasional, “ tutur Prof. Runtung.(humas)

loading...

Back to top