• Selamat Tahun Baru Islam - 1 Muharram 1439 H
    Selamat Tahun Baru Islam - 1 Muharram 1439 H
  • Dies Natalis USU ke-65
    Dies Natalis USU ke-65
  • Lapangan Softball
    Lapangan Softball
  • Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana
  • Gelanggang Mahasiswa
    Gelanggang Mahasiswa
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
    Fakultas Kesehatan Masyarakat

MEDAN- USU: “Satu hal yang perlu kita ingat dari Bapak Koperasi kita, yaitu Bung Hatta, beliau pernah mengatakan, bahwasanya tujuan Koperasi bukanlah untuk mencari laba sebesar-besarnya, melainkan untuk melayani dan mencukupi kebutuhan bersama para anggotanya."

kpn 2Demikian ungkap Wakil Rektor II Universitas Sumatera Utara DR. dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar M.Ked (OG), Sp.OG(K) ketika memberi sambutan didalam acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Biro Rektor USU yang berlangsung pada Jumat (18/03/2016).

 

Dr. M. Fidel juga menambahkan pentingnya suatu kejujuran dalam menjalankan dan menjadi anggota koperasi “Apa yang harus dipegang teguh oleh anggota dan pengurus, tentunya adalah kejujuran. Disamping itu perlu juga adanya keterbukaan, tanggung jawab dan kepedulian terhadap sesama anggota. Berdasarkan laporan yang saya terima bahwa banyak sekali kegiatan KPN Biro Rektor USU yang telah menunjukkan kepedulian terhadap sesama anggota, diantaranya mengunjungi anggota yang sedang sakit atau sedang ditimpa musibah kemalangan," ungkap dr. M. Fidel.

kpn1Acara RAT KPN Biro Rektor USU yang berlangsung di gedung Auditorium USU ini juga dihadiri oleh Ketua KPN Biro Rektor USU Adi Susanto, SE, Rombongan dari PKP-RI kota Medan yang menjabat sebagai Ketua I dan Sekretaris, dan para PNS Biro rektor USU. “Sudah menjadi kewajiban Pengurus Koperasi Pegawai Negeri Biro Rektor USU membuat Laporan Pertanggung jawaban pada setiap tahunnnya, tentunya ini bertujuan untuk memberi gambaran tentang sejauh mana Kinerja yang telah dicapai selama setahun ini. Menjadi pengurus KPN Biro Rektor USU diperlukan suatu keikhlasan, pengabdian dan pengorbanan. Melalui RAT ini, kami dari pengurus menginginkan agar seluruh anggota mengetahui hasil dari laporan ini dan kiranya juga dapat memberikan masukan yang berguna bagi perkembangan Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Biro Rektor USU," ungkap Adi dalam laporan pertanggung jawaban RAT KPN Biro Rektor USU.

kpn 3Saat ini jumlah anggota koperasi Pegawai Negeri Biro Rektor USU telah mencapai 480 orang yang tercatat hingga 31 Desember 2015. Para anggota KPN Biro Rektor USU saat ini juga tersebar diberbagai unit kerja USU seperti Biro Pusat Admnistrasi USU, lembaga–lembaga dan UPT–UPT. Bagi para pegawai USU yang baru diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil secara otomatis akan menjadi anggota KPN Biro Rektor USU. Sedangkan bagi pegawai yang berstatus dimutasi dari unit lainnya diluar USU maupun dari luar USU diberi pilihan untuk menjadi anggota atau tidak. KPN Biro Rektor juga telah mengembangkan kerjasamanya dengan beberapa mitra kerja, seperti; PKP–RI kota Medan, Asuransi Jiwa Kumpulan Ekawaktu Proteksi Kredit Bumi Putra Medan, PT. Pohon Pinang Marquisa, PT. ALPHA ScorpII Yamaha Medan. Adi juga menjelaskan bahwa dalam rangka penegmbangan Usaha/Operasional, Koperasi telah melaksanakan kegiatan yang mengarah pada perbaikan kesejahteraan anggota yaitu salah satunya dengan menurunkan Suku Bunga dari 1,5% perbulan atau 18% setahun menjadi 1% perbulan atau 12% setahun. Sesuai dengan catatan laporan kegiatan dan keuangan Januari 2015 hingga Desember 2015, Sisa Hasil Usaha (SHU) PKN Biro Rektor USU adalah sebesar Rp. 318.786.000. SHU PKN Biro Rektor USU juga telah dibagi kepada seluruh anggota sehingga para anggota KPN Biro Rektor USU dapat secara bersama merasakan manfaat dari keberadaan KPN Biro Rektor USU.(Humas)