Sekretaris USU Hadiri Penyaluran Zakat Pemprovsu

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"InsyaAllah budaya untuk berzakat ini pasti kita semua yakin sudah oleh seluruh muslim di lingkungan di universitas sumatera utara, baik mahasiswa dan tenaga pendidik, sampai Prof. Fidel"



HUMAS USU - Sekretaris Universitas Sumatera Utara (USU), Prof. Dr. dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar M.Ked(OG), Sp.O.G, Subsp.F.E.R., turut serta dan berpartisipasi dalam acara menyalurkan zakat yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut). Penyerahan zakat tersebut dari seluruh instansi yang terkait di Provinsi Sumatera Utara, termasuk di Perguruan Tinggi, yang dilaksanakan di Aula Raja Inal Siregar, pada Rabu (03/04/2024).


Universitas Sumatera Utara sebagai Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTN BH) yang mayoritas civitas akademiknya adalah muslim, harus menyadari bahwa zakat sangat penting dan wajib untuk dilaksanakan. Hal ini sejalan dengan yang disampaikan, Prof. Fidel, meyakini jika seluruh muslim yang ada di USU sudah membayar zakat, terutama pada bulan ramadhan tahun ini.


“InsyaAllah budaya untuk berzakat ini pasti kita semua yakin sudah oleh seluruh muslim di lingkungan di universitas sumatera utara, baik mahasiswa dan tenaga pendidik,” sampainya.


Prof Fidel juga memaknai bahwa makna zakat secara bahasa adalah suci, berkah dan berkembang, sedangkan menurut istilahnya adalah pemberian daripada harta. Zakat tak hanya menjaga hubungan dengan Sang Pencipta tetapi juga menjaga hubungan baik sesama manusia.


“Jadi rukunnya wajib. Zakat ini merupakan salah satu dari lima rukun islam,” ujarnya.


Pada kesempatan ini, PJ Gubsu Mayor Jenderal TNI (Purn) Hasanudin, menyebutkan Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) daerah Pemprovsu dari waktu ke waktu semakin baik dalam penyaluran zakat di Kota Medan. Ia juga berpesan bahwa pemberi dan penerima zakat mendapat berkah di bulan yang suci ini.


“Mudah-mudahan tingkat kesadaran kita bagi kita yang memberi dan menerima. Kita tenang (yang memberi) dan yang menerima bahagia,” pesannya.

Kehidupan Kampus
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down