Aktivitas peduli lingkungan saat ini semakin banyak dilakukan utamanya oleh anak-anak muda sebagai bentuk kesadaran terhadap kondisi alam yang semakin memburuk. Pada tanggal 6-8 Januari 2017 Mahasiswa Sosiologi USU mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan mendirikan “Sekolah Alam Untuk Bumi Hijau” di kawasan Ekowisata Mangrove Kelurahan Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan. Kegiatan pengabdian tersebut dihadiri oleh Camat Medan Belawan Rudi Faisal Lubis MSP, Lurah Belawan Sicanang Aidil Yusra, Kepala Biro Lingkungan Hidup Kota Medan Soneta SH, M.Si, Ketua Kelompok Mangrove Rusmiono serta beberapa dosen sosiologi dari FISIP USU.

Canang 1Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberi pendidikan luar sekolah bagi anak-anak yang putus sekolah dengan memanfaatkan potensi alam mangrove.“Disini ada 6.000 anak yang mengalami putus sekolah dengan berbagai alasan di antaranya faktor kemiskinan. Dengan adanya sekolah alam ini sangat membantu anak-anak nelayan bisa menikmati dunia pendidikan melalui sekolah alam ini. Sekolah alam ini tidak mengikat waktu dan tempat bagi mereka. Pulang menangkap ikan mereka tetap bisa mengikuti proses belajar. Saya sangat mendukung dengan apa yang dilakukan oleh anak-anak sosiologi ini.”, kata Bu Arma selaku pengelola mangrove.

Canang 2Di sekitar sekolah alam ini juga dilakukan penanaman 1000 bibit Mangrove oleh mahasiswa FISIP USU. Selain dari bentuk kepedulian terhadap lingkungan juga merupakan bentuk partisipasi mahasiswa dalam menanggulangi banjir rob dan abrasi yang selalu melanda daerah pesisir Sicanang. Seperti yang disampaikan oleh Bapak camat Medan Belawan bahwasanya “Waktu itu sicanang ini belum begini adanya, begitu banyak kemajuan yang telah terjadi di daerah ini dan itu hasil dari swadaya masyarakat sendiri.” Sicanang dipilih sebagai lokasi penanaman mangrove karena daerah tersebut sebagai satu-satunya wilayah pengembangan mangrove di Belawan.

Canang 3Acara ini dimulai dengan kata Sambutan dari perwakilan dosen dan humas USU yaitu Bapak Bisru Hafi S.Sos M.Si kemudian di lanjutkan oleh sambutan pak Rudi Faisal Lubis, kemudian di teruskan oleh Badan Lingkungan Hidup provinsi Sumatera Utara Ibu Soneta, SH, M.Si dan ditutup oleh ketua kelompok pengelolah ekowisata Pak Rusmiono.