• Selamat Tahun Baru Islam - 1 Muharram 1439 H
    Selamat Tahun Baru Islam - 1 Muharram 1439 H
  • Dies Natalis USU ke-65
    Dies Natalis USU ke-65
  • Lapangan Softball
    Lapangan Softball
  • Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana
  • Gelanggang Mahasiswa
    Gelanggang Mahasiswa
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
    Fakultas Kesehatan Masyarakat

 

Pijar, Medan. Suatu negara akan mampu membangun apabila memiliki wirausahawan sebanyak dua persen dari jumlah penduduk total. Hingga kini, Indonesia masih membutuhkan tenaga wirausahawan untuk mendongkrak perekonomian negara. Dengan semakin bertambahnya jumlah wirausahawan, tentu akan meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan. Kualitas kesejahteraan masyarakat pun dapat merangkak naik.

 

Karenanya, Student Enterpreneurship Center (SEC) Universitas Sumatera Utara (USU) mengundang para mahasiswa dalam Workshop Business Plan. Pelatihan ini diselenggarakan pada Selasa, 13 Juni 2017, di Ruang Sidang Lantai 2 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) USU. Dimulai sejak pukul 09.00 WIB, acara dibuka oleh Wakil Dekan I Fisip USU, Husni Thamrin, S.Sos, MSP. Adapun tujuan pelatihan ini adalah untuk merangkul lebih banyak mahasiswa agar terjun dalam dunia kewirausahaan.

IMG 7259 1

Usai pembukaan, pelatihan dilanjutkan dengan sesi materi. Syafrizal Helmi selaku dosen dari Fakultas Ekonomi Bisnis USU, menjadi narasumber pada materi pertama. Beliau menerangkan beberapa hal penting terkait dunia wirausaha. Game changing, create your name market, and make a collaboration. Tiga poin tersebut menjadi catatan yang disampaikan oleh Syafrizal. Selain itu, ia pun mengurutkan tiga jenis calon pengusaha sukses, antara lain innovators, connectors, dan adaptors.

 

“Saat ini, kalau bicara soal wirausaha, jangan langsung mulu-mulu orientasinya profit. Karena untuk tren bisnis di zaman sekarang ini telah mengarah kepada bisnis sosial. Jadi, selain bisa membantu diri sendiri, tentu bisa bermanfaat bagi orang lain,” ungkap Syafrizal dalam pemaparannya.

 

Pelatihan ini diikuti oleh lebih dari 100 mahasiswa USU. Selain digelar di Fisip USU, pun berlangsung di Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) USU. Selain materi pembuka tentang kewirausahaan, SEC juga menghadirkan Dra. Lisa Marlina, M.Si untuk mengupas seputar manajemen pengelolaan keuangan dalam berwirausaha.

IMG 7277 1

SEC USU sendiri memiliki satu program wirausaha berkelanjutan, yaitu Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Program ini terbuka untuk semua mahasiswa USU, mulai dari yang membutuhkan dana usaha hingga yang baru ingin membuat sebuah usaha. Namun, pada dasarnya dana yang digulirkan kepada mahasiswa dengan rencana usaha terpilih, bersifat hibah ‘tanggung jawab’. Alias, mahasiswa yang mendapatkan dana diharapkan konsisten dan kontinyu dalam menjalankan usaha.

 

Pada kenyatannya, para pengusaha saat ini dominan memilih merancang usahanya di kota-kota besar. Padahal, sejumlah daerah di Indonesia masih perlu dikembangkan. Dengan adanya PMW SEC USU, diharapkan mampu meningkatkan angka wirausahawan muda yang lahir dari kampus hijau Sumatera Utara ini. (RGA/Pijar)