• Rakernas Live Stream
    Rakernas Live Stream
  • Buku Panduan Rakernas
    Buku Panduan Rakernas
  • Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister dan Program Doktor
    Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister dan Program Doktor
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Seleksi Penerimaan PPDS
    Seleksi Penerimaan PPDS
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar Workshop Quacquarelli Symonds (QS) Ranking yang mengambil tema “Sinergizing and Sharing Experience in Building USU’s Capability to Accelerate Toward QS Ranking”, bertempat di Ruang Rapat Senat Akademik lantai II Gedung BPA USU, jl Dr Mansyur Medan, Jumat (22/12). Workshop dibuka oleh Wakil Rektor I USU, Prof Dr Ir Rosmayati, MS dan diikuti oleh sekira 150 peserta yang berasal dari fakultas-fakultas dan unit-unit kerja yang ada di USU.

QS Ranking 3

Kegiatan tersebut diisi dengan pemaparan narasumber yang terdiri dari Prof Dr Tusrin Bin Yusof selaku Director Strategic Planning & Risk Management Office University Tun Hussein Onn Malaysia, Kepala Pusat Kajian Kerjasama Internasional dan Inovasi Universitas Mercu Buana Jakarta, Prof Dr Ing Darwin Sebayang, Ketua IKA FT se-Jabodetabek, Ir Nasri Sebayang, MBA, dan Staf Ahli Rektor USU, Prof dr Gontar Alamsyah Siregar, Sp PD, KGEH.

 

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I USU, Prof Dr Ir Rosmayati, MS, menyampaikan apresiasi atas digelarnya kegiatan Workshop Quacquarelli Symonds (QS) Ranking USU yang bertujuan untuk merintis pengakuan internasional terhadap USU. Berbagai program kerja yang telah maupun akan dilaksanakan serta peningkatan kualitas pendidikan yang giat dilakukan oleh USU merupakan upaya untuk merintis perangkingan internasional melalui Badan Ranking Universitas Dunia (QS Ranking).

QS Ranking 2Dengan demikian, lanjut Prof Rosmayati, terselenggaranya workshop diperlukan dalam mencapai pengakuan atas kualitas mutu pendidikan yang ada di USU dan memotivasi seluruh tenaga pengajar untuk melakukan kerja dan pengabdian terbaiknya kepada universitas khususnya, serta masyarakat pada umumnya.  Ia berharap, pada 2018 mendatang USU dapat masuk ke dalam peringkat terbaik di QS Ranking. Karena reputasi internasional yang didapatkan melalui sistem ranking dan rating ini  akan memiliki pengaruh dalam ketersediaan lulusan yang siap pakai dan berkualitas serta dibutuhkan oleh pasar kerja, baik dalam skala nasional maupun internasional.

 

Seluruh program ke depannya  diharapkan mampu sejalan dengan point dan kriteria penilaian QS Ranking yang mencakup kriteria teaching, employibility, internationalization, inclusiveness dan social responsibility

QS Ranking 1Prof dr Gontar Alamsyah Siregar, Sp, PD, KGEH, yang tampil sebagai pembicara pertama menampilkan materi pengenalan terhadap QS Ranking dan Rating di Universitas Sumatera Utara. Sementara pembicara kedua, Prof Dr Yusri bin Yusof menampilkan materi “Experience of UTHM to Get QS Ranking, such as Organization, Preparing Curriculum, Document and Schedulling”, dan sebagai penutup pemaparan tentang “A Contribution of Alumni and Its Networking in the Acceleration of USU Toward QS Ranking” yang disajikan oleh Ir Nasri Sebayang, MBA dan Prof Dr Ing Darwin Sebayang. (Humas)

Video