• Buku Panduan Rakernas
    Buku Panduan Rakernas
  • Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister dan Program Doktor
    Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister dan Program Doktor
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Seleksi Penerimaan PPDS
    Seleksi Penerimaan PPDS
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
  • Lalu Lintas Wisuda USU
    Lalu Lintas Wisuda USU

MEDAN – HUMAS USU :  Kantor Humas Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar kegiatan Kemah Kerja dan Pelatihan Jurnalistik, yang berlangsung dari tanggal 12 hingga 14 Desember 2017, bertempat di kawasan Camping Ground Simalem Resort, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.‎ Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor I USU, Prof Dr Ir Rosmayati, MS, didampingi Kepala Humas, Promosi dan Protokoler, Elvi Sumanti, ST, MHum, dalam seremoni yang dirangkaikan dengan acara makan malam bersama di Kodon-Kodon Cafe and Restaurant Simalem Resort.

Kemah 2

Wakil Rektor I USU, Prof Dr Ir Rosmayati, MS, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang baru digelar untuk pertama kalinya ini. Menurutnya, kemah jurnalistik sesuai dengan fokus utama program yang dicanangkan Rektor USU, yakni rebranding, penataan organisasi dan penguatan jaringan.

 

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Sejak awal kami memang ingin mendorong mahasiswa agar dapat memperbanyak kegiatan yan‎g bermanfaat untuk masyarakat, termasuk mempromosikan prestasi-prestasi USU. Ada banyak prestasi yang dicapai baik oleh mahasiswa USU maupun para dosen dan peneliti. Namun semua itu jarang sekali diekspos oleh media. Maka dengan adanya kegiatan ini diharapkan berbagai capaian tersebut dapat disebarluaskan ke masyarakat, sehingga mampu mengangkat citra dan akreditasi USU,”tuturnya.

 

Sementara itu, Kahumas USU, Elvi Sumanti, ST, MHum, dalam kesempatan yang sama mengatakan, “Kemah jurnalistik ini diselenggarakan untuk menggali potensi dan memoles ketrampilan jurnalistik mahasiswa USU. Dengan demikian mampu membantu Humas USU dalam mendapatkan berita-berita terbaik yang ada di USU, untuk disebarluaskan ke masyarakat, baik melalui website USU maupun ke berbagai media massa yang menjadi mitra publikasi USU.”

Kemah 3

Dalam kesempatan terpisah yang masih dalam kegiatan Kemah Jurnalistik, Elvi juga mengatakan bahwa,“Tujuan dari diadakannya kegiatan ini tidak lain, bagaimana agar mahasiswa  memiliki dasar-dasar  ‎ilmu jurnalistik, baik itu cara membuat konten berita dengan menulis, membuat video, poster, dan juga teknik fotografi,” ujarnya saat diwawancarai.

 

Bila peserta sudah mengetahui dasar-dasar ilmu jurnalistik, diharapkan para mahasiswa khususnya yang aktif dalam Pers Mahasiswa, bisa aktif mempromosikan ‎kegiatan kampus dan prestasi USU  di media sosial mereka masing-masing.

 

Sementara itu, ‎Rusli Harahap, CEO Indigo yang juga alumni Universitas Sumatera Utara, selaku salah seorang narasumber dalam kegiatan tersebut mengatakan, tren masyarakat saat ini sudah mengalami perubahan, dari yang awalnya hanya menjadi penikmat konten sekarang sudah mulai menjadi produsen.

 

“Semua konten yang diproduksi koran, televisi, radio, media online dan lain-lain juga sudah bisa diproduksi oleh masyarakat. Di google dan medsos ada banyak tulisan, foto, meme, film pendek, infografis, motion grafis, bahkan animasi yang diproduksi masyarakat,” tuturnya. ‎

Kemah 1

Dengan demikian, menurutnya ada tiga tugas utama Pers Mahasiswa yang harus dimasifkan. Pertama, membuat konten-konten tentang kegiatan dan prestasi kampus. Kedua, mendorong para mahasiswa dan pelajar untuk membuat konten tentang kegiatan dan prestasi kampus. Dan ketiga, mendistribusikan, menyebarkan konten-konten tentang kegiatan dan prestasi kampus lewat BBM, whatsapp, media sosial, dan internet.

 

“Bila ini dilakukan, saya yakin akan sangat membantu tugas Humas USU,” jelas Rusli yang pernah menjabat sebagai pimpinan media Suara USU.

 

Kemah Jurnalistik diikuti oleh 47 mahasiswa USU dari Pers Mahasiswa, perwakilan Fakultas serta perwakilan Pema USU. Dalam kegiatan tersebut juga terpilih lima peserta terbaik dalam mengikuti seluruh program.(Humas/Ibnu Hariansya)

Video