• Buku Panduan Rakernas
    Buku Panduan Rakernas
  • Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister dan Program Doktor
    Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister dan Program Doktor
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Seleksi Penerimaan PPDS
    Seleksi Penerimaan PPDS
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
  • Lalu Lintas Wisuda USU
    Lalu Lintas Wisuda USU

Pijar/USER, Medan. Memperingati tahun ke-38 hari jadi Teknik Kimia Universitas Sumatera Utara (USU), Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia USU bekerja sama dengan Ikatan Alumni Teknik Kimia USU menyelenggarakan puncak acara Dies Natalis dengan mengusung tema “Semangat untuk Mengabdi dan Berinovasi” pada Sabtu (25/11).  Sebelumnya, rangkaian Dies Natalis Teknik Kimia USU telah dilaksanakan sejak sejak 20 Oktober 2017,  dengan beragam kompetisi tingkat mahasiswa, donor darah, hingga agenda pengabdian masyarakat.

FTKimia 1

Rangkaian acara hari ini diawali dengan Talkshow  “Chemical Engineer in Future Living” yang disampaikan oleh para alumni Teknik Kimia USU. Acara dilanjutkan dengan tari persembahan Melayu,  tari Tor Tor, tari Saman, hiburan oleh alumni dan diakhiri dengan pengumuman lomba-lomba seperti poster penelitian, merancang politik, recycle competition dan fotografi contest.

 

“Temanya ‘semangat untuk mengabdi dan berinovasi’, karena kita sebagai mahasiswa harus mengabdi pada masyarakat, dan berinovasi itu penting untuk Indonesia. Dalam ruang lingkup Teknik Kimia sendiri, banyak penelitian-penelitian yang harus diaplikasikan kepada masyarakat,” ujar Rizky Ambara Ritonga selaku ketua panitia.

FTKimia 2

Selanjutnya Rizky menyampaikan beberapa contoh aplikasi Teknik Kimia yang dilakukan selama satu bulan pelaksanaan Dies Natalis, antara lain menyelenggarakan tutorial pembuatan sabun secara langsung kepada masyarakat di Belawan. Selain itu, mereka juga mendemonstrasikan kepada siswa SMK Bahari Hang Tuah Belawan mengenai tutorial lab teknik kimia seperti pembuatan biodiesel, pembuatan komposit dan lain-lain.

 

Sementara itu sebagai mahasiswa baru, ini merupakan kali pertama bagi Satria Bima (Teknik Kimia 2017) mengikuti Dies Natalis Teknik Kimia. Menurutnya ia merasa senang, karena mengetahui Dies Natalis merupakan perayaan paling besar di Teknik Kimia USU. “Harapan saya kepada panitia, semoga bisa lebih kreatif lagi dalam pelaksanan selanjutnya. Untuk Teknik Kimia yang sekarang sudah akreditasi A, semoga selanjutnya bisa mencapai akreditasi internasional,” harap Satria antusias. (Diva Vania/Nadya Htg)

Video