• Buku Panduan Rakernas
    Buku Panduan Rakernas
  • Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister dan Program Doktor
    Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister dan Program Doktor
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Seleksi Penerimaan PPDS
    Seleksi Penerimaan PPDS
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
  • Lalu Lintas Wisuda USU
    Lalu Lintas Wisuda USU

Medan – Humas USU : Universitas Sumatera Utara melepas3.457 orang lulusannya dalam Prosesi Wisuda Periode I Tahun Akademik 2017-2018, yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 20 hingga 21 Nopember 2017, bertempat di Gedung Auditorium USU, Jl Dr Mansyur Medan. Jumlah wisudawan/i tersebut berasal dari Program Diploma, Sarjana S1, Pendidikan Profesi, Program Dokter Jenjang Magister, Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis, Program Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis, Program Pasca Sarjana S2 dan Program Pasca Sarjana S3.

Wisuda 2017 1Dari 3.457 orang lulusan USU tersebut sebanyak 1.248 orang atau sebesar 36,10% pria dan 2.209 orang atau 63,90%   wanita. Dengan demikian, jumlah lulusan USU hingga saat ini pada usianya yang ke 65 tahun, untuk semua jenjang strata pendidikan telah berjumlah 188.642 orang.

 

Menyikapi hal tersebut, dalam sambutannya Rektor USU, Prof Dr Runtung, SH, M Hum, mengatakan bahwa, tingginya persentase kelulusan wisudawati merupakan trend globalisasi bangkitnya kepemimpinan kaum perempuan. Hal itu tentu merupakan fenomena yang menggembirakan untuk mendukung semakin maju dan berperannya kaum perempuan dalam pembangunan.

 

Pada kesempatan tersebut, Rektor menyampaikan perkembangan terkini beserta prestasi prestisius yang telah berhasil ditorehkan oleh USU, baik dalam lingkup nasional maupun internasional.Untuk hasil penelitian, USU berhasil naik dari peringkat 51 pada Tahun 2016 menjadi peringkat 21 pada Tahun 2017.

Wisuda 2017 3Untuk jajaran PTN di Indonesia capaian produk inovasi dari 4 yang ditargetkan pada tahun 2017, USU berhasil mencapai 13 produk. Hasil demikian berarti melampaui 300% dari realisasi target dan menempatkan USU pada peringkat 2 di jajaran PTN seluruh Indonesia di bawah ITS yang berhasil mencatatkan 15 produk inovasi.

 

Jumlah inovasi yang telah terbit sertifikat patennya juga terus mengalami peningkatan. Saat ini USU telah memiliki 11 Paten dan memiliki 30 permohonan Paten lagi yang masih dalam proses pendaftaran ke Ditjen Kekayaan Intelektual.

 

Jumlah artikel dosen dan mahasiswa yang dimuat pada jurnal Internasional bereputasi juga terus meningkat.  USU saat ini berada pada peringkat 13 di jajaran PTN/PTS se-Indonesia.

Wisuda 2017 4Menurut Rektor, dengan telah diresmikannya pembangunan Kampus II USU di Kuala Bekala yang memiliki luas 300 ha dan akan diikuti dengan Kampus III di Tambunan seluas 500 ha, sebagai pengembangan dari Kampus I Padang Bulan seluas 120 ha, maka USU akan menjelma sebagai kampus terluas di seluruh Indonesia.  USU juga sudah menyusun proposal dan dipresentasikan di BAPPENAS untuk mendirikan Saint Techno Park (STP) di atas lahan seluas 40 ha di Kampus Bekala, yang direncanakan menjadi kawasan industri dan badan usaha USU serta  tempat berpraktek bagi para mahasiswa. Dengan demikian diharapkan lulusan USU nantinya memiliki tingkat kompetensi yang tinggi dan siap pakai di tengah masyarakat.

 

Dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap USU, Rektor juga menegaskan kembali komitmennya sejak dilantik menjadi Rektor pada Januari 2016  bersama-sama seluruh Sivitas Akademika USU, tenaga kependidikan dan dukungan para  alumni, berjuang keras meningkatkan jumlah program studi yang terakreditasi A dan B. Hasilnya terjadi peningkatan sangat signifikan. Dari 156 Program Studi yang tersebar di 15 Fakultas dan 1 Sekolah Pascasarjana, saat ini 45 Program Studi telah memiliki akreditasi A dan 83 akreditasi B.

 

Ditambahkan Rektor, USU juga telah memiliki rumah sakit yang dibangun pada tahun 2013 dengan luas bangunan 52.000 m2 dan berkapasitas 500 tempat tidur yang berdiri megah di jalan Dr. Mansyur Medan. Rumah Sakit USU ini telah mulai dibuka dan dioperasionalkan pada tanggal 28 Maret 2016.

Wisuda 2017 2Pada Desember 2016, Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) telah menetapkan Rumah Sakit USU meraih Akreditasi Paripurna (Bintang Lima). Kehadiran Rumah Sakit USU ini selain memberikan kemudahan bagi masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan berkualitas juga berfungsi meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dan lulusan Program Studi pada Fakultas di bidang kesehatan, seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Keperawatan dan Fakultas Psikologi.

 

Rektor juga memberikan penghargaan kepada para wisudawan/i terbaik USU tahun 2017, yakni ; Lela Khaibirunna A dari Fakultas Kedokteran, Wita Rohana Pandiangan dari Fakultas Hukum, Nadhiratul Syaputri dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Zuhra Zulfa dari Fakultas Kedokteran Gigi, Hengki Wijaya dari Fakultas Ilkom-TI, Fenny Mariana Simbolon dari Fakultas Kehutanan dan Nurwany dari Fakultas Teknik.

 

Kegiatan wisuda dihadiri oleh Majelis Wali Amanat USU, Senat Akademik, Dewan Guru Besar , Pimpinan Perguruan Tinggi, Instansi Pemerintah dan Swasta, mitra kerjasama USU dan seluruh civitas akademika. (Humas)

Video