• Buku Panduan Rakernas
    Buku Panduan Rakernas
  • Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister dan Program Doktor
    Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister dan Program Doktor
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Seleksi Penerimaan PPDS
    Seleksi Penerimaan PPDS
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
  • Lalu Lintas Wisuda USU
    Lalu Lintas Wisuda USU

MEDAN – HUMAS USU : Wakil Kepala Pemerintahan Republik Indonesia (Wakepri) untuk Moskow Rusia, Lasro Simbolon beserta rombongan, melakukan kunjungan ramah-tamah dan silaturahmi ke Universitas Sumatera Utara (USU), yang langsung diterima oleh Rektor, Prof Dr Runtung Sitepu, SH, MHum, di Ruang Rapat Rektor, lantai III Biro Pusat Administrasi USU, Selasa (14/11).

Kunjungan Rusia 2

Dalam kesempatan tersebut Lasro Simbolon menyampaikan informasi seputar Rusia, karakter masyarakat serta kebudayaannya. Hal itu dipandang penting untuk menepis pandangan yang keliru dan bias seputar Rusia, yang seringkali didengungkan oleh Amerika Serikat dan sekutunya. Lasro menilai kondisi demikian diperkirakan karena ketidaksukaan negara adidaya itu kepada Rusia Baru yang lebih berkarakter dan tak lagi dikuasai oleh paham komunis.

 

Lasro dan rombongan juga ingin menjajaki kemungkinan peluang kerjasama, khususnya di bidang pendidikan, yang bisa diciptakan antara USU sebagai institusi pendidikan negeri dengan Pemerintah Rusia. Saat ini tercatat lebih kurang 400 orang mahasiswa Indonesia yang tengah belajar di Rusia. biaya kuliah di Rusia berkisar antara $ 3000 - $ 5000.

Kunjungan Rusia 1

Adapun jurusan yang paling populer dipilih oleh para mahasiswa yang belajar di negeri beruang merah tersebut antara lain, teknologi pertambangan, nuklir, perkapalan dan sastra. Perguruan tinggi negeri di Indonesia yang telah menjalin kerjasama dengan Rusia dalam bidang pendidikan sampai saat ini adalah UGM, Unpad, UI dan IPB. 

 

Lasro juga memaparkan kondisi Rusia terkini, karakter dan budaya masyarakat yang hidup di negeri itu. Dikatakannya, 70 persen penduduk Rusia berada di perkotaan.

 

Sementara Rektor USU, Prof Dr Runtung Sitepu, SH, MHum, menyambut baik kunjungan serta tujuan yang melatarbelakangi kehadiran Wakepri Moskow beserta rombongan ke universitas tertua di Sumatera itu. Menurutnya, penjajakan kerjasama ini merupakan sebuah peluang yang harus dimanfaatkan dengan baik. Ia juga menginformasikan bahwa di USU juga telah ada program studi Sastra Rusia yang memiliki cukup banyak peminat.

Kunjungan Rusia 3

Pertemuan yang dirangkaikan dengan acara santap siang bersama itu dihadiri pula oleh Wakil Rektor I, Prof Dr Ir Rosmayati, MS, Wakil Rektor II, Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, MKed(OG), Sp OG (K), Wakil Rektor III, Drs Mahyuddin K M Nasution, MIT, Ph D, Wakil Rektor IV, Prof Dr Ir Bustami Syam, MSME,   Wakil Rektor V, Ir Luhut Sihombing, MP, Sekretaris Universitas, Dr dr Farhat, Mked (ORL-HNS), Sp THT-KL (K), Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi, Elvi Sumanti, ST dan Kepala Kantor Urusan Internasional, DR Ester Nababan.(Humas)

Video