• Rakernas Live Stream
    Rakernas Live Stream
  • Buku Panduan Rakernas
    Buku Panduan Rakernas
  • Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister dan Program Doktor
    Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister dan Program Doktor
  • QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
    QS Rating USU Memperoleh Bintang 3
  • Seleksi Penerimaan PPDS
    Seleksi Penerimaan PPDS
  • Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara
    Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Universitas Sumatera Utara

Pijar/USER, Medan. Dalam rangka menguatkan Kelembagaan Inkubator Bisnis dan Teknologi, Pusat Inkubator dan Bisnis CIKAL USU menggelar Focus Group Discussion (FGD), Kamis (2/11) di Ruang Senat Akademik Biro Rektor USU. Tampak hadir dalam agenda ini Rektor USU, jajaran Wakil Rektor USU, Perwakilan RISTEKDIKTI, Ketua Pusat Inkubator dan Bisnis CIKAL USU, undangan dari kalangan akademisi dan birokrasi, serta stakeholder internal dan eksternal USU. 

Cikal 2

Dalam sambutannya, Rektor USU, Runtung Sitepu menyampaikan apresiasinya kepada CIKAL USU atas kerja keras dan kinerja yang luar biasa selama ini, sampai dengan mengadakan agenda FGD di hari ini. "Kami sangat mendorong segala kegiatan yang diadakan oleh CIKAL USU untuk menciptakan semangat kepada civitas akademika USU, dalam melahirkan kekayaan intelektual yang semakin meningkat," ujar Runtung Sitepu.

 

Mewakili RISTEKDIKTI, Totok Hari Wibowo mengungkapkan pelaksanaan agenda ini sangat penting, mengingat saat ini Pusat Inkubator telah menjadi alat yang mampu menjembatani dua komunitas yakni pengetahuan dan industri. "Untuk itu kesamaan pemahaman sangat diperlukan. Perlu ada polesan agar produk-produk inkubator yang dihasilkan bisa bersaing di pasar yang kian ketat," ucap Totok Hari Wibowo.

Cikal 1

Bertindak sebagai pemateri, Ketua Pusat Inkubator dan Bisnis CIKAL USU, Ritha F Dalimunthe memaparkan beberapa hal seperti penjelasan sekilas mengenai Pusat Inkubator dan Bisnis CIKAL USU, Standar Operasional Prosedur Kegiatan Inkubasi Terhadap Tenant Inkubator, serta permasalahan yang dihadapi dan usulan penyediaan fasilitas.

 

Ritha juga berharap, sebagai lembaga inkubasi bisnis yang dapat melahirkan Start Up dengan keunggulan dan inovasi, CIKAL USU mendapatkan dukungan pelaksanaan dari para Stakeholder, baik yang berasal dari Internal dan eksternal USU.

Cikal 3

Selanjutnya pihak USU, pihak CIKAL USU, seluruh peserta dan tamu undangan tampak antusias melakukan diskusi. Terlihat dari tanggapan, pernyataan dan pertanyaan yang dihujankan saat mendapat kesempatan oleh moderator, Roni Gunawan.

 

Untuk diketahui, tujuan FGD ini antara lain menjelaskan fungsi Pusat Inkubator Bisnis Teknologi CIKAL USU sebagai lembaha Inkubasi Bisnis Teknologi, memperkuat posisi CIKAL USU sebagai lembaga yang Inkubasi Bisnis Teknologi, memperoleh dukungn dari para Stakeholder terkait dengan pelaksanaan kegian inkubasi yang diberikan kepada Tenant yang terkait dengan bidang masing-masing, menghasilkan roadmap kerja sama bagi penguatan Inkubator. (PNH)

Video