• Selamat Tahun Baru Islam - 1 Muharram 1439 H
    Selamat Tahun Baru Islam - 1 Muharram 1439 H
  • Dies Natalis USU ke-65
    Dies Natalis USU ke-65
  • Lapangan Softball
    Lapangan Softball
  • Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana
  • Gelanggang Mahasiswa
    Gelanggang Mahasiswa
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
    Fakultas Kesehatan Masyarakat

Pijar/USER. Medan. Telah berlangsung (5/9) Musyawarah Perencanaan dan Pengembangan atau yang biasa disingkat dengan MUSRENBANG. Kegiatan tersebut merupakan salah satu cara untuk mewujudkan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi rencana kerja dan anggaran satuan kerja di lingkungan Universitas Sumatera Utara (USU). Kegiatan ini telah berlangsung selama dua hari, dimana pada hari pertama kegiatan ini diadakan di Gelanggang Mahasiswa USU. Sedangkan pada hari kedua diadakan di Gedung H. Anif yang berada disebelah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USU.

musrembang1


Adapun yang menjadi kegiatan di hari kedua pelaksanaan MUSRENBANG ini adalah pembahasan mengenai Perencanaan dan Pengembangan dari program Saintek/Eksak. Dimana kegiatan musyawarah ini dibagi menjadi tiga komisi antara lain, Komisi I membahas mengenai Akademik dan Kemahasiswaan, Komisi II membahas mengenai Keuangan, SDM dan Aset serta Komisi III membahas mengenai Penelitian dan Kerjasama.


“MUSRENBANG ini tujuannya sebagai penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) untuk tahun anggaran 2018. Dimana hasilnya nanti akan kita kirim ke Kemenristek Dikti. Selain itu juga tujuannya diadakan kegiatan ini sebagai pengantisipasian agar tidak adanya anggaran-anggaran aksidental seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujar Prof. Dr. Ir. Bustami Syam M.S.M.E., selaku Wakil Rektor IV USU.

musrembang2


Wakil Rektor IV USU juga mengatakan bahwa banyak sekali ide-ide baru yang diusungkan oleh setiap fakultas, namun setiap ide yang diajukan haruslah tetap dipertimbangkan dan ditelaah lebih lanjut. Setiap perwakilan fakultas juga harus bisa merasionalisasikan atas ide-ide yang diusungkan agar bisa diterima. Pada setiap komisi juga disediakan fasilitator dari pihak rektorat USU yang bertugas untuk mengevaluasi setiap rencana kerja dan anggaran dari setiap ide yang diajukan oleh masing-masing fakultas.


“Kegiatan MURENBANG ini baik sekali, karena musyawarah ini mewadahi semua usul dan melibatkan seluruh aspek disetiap fakultas. Mulai dari Wakil Dekan I dibidang Pendidikan, Wakil Dekan II dibidang Keuangan dan Wakil Dekan III Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama juga terlibat. Jadi dengan kita duduk bersama dengan memberikan masukan dalam program yang akan direncanakan itu akan lebih baik untuk pengembangan kedepannya,” ucap Dr. Trelia Boel, drg, M.Kes, Sp. RKG (K) selaku Dekan Fakultas Kedokteran Gigi USU.

musrembang4


“Kegiatan MUSRENBANG ini kan merupakan kegiatan yang pertama kali diadakan di USU. Sebelumnya kita tidak pernah mengadakan kegiatan seperti ini. Tambah lagi yang menjadi target dari MUSRENBANG ini adalah untuk mencapai serapan anggaran 2018 yang tinggi untuk bisa menyukseskan program-program kerja yang telah disepakati bersama. Harapannya sih semoga semua rencana kerja yang diusulkan bisa ‘Tuntas!’ dengan diadakannya kegiatan ini. Pokoknya harus Tuntas,” tambah Prof. Dr. Ir. Bustami Syam M.S.M.E saat ditanyai mengenai harapannya untuk kegiatan MUSRENBANG. (Lucky Andriansyah/Pijar/USER)