• Selamat Tahun Baru Islam - 1 Muharram 1439 H
    Selamat Tahun Baru Islam - 1 Muharram 1439 H
  • Dies Natalis USU ke-65
    Dies Natalis USU ke-65
  • Lapangan Softball
    Lapangan Softball
  • Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana
  • Gelanggang Mahasiswa
    Gelanggang Mahasiswa
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
    Fakultas Kesehatan Masyarakat

Pijar/USER, Medan. Dalam rangka mendukung Rencana Strategis (Renstra) Kemenristekdikti yang diturunkan ke Renstra Universitas Sumatera Utara (USU) dan Kontrak Kinerja Rektor, satuan kerja di lingkungan USU menyusun Rencana Kerja dan Anggaran sebagai rencana tahunan universitas. Musyawarah Perencanaan dan Pengembangan atau disingkat MUSRENBANG merupakan salah satu agenda besar tahunan yang dilaksanakan Universitas Sumatera Utara sebagai wadah sosialisasi, komunikasi dan konsultasi bagi satuan kerja yang ada di universitas guna melakukan perencanaan serta pengembangan program kerja di lingkungan USU.

 

musrembang1

Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 (empat) hari yang dijadwalkan pada 04-07 September 2017, bertempat di Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara. Memiliki tema “Perencanaan Kerja dan Anggaran yang Bersinergi Menuju Akreditasi Unggul”. MUSRENBANG pada tahun ini menjadi sarana penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) untuk tahun anggaran 2018. Dalam kegiatan ini USU turut mengundang Kepala Biro Perencanaan Kemenristekdikti Dr. Ir. Erry Ricardo Nurzal, MT, MPA, dan R. Tryogo Atmodipoero Direktur Perencanaan ITB sebagai narasumber dalam penyusunan RKAT USU.

 

Tujuan penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan dan Pengembangan tingkat Universitas adalah untuk mewujudkan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi rencana kerja. Selain itu yaitu untuk membentuk suatu anggaran satuan kerja di lingkungan USU dalam melaksanakan program yang bersifat prioritas untuk segera dilaksanakan serta mempunyai dampak nyata dan terukur yang bersinergi dengan program kerja Rektor dan Renstra Universitas.

 musrenbang 1

RKAT tersebut merupakan pedoman bagi penyusunan rencana kerja satuan kerja USU untuk tahun yang dituju dan memuat arah kebijakan pengembangan USU yang mencerminkan komitmen dari pimpinan Universitas dalam mendukung pelaksanaan kegiatan untuk mencapai akreditasi unggulan. Dalam laporannya pada pembukaan kegiatan ini, Rektor USU Prof. Dr. Runtung Sitepu, S.H., M.Hum menyampaikan “target dari MUSRENBANG ini adalah untuk mencapai serapan anggaran 2018 yang tinggi untuk bisa menyukseskan program-program kerja yang telah disepakati bersama,” ujarnya.

 

Aktivitas ini untuk mengevaluasi kembali prioritas program kerja dan kebijakan strategis Rektor USU serta semua satuan kerja yang ada di lingkungan USU untuk periode 2016-2021. Hal yang menjadi pembahasan utama dalam prioritas program kerja Rektor USU masa periode 2016-2021 diantaranya: (1) mencapai akreditasi unggul institusi dan 80% prodi terakreditasi A; (2) mencapai rasio ideal dosen dengan mahasiswa; (3) meningkatkan persentase dosen bergelar Doktor; (4) peningkatan jumlah penelitian dan pengabdian masyarakat; (5) peningkatan publikasi pada jurnal internasional terakreditasi dan kekayaan intelektual; (6) peningkatan jumlah mahasiswa yang berprestasi dalam kegiatan nasional dan internasional; (7) penataan kembali sistem pengelolaan keuangan dan penerimaan dana non PNBP; (8) pengadaan sarana dan prasarana untuk kegiatan pembelajaran dan akreditasi; (9) pengoptimalan fungsi pusat sistem informasi dan dokumentasi; (10) peningkatan jumlah dan nilai kerjasama.

 musrenbang

Rektor USU berharap kegiatan ini bisa menjadi momentum bagi Universitas Sumatera Utara untuk bisa menjadi perguruan tinggi unggulan diluar pulau Jawa dan meningkatkan posisi USU dalam peringkat perguruan tinggi terbaik di nasional maupun internasional. Harapan lainnya yaitu dengan meningkatkan sinergitas antara satuan kerja di lingkungan Universitas Sumatera Utara maka akan tercapai target yang telah disusun dan direncanakan pada periode ini. (Muhammad Kurniawan/Pijar/USER)