• Selamat Tahun Baru Islam - 1 Muharram 1439 H
    Selamat Tahun Baru Islam - 1 Muharram 1439 H
  • Dies Natalis USU ke-65
    Dies Natalis USU ke-65
  • Lapangan Softball
    Lapangan Softball
  • Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana
  • Gelanggang Mahasiswa
    Gelanggang Mahasiswa
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
    Fakultas Kesehatan Masyarakat

Medan–USU: Mahasiswa Universitas Sumatera Utara kembali menorehkan prestasi pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-30 yang berlangsung di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar pada 23 -26 Agustus 2017. Tim USU mendapat perolehan 1 Medali Perak dalam kategori Persentasi Karya Ilmiah PKM–KC (Program Kreatifitas Mahasiswa–Karsa Cipta). Selain Medali Perak, Tim USU juga mendapat juara Favorit pada kategori Poster, demikian disampaikan Wakil Rektor I Prof Dr Ir Rosmayati MS dalam acara Penyambutan Mahasiswa USU peserta PIMNAS Makassar yang berlangsung di gedung Video Confrence gedung BPA USU pada 29/8/2017.


WR I menyambut baik prestasi yang telah dicapai oleh Tim USU ini, “Tentunya saya ucapakan selamat atas presatasi yang diperoleh oleh Tim USU atas capaiannya dalam mendapatkan Medali Perak dan juga terpilih sebagai juara favorit dalam ajang PIMNAS ke 30 di Makassar”, ungkap Prof Rosmayati.

Pimnas b

Menyahuti prestasi ini beliau mengingatkan tentang pentingnya meningkatkan dan membina kualitas para mahasiswa dan institusi, “jadi tidak cukup hanya sampai pada Tri Dharma perguruan Tinggi saja, kedepannya mari sama-sama kita kita tingkatkan kualitas mahasiswa dan universitas kita”, ungkap Prof Rosmayati.


Masih dalam acara yang sama Dr Tulus Ikhsan Nasution SSi MSc sebagai salah satu Dosen Pembimbing Tim peserta USU mengatakan, Kemenangan ini merupakan hasil dari proses panjang yang dilalui oleh para peserta USU dengan para dosen pembimbing dalam mempersiapkan bahan persentasi yang akan di uji dihadapan para juri PIMNAS Kemenristekdikti tahun 2017.


“Tim USU bisa outstanding seperti ini bukan diperoleh dari waktu yang sebentar, mereka ini saya rekrut (seleksi/red) sejak dari semester III dan mereka saat ini telah berada di semester VI. Artinya mereka sudah satu setengah tahun lamanya melakukan penelitian bersama saya. Jadi penelitian ini tidak bisa dilakukan secara instant, semuanya harus dibekali dengan persiapan yang matang, terlebih ketika menghadapi pertanyaan para juri”, ujar Dr Tulus ketika menyampaikan pesan dan kesannya saat mendampingi Tim USU.

Pimnas a

Untuk ajang PIMNAS ke-30 di Makassar ini, USU telah mengirimkan 4 Tim yang didanai oleh Kemristekdikti. Dari ke 4 Tim yang ikut dalam PIMNAS ke-30 tersebut, salah satu Tim USU berhasil membuktikan kemampuannya dalam memaparkan penelitiannya dihadapan dewan juri dengan judul penelitian Alat Pendeteksi Kelembapan Tanah Metode SIPINTER NON-TAK Pada Budidaya Tanaman Jambu Dalam Pot.


Tim tersebut akhirnya berhasil memenangkan Medali Perak tersebut terdiri dari Darmansyah Dalimunthe sebagai ketua dan beberapa anggota yaitu, Kahirul Ilham, Ilham Sutra Pradana dan Armansyah Putra.


Sementara itu ketika penyampaian pesan dan kesan, Darmansyah menuturkan bahwa penilaian PIMNAS tersebut sebenarnya terletak pada Kebaruan Produk dan Manfaat Produk yang diciptakan. “Jadi yang saya perhatikan, bahwa juri dalam menilai produk yang dibuat beradasarkan pada kebaruan produk dan manfaat produk yang dibuat. Tidak perlu terlalu canggih, namun yang penting adalah apa manfaatnya bagi masyarakat luas atau apa manafaatnya bagi bangsa Indonesia”, ujar Darmansyah.


Tutruty hadir pada acara tersebut, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian (BKK) USU Hotma Karo karo SE dan Ketua UP2KM USU Prof Dr Dwi Suryanto MSc Wakil Rektor I USU dalam hal ini
(Andi/BKK).