• Selamat Tahun Baru Islam - 1 Muharram 1439 H
    Selamat Tahun Baru Islam - 1 Muharram 1439 H
  • Dies Natalis USU ke-65
    Dies Natalis USU ke-65
  • Lapangan Softball
    Lapangan Softball
  • Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana
  • Gelanggang Mahasiswa
    Gelanggang Mahasiswa
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
    Fakultas Kesehatan Masyarakat

Pijar/USER, Medan. Rabu (23/8) telah berlangsung kegiatan Simulasi Visitasi Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) di Universitas Sumatera Utara (USU). Acara yang diadakan oleh USU ini dihadiri oleh Dr. Totok Prasetyo, B.Eng, MT, selaku Direktur Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi, Prof. Mulyadi Bur, Prof. Marwan dan Prof. Triyogi Yuwono selaku Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) serta Syam Yuan Permadi sebagai perwakilan staff lembaga Kemeristek DIKTI.

 

siap1


“Diadakannya simulasi ini bertujuan untuk mempersiapkan USU yang nantinya akan menjalani proses re-akreditasi,” ujar Runtung Sitepu selaku Rektor USU. Ibarat kata sedia payung sebelum hujan, kegiatan yang dilaksanakan sebagai pelatihan dan persiapan ini, dihadiri juga oleh para civitas akademika dan tim borang akreditasi USU, yang diharapkan nantinya akan menjadi evaluasi dan menumbuhkan kesiapan bagi USU dan tim akreditasi di masa re-akreditasi sesungguhnya berlangsung.


Adapun yang menjadi rangkaian kegiatan dari Simulasi Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) ini, diawali dengan kunjungan ke beberapa fakultas di Universitas Sumatera Utara, kunjungan ke fasilitas-fasilitas USU dan beberapa lokasi yang dinilai memiliki nilai dalam menunjang kenaikan akreditasi. Setelah itu dilanjutkan dengan acara seremonial di ruang IMT GT Kantor Biro Rektor USU. Diawali dengan pembacaan do’a dan sambutan oleh Rektor USU Prof. DR. Runtung Sitepu, SH, M.Hum,. serta pembukaan secara resmi oleh Direktur Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi, Dr. Totok Prasetyo, B.Eng, MT.

 

siap3


“Melihat secara keseluruhan, baik dari sisi fasilitas maupun yang lainnya, sebenarnya USU punya potensi. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu dibenahi, seperti hal-hal kecil yang mungkin berdampak besar. Tambah lagi perlu diadakannya cek dan ricek kembali terkait data-data yang mungkin belum sempat terekspos karena masih tertinggal di jurusan maupun fakultas yang sebenarnya berpotensi untuk membantu USU dalam masa re-akreditasi ini,” ujar Dr. Totok dalam pembukaannya.


Setelah dibuka secara seremonial acara ini pun dilanjutkan dengan presentasi USU oleh Rektor, Prof. DR. Runtung Sitepu SH, M.Hum, pun tetap memberikan semangat kepada tim akreditasi “Inilah sebenarnya tujuan saya, melihat kekurangan kita. Tujuan diadakannya kegiatan ini, agar kita bisa melihat dan mengevaluasi apa yang sebenarnya menjadi kekurangan kita agar kita lebih siap,” ungkap Rektor USU.


“Semoga nantinya setelah kegiatan ini apa yang menjadi kekurangan, dapat kita benahi bersama dan nantinya juga kita bisa lebih siap mengahadapi para Asesor dari BAN PT. Besar harapan kita semua agar USU bisa mendapat akreditasi A pastinya,” tambah Rektor USU saat berbicara mengenai harapan. (Lucky Andriansyah/Pijar)