• Selamat Tahun Baru Islam - 1 Muharram 1439 H
    Selamat Tahun Baru Islam - 1 Muharram 1439 H
  • Dies Natalis USU ke-65
    Dies Natalis USU ke-65
  • Lapangan Softball
    Lapangan Softball
  • Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana
  • Gelanggang Mahasiswa
    Gelanggang Mahasiswa
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
    Fakultas Kesehatan Masyarakat

PERS RELEASE

Medan–USU: Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan pada suatu lembaga pendidikan adalah dengan meningkatkan Akreditasi Institusi. Hal tersebut sejalan dengan upaya yang dilakukan Universitas Sumatera Utara dalam mendorong setiap Program Studi yang ada di USU untuk membenahi dan meningkatkan Akreditasi Program Studi. Maka untuk mendukung rencana peningkatan Akreditasi tersebut, Program Studi (Prodi) Magister Ilmu Biomedik yang merupakan salah satu Prodi yang ada di USU turut serta berperan aktif dalam upaya pembenahan dan peningkatan Akreditasinya. Demikian seperti yang disampaikan oleh Ketua Prodi Magister Ilmu Biomedik Dr.med.dr. Yahwardiah Siregar dalam keterangannya kepada awak media usu.ac.id pada Senin (29/05/2017) di ruang Kaprodi Biomedik USU.

 Akreditasi Biomedik 1

“Program Studi magister Ilmu Biomedik beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada bulan Februari hingga Maret 2017 yang lalu memang sedang sangat berkonsentrasi dan fokus terhadap upaya persiapan kunjungan Tim Asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) yang akan berkunjung ke Prodi Biomedik USU. Kunjungan Tim LAM-PTKes tersebut adalah bertujuan untuk melihat dan menilai beberapa aspek yang ada pada Prodi Biomedik FK USU yang nantinya akan menjadi faktor penilaian Akreditasi Prodi Biomedik” Ungkap dr. Yahwardiah.

 

Lebih lanjut dr. Yahwardiah juga mengatakan bahwa pada saat itu semua elemen yang ada di Prodi Biomedik telah berkerja keras dalam mempersiapkan Borang Akreditasi Prodi Biomedik. “Pada beberapa bulan sebelum kunjungan Tim Asesor, Kami semua bekerja sekuat tenaga, mulai dari Kaprodi, Sekprodi, Administrator, hingga para Dosen Biomedik juga ikut serta dalam mempersiapkan segala bukti dokumentasi, berkas – berkas yang kira - kira diperlukan oleh Tim Asesor nantinya” Imbuh dr. Yahwardiah.

 Akreditasi Biomedik 2

“Secara teknis berkas – berkas tersebut dikirim ke LAM-PTKes melalui sistem Online dalam bentuk file PDF, namun untuk memudahkan Tim Asesor dalam melihat berkas secara cepat tanpa kendala jaringan, kami juga mempersiapkan Print Out berkas kepada Asesor, sehinga hal ini dapat memudahkan pekerjaan Tim asesor dan Tim dari Biomedik” Ujar dr. Yahwardiah menambahkan.

 

Visitasi Akreditasi Prodi Ilmu Biomedik USU dilaksanakan pada (2-4/3/2017) di Fakultas Kedokteran USU. Hadir dalam Pembukaan acara Visitasi Akreditasi tersebut, Dekan Fakultas Kedokteran USU Dr. dr. Aldy Safruddin Rambe, Sp.S(K), Wakil Dekan I FK USU Dr.dr. Imam Budi Putra, MHA, Sp.KK, Wakil Dekan II FK USU dr. Zaimah Z. Tala, MS, Sp.GK dan Wakil Dekan III FK USU Dr. dr. Dina Keumala Sari, MS, Sp.GK

 Akreditasi Biomedik 3

Setelah melalui beberapa proses yang panjang mulai dari persiapan hingga penilaian, akhirnya Prodi Biomedi FK USU mendapat Peringkat Akreditasi A yang tercantum dalamSurat Keputusan LAM-PTKes No. 0140/LAM-PTKes/Akr/Mag/IV/2017 tertanggal 1 April 2017.”Alhamdulillah kami mendapat Akreditasi A dari LAM-PTKes” ungkap dr. Yahwardiah.

 Akreditasi Biomedik 4

Berdasarkan Informasi yang diperoleh melalui laman http://biomedik.usu.ac.id bahwa Prodi Biomedik USU yang berdiri sejak 12 November 1996 saat ini telah memiliki 4 bidang kekhususan, yaitu ; 1. Biokimia, 2. Fisiologi, 3. Farmakologi dan 4. Anatomi. Prodi Ilmu Biomedik USU juga memiliki beberapa sarana penunjang pendidikan seperti ; Perpustakaan Pusat USU, Laboratorium terpadu FK USU, Laboratorium Biokimia FK USU, Laboratorium Farmakologi FK USU, Laboratorium Fisiologi FK USU Laboratorium Anatomi dan Patologi Anatomi FK USU dan Pusat Komputer USU. (Andi)