• Selamat Tahun Baru Islam - 1 Muharram 1439 H
    Selamat Tahun Baru Islam - 1 Muharram 1439 H
  • Dies Natalis USU ke-65
    Dies Natalis USU ke-65
  • Lapangan Softball
    Lapangan Softball
  • Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana
  • Gelanggang Mahasiswa
    Gelanggang Mahasiswa
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
    Fakultas Kesehatan Masyarakat

Medan-USU: 100 orang mahasiswa Universitas Sumatera Utara yang berasal dari berbagai fakultas mengikuti Sosialisasi Ekspedisi NKRI Tahun 2017. Sosialisasi yang dilakukan oleh Komando Pasukan Kusus (Kopassus) TNI-AD ini dilaksanakan di ruang Senat Akademik Gedung Biro Rektor USU, Rabu (24/5). Kegiatan yang bertemakan Sosialisasi dan Rekruitmen Personel Mahasiswa/i yang akan Mengikuti Kegiatan Ekspedisi NKRI Koridor Pappua Bagian selatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor III USU Drs. Mahyuddin K.M. Nasution, MT., Ph.D, Asisten Intelejen Kopassus Letkol Inf. Safta Feryansyah, Kasiter Grup 3 Koppasus yang juga Pelaksana NKRI Koridor Papua Bagian Selatan Mayor Inf. Indra Mardianto sekaligus pemateri pada kegiatan tersebut, Pasiter Kodim 0201/BS Mayor Inf. Budi Oktavian Harmaji, dosen dan mahasiswa USU serta mahasiswa tamu dari perwakilan Universitas Pancabudi dan Politeknik Negeri Medan.

NKRI 2

Mayor Inf Indra Mardianto S dalam paparannya menyampaikan, misi ekspedisi yaitu untuk meningkatkan pertahanan dan keamanan nasional dengan meningkatkan wawasan kebangsaan dan bela negara. Membangkitkan, memperkokoh kesatuan nasional. “Dalam ekspedisi ini, misi kita juga untuk mendata dan meneliti segala potensi SDA, memberikan tauladan yang baik bagi masyarakat melalui program green, clean dan healty. Selain itu, kita berupaya untuk meningkatkan pelayanan masyarakat, akses perhubungan dan komunikasi,” jelasnya saat memberikan materi sosialisasi. “Membangun infrastruktur di daerah pedalaman, terpencildan terisolir. Melaksanakan program revolusi mental melalui kegiatan nyata dan juga membantu menyukseskan program pemerintah,” lanjutnya.

 

Lebih dari 1.000 orang dari berbagai elemen baik TNI, Polri, pemerintah, akademisi dan lainnya terlibat dalam agenda ini. Setelah mengikuti berbagai tahapan. Meliputi pendaftaran, tahapan awal, teori dan praktik dengan kompetensi analisa daerah, etika mounteneering ilmu medan survival dan sebagainya. Kemudian tahapan simulasi dan aplikasi dan tahap akhir yaitu keberangkatan dan pemulaian ekspedisi. Secara umum, materi kegiatan yaitu penjelajahan dibawakan TNI, penelitian yang melibatkan mahasiswa, TNI, tenaga ahli dan Polri. Melakukan pendataan dan pemetaan bidang kehutanan, geologi, flora dan fauna, sosial budaya hingga potensi budaya. Lalu agenda utama lainnya adalah pengabdian masyarakat. Kegiatan ini dinilai tepat bagi mahasiswa karena sudah meliputi tri darma perguruan tinggi.

NKRI 3

“Merasa tertarik, segera siapkan diri dari sekarang. Atur dan sesuaikan waktu untuk mengikuti ekspedisi selama lima bulan, latihan fisik dan mental, tentukan minat dan bakat, buat tujuan dan sasaran. Tahapan persiapan mulai dari pemeriksaan kesehatan, kemampuan renang, wawasan dan tes psikologi. Info lebih jelas dapat dilihat di laman www.ekspedisinkri.com,” jelasnya.

 

Ketua tim sosialisasi, Letkol Inf. Safta Feryansyah menyampaikan, tujuan Ekspedisi NKRI adalah untuk membangkitkan semangat para generasi muda dalam hal melakukan ekspedisi atau penjelajahan dengan muatan petualangan menemukan sumber daya. Menemukan potensi alam di Indonesia bagian timur dan pengabdian masyarakat. Menumbuhkan cinta Tanah Air dengan wawasan kebangsaan. “Kegiatan ini juga merupakan bekal dan ilmu tambahan untuk menghadapi perkembangan zaman,” tukasnya.

NKRI 4

Rekam jejak program ini dinilai cukup baik dan perlu diteruskan secara berkesinambungan. Melihat potensi dan manfaat yang dihasilkan dan merupakan kebutuhan banyak pihak. Eskpedisi serupa yang pernah dilakukan adalah Ekspedisi Bukti Barisan 2011 di Sumatera, Ekspedisi Khatulistiwa 2012 di Kalimantan, Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi 2013, Ekspedisi NKRI Koridor Maluku dan Maluku Utara 2014, Ekspedisi NKRI Koridor Kepulauan Nusa Tenggara 2015, dan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016.

 

Bagi mahasiswa USU diberitahukan bahwa, syarat peserta adalah mahasiswa/i S1 minimal telah duduk di semester 5 dan mahasiswa D3 yang telah duduk di semester 4. Ajang ini juga dapat dijadikan tempat penelitian skripsi serta dapat dimanfaatkan sebagai Surat Keterangan KKN. Mahasiswa aktif juga harus cuti kuliah jika telah lulus seleksi untuk mengikuti kegiatan ini. (vie/bbs)