• Selamat Tahun Baru Islam - 1 Muharram 1439 H
    Selamat Tahun Baru Islam - 1 Muharram 1439 H
  • Dies Natalis USU ke-65
    Dies Natalis USU ke-65
  • Lapangan Softball
    Lapangan Softball
  • Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana
  • Gelanggang Mahasiswa
    Gelanggang Mahasiswa
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
    Fakultas Kesehatan Masyarakat

Trend perkembangan prestasi mahasiswa USU ditahun 2016 ini menunjukkan kenaikan dibanding tahun sebelumnya. Beberapa prestasi yang diraih mulai dari lomba karya tulis ilmiah, kompetisi debat pada beberapa bidang keilmuan, hingga pada perlombaan seni budaya dan olahraga baik tingkat nasional dan internasional.

Wisuda November 2016 1Hal itu dikatakan Rektor Universitas Sumatera Utara Prof. Runtung, SH, MHum, pada saat mewisuda 3.352 orang lulusan USU pada hari kedua Wisuda periode I 2016-2017 yang berlangsung dari 28 s/d 30 Nopember 2016 di gedung Auditorium USU, Selasa (29/11/16).

 

Dikatakannya, lulusan pada periode I 2016-2017 ini terdiri dari 581 orang Program Pascasarjana, 17 orang Program Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis, 34 orang Program Pendidikan Spesialis, 20 orang Dokter Jenjang Magister, 255 orang Pendidikan Profesi, 2.038 orang Sarjana dan 407 orang Diploma. Dengan demikian jumlah lulusan USU sampai sekarang 177.441 orang.

Wisuda November 2016 2Dijelaskannya, beberapa prestasi yang diraih para mahasiswa tersebut, telah berhasil mencapai posisi terbaik. Sehingga tidak hanya mengharumkan nama USU tapi turut memberikan keuntungan bagi para mahasiswa, karena diantaranya ada yang mendapatkan hadiah relatif besar hingga mendapatkan pendanaan penelitian skripsi.

 

Seperti di tingkat nasional juara I Karya Tulis Ilmiah Islamic Law Fair 2016 di Universitas Dipenogoro Semarang. Juara I pada “Sumatera Overland Varsity English Debate” di Universitas Bengkulu. Juara I Lomba Video dalam Temu Ilmiah Nasional (TEMILNAS) 2016 di Universitas Tanjung Pura Pontianak, dan Juara I Essay Budaya Nasional Terbaik pada ICN Conference 2016 di Jakarta. Disamping itu para mahasiswa USU juga telah meraih juara I dalam beberapa cabang olahraga di tingkat nasional dan internasional.

Wisuda November 2016 4Sedangkan untuk tingkat internasional mahasiswa USU juga mampu menunjukkan prestasi terbaiknya, seperti Kompetisi Mobil Hemat Energi Asia 2016 di Manila, Filipina. Kemudian meraih peringkat Best Participant pada Youtex 2016 di Malaysia dan Singapura, serta keterlibatan mereka pada beberapa even kemahasiswaan di lingkup ASEAN dan PBB yang kesemuanya mendapatkan dukungan dari universitas.

Wisuda November 2016 3Dukungan universitas juga ditujukan pada bidang inovasi yang dihasilkan para staf pengajar, seperti Peningkatan Kekuatan Benang Sutra, papan board dan dashboard mobil, pakan sapi berbasis limbah, obat herbal malaria (serum anti malaria), rancang bangun kotak pendingin sumber energi matahari, bata beton bersumber dari abu vulkanis, teknologi biogas dari limbah cair untuk bahan bakar dan beberapa inovasi lainnya.

Wisuda November 2016 5

“Universitas sangat memberikan apresiasi pada hal ini dan sekaligus siap untuk menjembatani antara hasil inovasi tersebut dengan dunia industri sehingga diproduksi secara massal untuk kepentingan dan kebutuhan masyarakat,” ujar Rektor.