• Lapangan Softball
    Lapangan Softball
  • Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana
  • Gelanggang Mahasiswa
    Gelanggang Mahasiswa
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
    Fakultas Kesehatan Masyarakat

Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sumatera Utara (LPPM USU) dibentuk supaya pelaksanaan Tri Dharma  Perguruan Tinggi khususnya pengabdian kepada masyarakat oleh dosen – dosen di lingkungan USU dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Pengabdian kepada masyarakat oleh perguruan tinggi pada hakikatnya adalah pengamalan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS) yang dilakukan oleh perguruan tinggi secara melembaga melalui metode ilmiah langsung kepada masyarakat yang membutuhkannya. Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat sebagai unsur pelaksana akademik, dengan tugas pokok dan fungsi yaitu menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dan ikut mengusahakan sumber daya yang diperlukan.
   
Dalam hal ini, Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat yang disingkat dengan LPPM merupakan lembaga yang mengupayakan suatu kegiatan pengabdian yang sesuai dengan visi dan misi LPPM itu sendiri.

LPPM USU mulai berfungsi sejak tanggal 16 Desember 1980 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 1418/PT05/SK/C.1980. LPPM USU menempati gedung yang beralamat di Jl. Universitas No. 46 Kampus USU Medan. LPPM aktif melakukan kegiatan setiap tahunnya berupa pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan yang didanai oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh LPPM atas kerjasama dengan para staf pengajar (dosen) di lingkungan USU yang sesuai dengan bidang pendidikan para staf pengajar tersebut. LPPM USU adalah sebagai unsur pelaksana akademik yang melaksanakan sebagian tugas pokok dan fungsi USU dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.

    Pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat terutama masyarakat perdesaan, masyarakat miskin dan tertinggal melalui program pembinaan. Untuk meningkatkan hal tersebut, LPPM dalam membuat penelitian pengabdian juga melibatkan mahasiswa secara aktif dalam kegiatan pada masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata, inovatif yang merupakan salah satu persyaratan akademik, karena pada dasarnya LPPM juga berfungsi sebagai wahana untuk menumbuhkembangkan jiwa-jiwa kewirausahaan bagi sivitas akademika serta menjembataninya ke dunia usaha.

LPPM USU pada tanggal 24  Mei 1982  menjadi 2 (dua) lembaga yaitu :

1. Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM USU)
Ketuanya : Prof.Drs. T.M.H.L Tobing
   
2. Lembaga Penelitian (LP USU)
Ketuanya : Prof. Mahadi, S.H.

Pada tahun 2003 Universitas Sumatera Utara menjadi PT. BHMN. Semenjak Universitas Sumatera Utara menjadi PT BHMN Lembaga Pengabdian pada Masyarakat disatukan dengan Lembaga Penelitian. Masing-masing lembaga tersebut dipimpin oleh seorang Ketua dan Sekretaris. Penggabungan kedua lembaga tersebut menjadi LP3M  Universitas Sumatera Utara.  LP3M  secara organisasi  dipimpin oleh seorang direktur.

Direktur LP3M Universitas Sumatera Utara  (periode 2010 – 2015) :

1. Prof. Dr. Urip Harahap, Apt          (periode 2010 – 2015)

Terhitung tanggal 01 Januari 2011 sesuai dengan Keputusan Rektor  Universitas Sumatera Utara No.205/H5.1.R/SK/SDM/2011 tentang Pengangkatan pengelola Manajemen Perguruan Tinggi Pada Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Sumatera Utara yaitu:  Prof.Dr.Ir. Edison Purba diangkat sebagai Ketua dan Ir.Alfian Hamsi, M.Sc sebagai Sekretaris dan Kasubbag. Data dan Informasi Nursiah Siahaan, SH. LPPM membawahi 3 (tiga) unit yang ikut mengurus kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu :


1. Unit Pusat Inkubator Bisnis diketuai oleh Prof.Dr.Ritha F.Dalimunthe, MS
2. Unit Pusat Jasa Ketenagakerjaan diketuai oleh Ir. Iskandarrini, MM
3. Unit Sahiva diketuai oleh dr. Linda T.Maas, MPH


Laman: http://lppm.usu.ac.id

Back to top