Fakultas Kehutanan Universitas Kehutanan Universitas Sumatera Utara (Fahutan USU) dan ESRI Indonesia melakukan Penandatangananan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Hibah Perangkat Lunak ArcGIS Platform ESRI untuk Fakultas Kehutanan USU pada hari Selasa, 21 Februari 2017. Kerjasama ini bertujuan untuk menciptakan sinergi yang harmonis antara pihak Swasta/Industri dan Perguruan Tinggi dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, melalui pemanfaatan segenap sumberdaya di bidang Teknologi Geospasial yang dimiliki oleh kedua belah pihak. Kerjasama ini ditekankan pada aspek pengembangan sumberdaya manusia dan pengabdian kepada masyarakat serta melakukan penelitian ilmiah untuk memberikan solusi bagi permasalahan yang ada di masyarakat dalam rangka mendukung pembangunan nasional. Dengan adanya Penandatanganan MoU ini, Fakultas Kehutanan USU menjadi pintu masuk bagi civitas memerlukan bantuan perangkat lunak ArcGIS terkait kegiatan yang berkaitan dengan akademia USU yang pendidikan dan riset yang tidak bersifat komersial.

 ESRI 2

Penandatanganan MoU kedua belah pihak ini dilakukan di Aula Suratman Fakultas Pertanian USU Medan yang dirangkai dengan Kuliah Umum bertema “Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis untuk Pengelolaan Sumberdaya Alam”. Hadir dalam MoU dan Kuliah Umum adalah Regina Maria Hitoyo, Manager of Educational Services yang mewakili ESRI Indonesia dan Wakil Dekan III Fahutan USU Bapak Dr. Apri Heri Iswanto, S.Hut, M.Si. Selain itu beberapa perwakilan lembaga pemerintah dan non pemerintah juga hadir mengikuti acara Penandatanganan MoU dan Kuliah Umum ini, diantaranya dari Balai Pemantapan Kawasan Hutan Sumatera Utara, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser, Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Utara serta perwakilan dari program studi di lingkungan USU yang terkait dengan ilmu pengembangan wilayah dan pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan di USU.

 

Dalam Kuliah Umum yang diikuti oleh 150 peserta yang memadati Aula Suratman FP USU yang berlangsung pada pukul 10.00 – 12.00 dipaparkan tentang peluang dan potensi pengembangan Sistem Informasi Geografis dari berbagai bidang khususnya bidang pendidikan. Ibu Regina Maria Hitoyo dari ESRI memaparkan dengan sangat menarik potensi, keunggulan dan perkembangan bidang SIG yang sangat membantu dalam pengembangan ilmu pengetahuan, tekonologi dan pembangunan. Kuliah Umum yang dipandu oleh Dr, Anita Zaitunah, S.Hut, M.Sc dan Dr. Bejo Slamet, S.Hut, M.Si berlangsung hangat. Peserta Kuliah Umum sangat antusias bertanya pada sesi diskusi dan berharap ada tindak lanjut yang lebih operasional yang bisa membantu berbagai permasalahan di lembaga dan masyarakat di Sumatera Utara.

 ESRI 1

Lebih lanjut, Fahutan USU dan ESRI Indonesia berkomitmen secara bersama-sama akan mewujudkan pada beberapa program yaitu i) sosilasasi teknologi geospasial kepada civitas akademika USU, ii) dukungan pengembangan pendidikan, penelitian dan pengembangan masyarakat berbasis geospasial di USU, iii) fasilitasi publikasi hasil riset berbasisi geospasial, iv) dukungan penyebaran dan transfer keterampilan GIS praktis ke pemerintah daerah, masyarakat umum, dan pihak swasta, v) kerjasama pelaksanaan pelatihan dan sosialisasi bagi pemerintah daerah, masyarakat, dan sektor swasta pada penyelenggaraan dan pemanfaatan informasi geospasial dan vi) monitoring dan evaluasi penggunaan perangkat lunak sesuai dengan tujuan dan peruntukannya.

(Ditulis oleh Achmad Siddik Thoha)

Back to top