Medan-USU: Target Renstra USU dalam hal pengiriman peserta pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXIX, di Institut Pertanian pada 8-11 Agustus kemarin adalah sebanyak 9 Tim. Sementara pada saat itu USU hanya dapat mengirimkan 3 Tim dari 29 proposal Tim yang terseleksi. Hal tersebut sesuai dengan sambutan yang diberikan Prof. Dr Dwi Suryanto, M. Sc dalam acara pelatihan penulisan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) per Fakultas di Universitas Sumatera Utara pada Jum’at (16/9/2016) yang bertampat digedung LPPM USU.

PKM 1“Dari total sebanyak 570 proposal yang masuk, kemudian hanya 3 Tim dari 29 Proposal yang terseleksi yang dapat mengikuti PIMNAS di IPB kemarin. Sementara Target Rencana Strategi USU adalah 9 Tim untuk mengkuti PIMNAS IPB itu, artinya kita masih punya utang 67% dari target Rentra USU” Ungkap Prof Dwi yang sekaligus menjadi pembicara dalam acara pelatihan penulisan PKM itu.

PKM 2Lebih lanjut Prof Dwi juga mengungkapkan tentang penyebab ditolaknya sebuah proposal. “Beberapa hal yang menjadi penyebabnya seperti; Proposal yang kurang berkualitas yang mungkin disebabkan oleh penulisan yang tergesa - gesa dan tidak dibaca oleh pembimbing yang menandatangani. Khusus untuk penelitian, CSR Tanoto Foundation juga sering mengadakan kegiatan lomba penelitian di USU, yang disebut dengan Tanoto Foundation Student Research Award. Maka bagi mahasiswa yang telah membuat PKM penelitian dan kemudian ditolak, jangan berkecil hati, coba perbaiki kekurangnnya dan coba ikutkan kembali dalam Tanoto Foundation Student Research Award jika ada ditahun depan. Penelitian – penelitian ini akan dilombakan ditingkat USU. Pemenangnya nanti akan menjadi perwakilan USU dalam pertandingan penelitian ditingkat Nasional pada 7 Universitas yang tergabung dalam CSR Tanoto Foundation tersebut” Demikian ungkap Prof. Dwi.

PKM 3

Acara pelatihan penulisan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) per Fakultas yang dilaksanakan pada Jum’at (16/9/2016) bagi mahasiswa Fakultas Kehutanan USU kemarin, merupakan rangkaian akhir dari beberapa rangkaian acara yang telah terlaksana sejak pertama kali pada tanggal 30/8/2016. Adapun pembicara lainnya selain dari Prof. Dr Dwi Suryanto, M. Sc dalam pelatihan penulisan PKM ini adalah; dr. Dina Keumala Sari, M. Gizi, Sp.GK., Erna Herlinda, SH, M.Hum., Syska Yana, ST, MT., Prof. Dr. Prihatin Lumbanraja, M.Si., Dr. Nini Rahmawati, SP, M.Si. dan Dr. Nursahara Pasaribu, M.Sc.

 

Pada beberapa rangkaian acara selang hari sebelumnya, tampak hadir Wakil Rektor I USU Prof. Dr. Ir. Rosmayati, MS yang memberikan kata sambutan sekaligus membuka rangkaian acara pelatihan penulisan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) per Fakultas tersebut. Turut hadir juga Kepala Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian (BKK) USU Dra. Hindun Pasaribu. 

PKM 4Selain memberikan materi seputar tatacara penulisan PKM yang baik, pelatihan penulisan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) per Fakultas ini juga mendorong semangat mahasiswa USU dan Dosen Pembimbing untuk lebih giat dalam melakukan penelitian, inovasi dan kreatifitas. “Pada saat ini, USU juga memberikan perhatian kepada civitas akademika USU yang berprestasi. Hal ini telah terbukti dengan dilaksanakannya acara pemberian penghargaan kepada Mahasiswa USU yang berprestasi baik ditingkat Nasional maupun Internasional dan juga Best Advisor dalam rangkaian Upacara HUT Proklamsi RI ke 71 di Linkungan Universitas Sumatera Utara pada 17 Agustus 2016 yang lalu” ungkap Prof. Rosmayati.

 

“Acara pelatihan penulisan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) per Fakultas ini merupakan acara yang diselenggarakan atas hasil kerjasama antara Biro Kemahsiswaan dan Kealumnian (BKK) dan Unit Pembinaan Dan Pengembangan Kegiatan Mahasiswa (UP2KM) USU” demikian ungkap Dra. Hindun Pasaribu. (Humas/andi).

Back to top